Tugas Kuliah: Sampling

Di akhir kuliah, dikasih tugas disuruh cari artikel tentang sampling (hari itu memang belajar soal sampling). Beres kul langsung nyerbu labkom, googling, masuk ke sciencedirect. Cari dengan keyword "sampling article" bah ga dapet apa-apa...di sciencedirect apa lagi, lieur ah. Ganti keyword... kayanya cari soal sampling sirup aja deh, jadi deh keyword-nya "Syrup sampling pharmacy industry" hasilnya..aneh juga. Akhirnya cuma save-save aja dulu semua pdf yang diperoleh walau agak GJ. Sibuk-sibuk-sibuk-malas-malas-malas, itu pdf ga dibaca-baca, akhirnya 1 hari menjelang hari pengumpulan baru dibaca. Alhasil pas dibaca, semuanya ga ada yang nyambung... Ada sih soal sampling, tapi itu teorinya. Padahal maunya itu aplikasi si sampling itu. Googling lagi, tetep soal QC sirup. Dapetnya quality control sirup maple, tapi aneh..itu mah cuma kaya protokol dan ga ada soal sampling-sampling-an..

Udah ah tadinya udah mau ambil jurnal kuersetin aja, jadi mau dibahas soal sampling si kuersetin untuk uji akurasi ama presisinya. Atau soal disolusi tablet aja, tapi itu kan monografi banget. Googling lagi deh dapet di google books soal Salmonella di daging (pas liat di google sih kebacanya), eh taunya pas udah di-download mah isinya teori sampling secara umum...

Akhirnya udah jam 10 malem aja...udah stres gua, belum dapet-dapet jurnal juga :( akhirnya dapet titik terang. Gua kan mau cari soal two class attribute sampling. Nah, ternyata itu metode sampling untuk mikrobiologi, jadi klo nyari tablet kayanya susah deh dapetnya. Kirain tu metode umum..
Ya udah keywordnya udah nambah jadi "quality control microbial test", singkat cerita, dapet lah 1 jurnal download dan pas dibaca...Thanks God, akhirnya dapet jurnal sesuai keinginan gua. Dikerjain deh dari jam 11 ampe jam 2 subuh, lama amat ya (disambil Mafia wars sih :P)

Microbiological Quality of Ice Cream after HACCP Implementation: a Factory Case Study
Inti penelitiannya
Dilakukan pengukuran kualitas mikrobiologi produk es krim yang dihasilkan oleh suatu perusahaan es krim sebelum dan sesudah penerapan sistem HACCP pada perusahaan tersebut. Analisis dilakukan produk es krim (tiga macam rasa yaitu, vanila, stroberi, dan coklat), air, flora dari tangan pekerja, flora wadah es krim, dan flora permukaan perlengkapan. Pengujian dilakukan terhadap keberadaan Listeria monocytogenes, Salmonella spp., Staphylococcus aureus, Escherichia coli/Coliform.

Samplingnya dilakukan saat es krim masih bentuk semi padat, sebelum dikemas untuk dibekukan. Metode sampling yang digunakan two class attribute sampling. Kriteria mikrobiologi mengacu pada regulasi yang berlaku. Untuk S. aureus, menggunakan atribut n=5, c=2, m = 10^2 CFU/g.

Kesimpulan:
Setelah diterapkan sistem HACCP, terbukti kualitas mikrobiologi dari es krim yang diproduksi meningkat.

Nah, setelah sampe kampus dan akhirnya akan mengumpulkan tugas itu, ternyata ada juga yang pake jurnal itu, harusnya beda tiap mahasiswa nangih hancur hari gua.. udah begadang, eh rasanya sia-sia nangih. Untunglah si Ibu ga nyuruh ngulang sengihnampakgigi.

Seandainya disuruh ngulang, sekarang kan udah tau juga harus nyari dengan keyword apa.. soal es krim itu aja masih berlanjut.. coba aja googling dengan keyword ice cream microbial quality control. Banyak kan?

~the blog of Rosadora~





Artikel Terkait



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

0 comments:

Post a Comment

Subscribe to: Post Comments (Atom)