Where precision becomes an art

Hellma. Where precision becomes an art.


Ya begitulah kata-kata dari Hellma yang memproduksi kuvet. Ya memang betul, kalau diliat itu 1 web isinya kan macem-macem kuvet..semuanya bener-bener seperti karya seni..hehehehe..

Dulu, dikirain yang namanya kuvet itu cuma 1 macem,, ternyata ada banyak macemnya. Mulai dari bahannya, volumenya, light path nya.

Seperti yang sudah saya tayangkan pada presentasi UV-Vis kemarin:
Keempat kuvet ini berbeda pada volumenya.. berurutan Sel Makro 3500 μL, Sel semi mikro 1400 μL, sel mikro 700 μL, sel ultra mikro 160μL. Hal ini berguna untuk larutan yang volumenya kecil (kita cuma punya sedikit larutannya). Jadi, kalau pake yang ultra mikro kan irit banget tuh larutan sampel yang dipakenya.
Sel Makro 3500 μL Sel Semi mikro 1400 μL Sel Mikro 700 μL Sel Ultramikro 160 μL

Lanjut, selain kuvet-kuvet yang berbeda volumenya seperti itu, ada juga kuvet dengan light path (ketebalan kuvet) yang berbeda. Contoh nya ini yang light path nya 10 cm. Waktu zaman TA dulu, sempet ada masalah sama kuvet.. Kuvet di lab retak, ya harus ganti. Nah, waktu minta info soal kuvet, waktu itu salah kasih nomor katalog, taunya itu kuvet yang light path nya 10 cm ini..harganya Rp. 4 juta..untung bukan kuvet ini yang ada di lab..fiuh. Tapi tetep aja, ngeganti kuvet gitu...mahal.



Untuk apa sih kuvet dengan light path yang lebih dari 1 cm ini? Untuk analisis larutan yang encer banget atau bentuknya gas. Nah, inget kan rumus Lambert Beer yang A = a.b.c itu, kalau b nya 10 kan larutan yang c nya kecil jadi bisa diukur.. ya begitulah kira-kira.

Yang di atas itu baru kuvet untuk spektoskopi serapan. Kalau di web Hellma sih disebutnya Absorption cells. Yang pernah dilihat di lab selain absoprtion cells tentu saja fluorescence cells yang dipakai di spektroflourometri. Apa bedanya? Coba lihat gambar kuvet yang ini:



Bedanya ada di jumlah sisi beningnya..istilahnya window. Kalau di absoprtion cells ada 2 window, tapi di fluorescence cells ada 4 window. Dulu, pertanyaan ini mau dijadiin salah satu soal tes awal, tapi lantaran kelas inter ga dikasih tes awal, ya ga jadi nanya deh.. Kenapa ada 4 window? Hmm, lupa juga pastinya seperti apa..jadi mending ga usah ditulis ah. Yang pasti karena ada tembakan yang 90 derajat gitu lah, jadi kudu bening semuanya.


Artikel Terkait



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

0 comments:

Post a Comment

Subscribe to: Post Comments (Atom)