Amoksisilin + Asam Klavulanat

Tadinya udah ga mau nulis soal ini...
tapi tampak folder bulan Desember masih kosong :P

Jadi, 2 hari yang lalu pergilah saya ke apotek.
Sambil menunggu obatyang saya beli diambilkan oleh yang melayani, saya berdiri saja di depan etalase yang juga bisa jadi tempat penyerahan obat (padahal kan harusnya ada tempat khusus..).

Muncul lah 1 orang mba-mba (entah AA atau pramuniaga biasa), membawa obat tebusan: 1 botol obat tetes telinga dan 1 botol suspensi. Dari merk nya saja sudah bisa ditebak apa isi dari suspensi itu...Coba baca merk fiktif ini:
Aclavviquai
Ayo, bisa tebak kan isinya?
Tepat sekali..
Amoksisilin dan Asam Klavulanat...

Begitu membaca merk dan langsung tahu isinya, langsung juga saya teringat kuliah ilmu komunikasi soal konseling pasien... yang saya ingat adalah obat tersebut haruslah di simpan di lemari es, untuk menjaga kestabilan dari asam klavulanat.

Mengingat ada satu produk yang baik sekali, pada tutup botol tertulis dengan jelas: SIMPAN DI LEMARI ES, saya diam saja. Tapi setelah saya perhatikan, pada tutup botol produk tersebut tidak ada tulisan seperti itu. Untunglah ibu yang menebus obat itu memutar-mutar botolnya, jadi sempat terbaca ada tulisan simpan di lemari es pada bagian labelnya. Karena tidak ada himbauan dari mba-mba itu mengenai penyimpanan obat ini, saya gregetan ingin memberi tahu. Akhirnya dengan takut-takut, saya bilang pada ibu itu, "Bu, punten..ini harus di simpan di kulkas (sambil menunjuk tulisan di label botol itu)." Baru saja selesai saya berbicara, sang mba-mba itu sudah membalas kata-kata saya dengan, "Oo, ga apa-apa kok..ini kan langsung habis dalam 7 hari, sebelum disuspensiin di sini juga di simpan di kulkas kok"... Saya tidak tahu harus berkata apa, lantaran ga mungkin juga ngotot-ngotot di sana...

*puterin "Speechless" nya Clazziquai dong*

Ya semoga saja Ibu tersebut membaca label penyimpanan obat tersebut...


Sulitnya menjadi (calon) Apoteker...


Pesan sponsor




Artikel Terkait



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

1 comments:

kacakaca said... Reply

padahal apa susahnya ya naro obat di kulkas... -.-"
tapi mungkin aja si mbak2 itu cuma takut apoteknya (atau dia sendiri) dikomplain karena kurang teliti, jadinya agak membela diri...mungkin...

Post a Comment

Subscribe to: Post Comments (Atom)