Eritromisin Stearat 500 Tablet

Yup... 1 baris itulah soal yang gua dapet pas ujian pustaka kemaren.
Ini ujian paling hebat yang gua tau.. soalnya cuma 1 baris, 4 kata doang, jawabannya berpuluh-puluh halaman..(untuk kasus gua 49 halaman).

Pas buka kertas undian, baca "TABLET"...baguslah bukan steril, trus "eritromisin stearat" kayanya bukan zat aneh.. buka FI IV, ada monografi z.a dan tabletnya...bagus-bagus...keknya bisa deh lancar nih ujian...saking tenangnya, ampe2 nulisnya lambat banget... sesi 1 cuma ampe 2.4. ADME. Sesi 2 berakhir sampe 2.12 Perhatian.

Masalah-masalahnya apa aja coba?
  1. Ga nemu struktur molekulnya....gigitjari. Isi dari sifat fisik kimia cuma dapet pemerian, kelarutan, ama pH (pH suspensi pula).
  2. Di tabel UU, ada dua eritromisin. Masuk DOWA dan OK. Setelah liat yang DOWA ternyata untuk topikal, yo wis...OK saja toh.
  3. Akhirnya sampai di penghujung Bab I, No. Reg....Setelah baca-baca beberapa fotokopian yang udah dateng...ternyata si tablet ini harus disalut..... deng.... bingung deh gua kasih nomer berapa.. 10 atau 17 atau 15 ??????? garupale, sementara 10 aja dulu deh...alesannya...liat nanti (pikir gua waktu itu).
  4. Eh, ini antibiotik ya....tidak....harus ada penetapan potensi antibiotik nangihnangihnangihnangih
  5. Formula oh formula, jadi disalut ga nih??? tanya sana-sini, harus disalut...tapi apa formulanya??? ya udah lah, bikin formula tabet intinya weh, trus ntar ditulis...disalut dengan....(kalau iya jadi disalut).
  6. Analisis...untunglah ketemu juga ama si strukturnya. Ga ada ikatan rangkap terkonjugasi....arrrrgghhh. HPLC cuma dapet dari EP yang udah jelas sistemnya aneh banget.. di USP, ntah lah...keknya kefotokopinya ga lengkap, pokonya mah ga nemu analisis yang OK. Untunglah pas di kampus sempet kopi analisis antibiotik. Bisa pakeUV gitu (eritromisin sih....ya udahah ya dikonversi aja ntar jelir).
  7. Ngeliat fotokopian RPS, katanya si eritromisin stearat ini lebih stabil asam (ya..ya..ya...tapi ga cukup alesan ini untuk ga nyalut tabletnya). Trus ada kata-kata terusannya...karena ragu-ragu nerjemahin..gua tanya beberapa orang. Jadi intinya, si eritromisin stearat itu cuma bentar lewat lambung, jadi ancurnya juga cuma dikit... (ya udah deh, klo kepaksa ga disalut gua pake alesan ini aja..hehehehehe)
  8. Nulisnya masih lambat dan banyak mikir. Hari ke-2... beresin Bab 2 dan Bab 6... satu setengah jam berlalu dengan cepat.
  9. Masuk Bab 5...hadoh...kudu gambar struktur molekulnya yang ribet abis...2 kali (+ 1 yang di bab 1...buang-buang waktu aja nih jelir)


    Metode analisisnya aneh-aneh...nulisnya udah ga jelas...prinsip-prinsip gua potong2 aja,,beres juga tuh bab 5 akhirnya...jam berapa ya...lupa.
  10. Masuk bab 3..pengembangan formula...OK deh, gua buka juga tuh si TPC soal film coated.. tadinya mau cari alesan supaya gua ga usah nyalut... taunya yang gua baca malah membuat gua semakin yakin tuh tablet harus disalut. Jadi ya udah deh...salut juga tuh. Formulanya??? udah nanya-nanya sama beberapa orang, trus liat HOPE...gitu aja..udah jam berapa tuh ya?? jam 2 ato setengah 3..dan bab 4 masih kosong...nangihnangihnangihnangihnangih.. Udahlah ga usah banyak mikir......hajar bleh..
  11. Bab 4, nulis ngebut...sampe pegel, prinsip-prinsip dikorting semua..
  12. Jam 5 kurang 5.. 5 menit lagi harus ngumpulin tuh jurnal dan gua masih nulis evaluasi.... akhirnya, beres juga...langsung nulis nomor halaman (untung tuh kertas dah disusun dari awal), ganti nomer registrasi jadi 17. Pustaka dah ditulis dari awal...ya walau cuma nama buku doang ujung-ujungnya mah...
----------Ujian tahap I selesai--------------
apa kabar hasilnya????




saya tunggu hari itu..



Pesan sponsor



Artikel Terkait



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

3 comments:

Metti Ria Yulistina said... Reply

ahhh payaaaaaa.. ternyata ada yg lebih bodoh dr akuu.. hihiihih.. piz..

Grace said... Reply

@Metti Ria Yulistina:
Maksudnya?
Walaupun aku lebih bodoh dari kamu.. paling ga aku dapet pengalaman yang paling hebat sedunia...

Metti Ria Yulistina said... Reply

waah kaaa aq minta maaf,, gg maksud gitu.. aq juga ujian dapet erit..
maaf aq maksudnya becanda.. tp aq klewatan ya.. beneran aq minta maaf >.<
maafin ya??

Post a Comment

Subscribe to: Post Comments (Atom)