Kalibrasi pH Meter

Sebelum digunakan untuk mengukur pH, pH meter yang kita gunakan harus dikalibrasi terlebih dahulu. Prosedur umumnya adalah masuk ke menu kalibrasi yang disediakan oleh pH meter lalu ukurlah pH dari dapar standar yang pH nya telah diketahui. Biasanya dapar standar ini disediakan oleh perusahaan pembuat pH meter.

Saat saya ujian bulan lalu, kebetulan disediakan pH meter baru, jadi tentunya belum familiar dengan alat ini. Sebenarnya saya memang kurang familiar dengan pH meter yang lama pun karena jarang menggunakan alat tersebut. Pada pH meter yang lama dilakukan kalibrasi menggunakan 2 dapar standar yaitu pH 4,00 dan 7,00. Pada pH meter yang baru ini digunakan 3 (TIGA) dapar standar yaitu pH 4,01; 7,00; 9,21. Saat akan mengkalibrasi alat saat persiapan ujian di sana telah disediakan selembar SOP (PROTAP) yang menuliskan bahwa alat dikalibrasi dengan urutan dapar sebagai berikut: 7,00; 4,01; 9,21, lalu dilihat slope (kemiringan) dari kurva kalibrasi yang dibuat diharapkan 95-.....% (saya lupa sampai berapa %).


Entah kenapa kalibrasi hanya dilakukan (oleh orang lain) dengan dua dapar yaitu pada pH 7,00 dan 4,01. Alasannya adalah pengukuran yang akan dilakukan hanya akan pada rentang pH tersebut. Menurut saya, walaupun begitu kan sudah tertulis di SOP bahwa harus dilakukan pengukuran dengan 3 dapar standar. Mulailah tercetus dalam benak saya bahwa memang sulit untuk orang-orang MELAKUKAN S.O.P. Selanjutnya, saya rasa semua orang melakukan hal yang sama...kalibrasi dengan 2 dapar saja.

Akhirnya tibalah saat saya melakukan kalibrasi saat ujian itu. Saya melakukan pengukuran pH dari sediaan yang saya buat. Saya mengkalibrasi dengan 3 dapar sesuai dengan S.O.P. Karena saat persiapan saya tidak mencoba kalibrasi hanya melihat maka saya agak kebingungan saat pengukuran dapar ketiga selesai tiba-tiba angka di monitor bergerak naik turun, padahal saat proses kalibrasi dimulai angka pada monitor hanya pada 1 angka saja.

Akhirnya, saya ulang lagi kalibrasinya. Barulah saya sadar bahwa setelah kalibrasi selesai (dengan selesainya pengukuran dapar ketiga) maka menu akan berpindah dari menu kalibrasi ke menu pengukuran. Makanya, angka di monitor akan naik turun. Slope dari kalibrasi yang saya lakukan hanya sekitar 92%. Jelas menunjukkan bahwa kalibrasi tadi sebenarnya TIDAK VALID. Jadi, pH yang terukur juga tidak valid.

Dari slope kalibrasi yang 92% itu saya terpikir apakah karena sebelum-sebelumnya proses kalibrasi tidak dilakukan sesuai S.O.P. maka kalibrasi yang seterusnya akan kacau? Karena jika pengukuran dilakukan setelah pengukuran dapar kedua selesai, maka menu BELUM KELUAR dari menu kalibrasi ke menu pengukuran. Apakah hal tersebut tidak mempengaruhi kinerja alat?

Sayangnya saya belum menemukan informasi yang cukup tentang hal ini... Jadi, entah apa jawabannya...
btw, siapa yang kompeten untuk ditanyain soal ini ya?
Kalau ada yang bisa membantu saya tolong komen aja lah ya di bawah ini...


Terima kasih


Pesan sponsor




Artikel Terkait



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

0 comments:

Post a Comment

Subscribe to: Post Comments (Atom)