Penimbangan (anak kimia vs anak farmasi vs anak teknik kimia)

Penimbang adalah alat yang digunakan untuk menimbang yang biasa disebut timbangan. Padahal, arti dari timbangan adalah hasil dari penimbangan.

Ya begitulah kata-kata dari dosen saya yang memang "teliti" dalam hal bahasa...

Pagi ini saya berbincang dengan adik saya yang anak kimia.. biasa deh ga jauh-jauh dari praktikum. Mulai dari praktikum AFA, biokim, dari materi sampe ngomongin praktikan (dalam konteks kerjaannya di lab). Akhirnya sampai ke bagian dia marah-marah karena praktikan salah dalam menimbang. Berikut perbincangan kami (kurang lebih seperti ini):

Sikloheksanol itu kan cairan... gimana caranya mendapatkan 20 g sikloheksanol? Ditimbang di gelas kimia kosong? Gitu?
Hmmm, iya kayanya... kaya bikin sirupus simpleks kan b/b jadi airnya harus ditimbang bukan diukur volumenya...
Salah..
Eh, salah? dari volumenya gitu?
Iya dari volumenya... untuk apa atuh kita punya data densitas? Nah, praktikan tuh kan udah disuruh cari MSDS juga data densitas
Ooo, iya iya inget pas KO nyari yang kaya gitu. Lu ada referensinya ga?
Nah, kenapa coba ga ada satupun dari mereka yang tau cara dapetin 20 g sikloheksanol. Gua udah tanya ama dosen kok dan memang harus pake volume dan data densitas. Itu kan ada di Kimia Fisik.
Yah mereka belum dapet KF kali..
Gua juga dulu belum dapet kok, tapi udah tau.
Wah, rasanya di farmasi ga pernah denger cem gitu... pas KO juga ga dibilang-bilang. Trus tau dari mana densitasnya? Pake piknometer?
Iya tuh pas KO kan ga apa-apa katanya, ini kan kualitatif gitu katanya. Liat di botolnya atau ga iya pake pikno.
Hahaha, iya yang di KF ga diaplikasikan di KO. Emang kenapa sih ga boleh ditimbang?
Hmm, klo ga salah klo nimbang itu ada pengaruh suhu gitu lah.
Oooo.. entar ah tanya ama dosen, eh ga.. asmik aja dulu.. :P


Ya pagi ini mendapat ilmu baru.. Tapi ya mungkin di farmasi ga diterapkan seperti itu.. Soalnya ga diajarin gitu sih (padahal ada makul farmasi fisik.. ya emang beda dengan kimia fisik). Jadi kepikiran klo di industri itu perlu etanol 5000 L itu dapet nimbang atau dapet ngukur volume ya?

Anak Tekim nya gimana?
Kalau cerita yang tekim beda lagi.. Dulu si koko trial bikin pupuk. Ada beberapa bahan yang ditimbang di rumah. Dia nimbang pake apa? Timbangan kue... deng..deng..deng.. Pas ditanya, dia jawab ini kan bukan masalah dosis, ga apa-apa lah (kalau galatnya gede juga).

Ternyata soal timbang menimbang antarjurusan ini bisa beda ya.. tergantung peruntukkannya... Kalau orang jualan sayur juga beda timbangannya dengan yang jualan emas...
:P

Timbangan analitik


Artikel Terkait



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

2 comments:

abenk said... Reply

nice post....salam kenal....check it out blog saya

udi scot said... Reply

gaje -_-

Post a Comment

Subscribe to: Post Comments (Atom)