Masker Partikulat

Waktu kerja praktik dulu di industri, kebagian di lab analisis. Karena kerja di lab analisis yang notabene mungkin terpapar dengan bahan yang tidak seharusnya dihirup. Sebagai perlengkapan keselamatan diri, disediakan masker di lab. Jenis masker yang disediakan ada tiga macam, berurutan masker biasa (entah nama resminya apa :P), masker partikulat, filter mask.



Nah, masker favorit saya adalah masker partikulat. Masker ini lebih baik daripada masker biasa karena daerah hidung kita tertutup dengan baik, kalau filter mask sih... hmm, itu sih tingkat tinggi.. hehehe. Masker biasa dan masker partikulat itu adalah disposable mask, artinya masker sekali pakai... Tapi yaaaaa, karena sayang untuk dibuang masker partikulat yang saya dapat sejak kerja praktik itu masih saya pakai sampai sekarang untuk kerja di lab. sampai-sampai talinya putus berkali-kali. Lebih-lebih sekarang ada kabar abu merapi sudah mencapai kota saya.. Tampaknya akan lebih aman bila menggunakan masker partikulat saja..

Akhirnya, masker saya minta pensiun juga setelah sambungan talinya benar-benar terlepas dari maskernya.. ya bisa sih diusahakan dengan dijahit... hehehehehe...

Hmmm... akhirnya saya menyerah juga, beli deh yang baru... Harga masker partikulat 3M tipe N95 di Sakura adalah Rp. 20.000,- katanya sih ada tipe lain yang harganya Rp. 15.000 dan Rp. 60.000. Harga yang tercantum di web mcguckin adalah $6.99 per 2 buah. Hmm, mayan murah dong ya di Sakura..



Baiklah setelah mengenai harga mari kita lihat sisi fungsinya. Arti dari N95 itu masker ini dapat menyaring paling tidak 95% partikel dari udara tapi tidak untuk minyak. (sumber: NIOSH) Jadi kalau minyak itu mungkin merembes ke maskernya :P. Masker ini juga direkomendasikan untuk digunakan untuk pencegahan penularan virus flu H1N1 melalui udara.



Pesan sponsor





Artikel Terkait



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

2 comments:

Anonymous said... Reply

Gracie emang hemat...apa pelit ya? hahaha...

Grace said... Reply

Haduh siapa sih itu di atas? Erano kah ato Cidut????

Hemat dong.. apalagi udah tau itu barang mahal (walau blm tau harga pastinya berapa)

Makanya provide me particulate masks for free dong :D

Post a Comment

Subscribe to: Post Comments (Atom)