Rainbow Troops

Rainbow Troops itulah terjemahan ke bahasa inggris dari Laskar Pelangi. Tapi yang saya mau tulis hari ini bukan soal Laskar Pelangi yang Andrea Hirata... Melainkan "Laskar Pelangi" yang dari dulu ga kesampean untuk terbentuk..
Jadi tiba-tiba teringat dengan ide "Pelangi" ini, gimana kalau itu jadi tema Reuni-an kita ntar... :P
Kalau dihubung-hubungkan dengan UV-Vis, nyambung loh sama pelangi..
Pelangi itu terdiri dari u-ni-bi-hi-ku-ji-me.. nah kan range panjang gelombang UV-Vis begitu juga :))


UV(dekat)-u-ni-bi-hi-ku-ji-me


Oiya, jadi inget... dulu aku bertanya-tanya kenapa kuersetinku yang larutannya berwarana kuning itu keluar puncaknya di 300-an nm padahal kuning itu di 550-an nm.
Lalu apa jawabannya? Baru tau pas kuliah coloring agent dong.. ampun dah 1,5 taun dah berlalu baru ngeh jawabannya adalah:

YANG KITA LIHAT ITU YANG DITERUSKAN/DIPANTULKAN OLEH BENDA,
sedangkan yang kita pelajari di UV-Vis itu kan yang diserap :P


berikut roda warna yang akan sedikit memperjelas:
Kalau yang diserap itu Violet, maka yang diteruskan/dipantulkan adalah Yellow (yang kita lihat) :D

@ Lapangan Cinta -17 Mei 2008-




Artikel Terkait



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

3 comments:

Anonymous said... Reply

Gracieee.... TOP BGT!!! Like this much :)
Manstap bgt...
Klo gitu reuni ntar aq pake baju kuning (karena dia menyerap warna ungu)yaaa :D

kacakaca said... Reply

yang di atas ini siapa ya?

Grace said... Reply

@ Anonym: Hahaha, iya tapi kapan reuniannya? terancam ga jadi kan?

@kacakaca: udah lewatYM

Post a Comment

Subscribe to: Post Comments (Atom)