Pipette Bulb Filler

Pipette Bulb Filler atau yang sering kita sebut dengan "Filler" saja, merupakan alat yang penting dalam laboratorium analisis. Dengan alat inilah pipet volume, pipet ukur barulah dapat digunakan. Ah masa? Bukannya bisa juga sedot pake mulut? Yah... bisa saja, tapi itu bukanlah prosedur yang benar. Selain itu, jelas higienitasnya tidak terjamin. Kalau yang perlu disedot itu zat berbahaya, apakah masih berani sedot pake mulut??

Berikut gambar filler dan harganya berdasarkan sigma aldrich:


SGD 64.46 saja ~ Rp. 500.000

Sudah tahu cara menggunakannya??? Saya menemukan animasi yang baik sekali menggambarkan penggunaan bulb filler ini: (dari University of Michigan-Dearborn)




Nah, walau model ini yang paling sering digunakan. Menurut saya, model ini adalah model yang paling tidak efektif karena mudah sekali rusak. Bayangkan saja, dari 10 filler yang ada, hanya ada 1 yang bisa dipakai kadang semuanya rusak :(

Jadi, karena kesulitan ini.. saya jadi teringat dengan filler yang saya pakai saat KP di industri. Mereka tidak menggunakan filler dengan model tersebut. Tapi dengan model yang hampir serupa dengan ini:
Perbedaannya adalah pada ujung yang berlubang itu, lubangnya lebih kecil... tidak ada pipet yang bisa masuk.. Cara menggunakannya memang lebih rumit dari bulb filler yang biasa digunakan karena tekanan udaranya tidak ditahan. Pertama tekan dulu bulb filler tersebut, tempelkan ujung pipet dan ujung bulb. Lepaskan bulb perlahan hingga cairan yang disedot masuk ke dalam pipet, usahakan melewati batas volume. Lepaskan bulb, langsung tutup pipet dengan jari (telunjuk lebih baik). Buka jari perlahan untuk mengeluarkan cairan hingga cairan ada pada tanda batas volume. Selesai.

Yah, daripada ada alat yang bagus tapi rusak, lebih baik yang kurang bagus tapi bisa digunakan :P (imho)

PS: Pasti harganya juga lebih murah...


Pesan sponsor




Artikel Terkait



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

5 comments:

Health News Online said... Reply

In addition to use in the laboratory, a tool used for anything?

pipette said... Reply

Nice post,
If your laboratory needs precision pipettes, there are certain things in a company you should look for.

Pipette said... Reply

In the life sciences laboratory environment, there are few pieces of equipment which see more use than a multichannel pipette and along with it, pipette tips.
Thanks.

pipette said... Reply

Hi,
The size design and strength of this product ensures that it can be utilized to note the functioning unit of crystallization.

Grace said... Reply

@ Health news online: I don't know if this apparatus used in non-lab thing. But it looks similar with pump for lens cleaner for camera or the one that used by watch repairmen.

@pipette, thx for the information

Post a Comment

Subscribe to: Post Comments (Atom)