Cara Beriklan di Internet

Tidak dapat dipungkuri, internet saat ini telah menjadi suatu kebutuhan. Kebutuhan inipun beragam.. mulai dari hiburan semata, pendidikan, sumber informasi aktual, juga ladang mencari nafkah. Dulu, saat search engine belum muncul dunia internet adalah seperti dunia antah berantah, pengguna buta.. tidak tahu arah tujuan. Sekarang, setelah ada search engine, apapun bisa kita cari (dan jika beruntung, bisa menemukan yang kita cari).

Secara singkat internet saat ini:
  1. Merupakan suatu kebutuhan
  2. Sudah banyak user/penggunanya
  3. Ada fasilitas yang memungkinkan proses pencarian
Maka.. media internet saat ini dapat dikatakan efektif dalam dunia promosi.

Promosi atau beriklan di internet dapat dilakukan dengan banyak cara. Cara yang paling terkenal adalah Google AdWords. Di Google AdWords para advertiser mengajukan iklannya. Selanjutnya, iklan tersebut akan di-publish oleh publisher melalui Google AdSense. Walau fasilitas dari Google ini terkenal, sayangnya.. untuk pasar di Indonesia, fasilitas ini kurang efektif. Google AdSense tidak memfasilitasi pemasangan iklan di website berbahasa Indonesia. Padahal, sebagian besar pengguna dari Indonesia tentu saja akan menggunakan kata kunci berbahasa Indonesia untuk mencari informasi mengenai produk yang diinginkannya.

Cara lainnya adalah beriklan di facebook. Tidak dapat dipungkiri, pengguna facebook di Indonesia banyak sekali. Namun, facebook itu digunakan untuk bersosialisasi atau bermain. Sehingga, tidak menutup kemungkinan jika iklan yang dipasang tidak dilirik sama sekali. Selain itu, saya pribadi lebih sering mengakses facebook dari ponsel. Dalam facebook versi mobile, iklan facebook (facebook ads) tidak muncul.

Sebagai alternatif pemasangan iklan di internet untuk pasar Indonesia, adalah idblognetwork. Idblognetwork (IBN) merupakan suatu media yang memfasilitasi periklanan di internet untuk pasar Indonesia. Idblognetwork melibatkan para blogger Indonesia yang memiliki blog berbahasa Indonesia dan tentunya bermutu. Blogger-blogger inilah yang menjadi penyebar iklan. Iklan dipasang di website para blogger berupa banner atau bahkan dalam bentuk post yang merupakan review atau pembahasan mengenai produk. Dengan adanya review seperti itu, pembaca akan mendapatkan informasi yang berbeda mengenai produk, apalagi review ditulis dengan gaya bahasa yang mudah dimengerti.. Dengan begitu, pembaca akan lebih puas dengan informasi yang didapat. Selain itu, pengaruh penyebaran informasi melalui blog-blog ini juga memberikan dampak yang sama dengan media iklan lainnya.



Idblognetwork ini didirikan oleh orang-orang yang berpengalaman dalam industri online media digital dan teknologi informasi. Didirikan pada bulan Agustus 2010 dan pada bulan September 2010 sudah mengadakan kampanye pertama. Hingga bulan Desember 2010 ini telah banyak advertiser besar yang menggunakan jasa idblognetwork dalam promosi atau marketing campaign brand. Advertiser tersebut adalah,
  • Telkom Flexi
  • Simpati Telkomsel
  • XL Blackberry Free Roaming
  • Kartu As Telkomsel
  • iPhone 4 Telkomsel
  • Google Maps Telkomsel
  • Nokia OviLife Tools
  • Nokia N8 dan E5
  • Kementrian Kebudayaan dan Pariwisata (KeMenBudPar) Republik Indonesia.

Dalam idblognetwork, blog dibagi menjadi 3 kategori berdasarkan profil pembaca blog yaitu:

1. Youth/Pemuda berumur antara 17-22 tahun
2. Female/Wanita Karir/Ibu rumah tangga berumur 21-45 tahun
3. Eksekutif professional / Pengusaha berumur 25-45 tahun ke atas


Metode campaign yang ditawarkan oleh idblognetwork adalah PpC (Pay per Click), PpA (Pay per Action), dan PpP (Pay per Post).

Pilih kategori blog dan metode campaign yang sesuai, pasang iklan Anda di idblognetwork, dan lihatlah hasilnya.

Tertarik? Segera kunjungi idblognetwork.




Artikel Terkait



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

0 comments:

Post a Comment

Subscribe to: Post Comments (Atom)