2011

2011 dalam ingatanku..

Hmm..
segala macem lah.. mulai dari yang manis, pait, senang, sedih, hancur, bangkit, terluka, dipulihkan, hilang harapan, jadi pemenang.. kelelahan, santai-santai, dan sebagainya, dan seterusnya, dan kawan-kawan, dan terus-terus.........

Tuhan.. terima kasih untuk 2011...

Thanks for meeting me in that year..
Thanks for giving me chances.. many chances..
Thanks for giving me what I call "precious present"
:)

Thank You Jesus..
it is only by your grace that I could live today..
forever I will praise your name.
 


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

49-Days

Topik yang diangkat di K-Drama 49 Days ini cukup menarik.. Sebuah misi mencari 3 tetes air mata dari 3 orang yang mengasihi dengan tulus..
Mudahkah?

Friend #1
She's someone who can cry watching cartoons. 
What? Have no tears?

Friend#2
"It's not something urgent, right?"
It IS urgent!
You'll visit me when you have time?
You...!
When?
After I die?!
At my funeral

Air mata apa ya yang akan keluar dari mataku?


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

S'mua Baik

S'mua Baik
“Dari semula, t’lah Kau tetapkan..
hidupku dalam tanganMu, dalam rencanaMu Tuhan..
Rencana indah t’lah Kau siapkan..
bagi masa depanku yang penuh harapan…”


“S’mua baik…..s’mua baik…
apa yang t’lah Kau perbuat di dalam hidupku..
S’mua baik….sungguh teramat baik..
Kau jadikan hidupku berarti”



Zenbu ii
Hajime kara mou keshiteita
watashi no inochi kami no tenohirani
utsukushii keikaku
watashi no mirai hontou akarui


reff :
zenbu ii
zenbu ii
nandemo sarareru yo
inochi no naka
zenbu ii
totemo ii
inochi ni imi ga aru yo



All Is Good
You have planned all things
from the beginning
for all you’have prepared for me
my life is in your hands oh Lord

i trust that your plans
are purposed for my good
for all future full of hope
and for abundant life

reff :
all is good, all is good
everything that you have done
in my life
all is good,truly good
i have meaning in my life
because of You


taken from: http://ratnaariani.wordpress.com/2008/09/04/kisah-nyata-di-balik-lagu-smua-baik-in-memoriam-budi-haryanto/

meri beti... all is good..


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

Smile:)

Kemaren malem.. ngeliat jurnal penelitian adikku.. Seneng ngeliatnya.. padahal baru dikit yang dia tulis. Tapi dia itu nulis segala macem, apa yang dia dapet dari literatur A, B, C. Trus dia ngegambar percobaan yang dia bikin, juga hasilnya.. Ya, dia sih bakat ngegambar.. jadi gambaran dia bagus.

Tapi ada satu hal yang bikin aku tersenyum.. Di tiap akhir halaman jurnal itu, dia bikin tanda penutup. Jadi, liat contoh jurnal di buku The Organic Chem Lab Survival Manual (keren ga tuh judulnya? hahahahah)... klo ada lebihan space di halaman kudu dikasih tanda tutup, jadinya nulis lagi yang baru di halaman selanjutnya. Dulu.. rasanya pernah ngasih tau ke dia itu.. Dia bilang sih udah tau.. Waktu ngeliat itu, entah dia emang udah tau atau karena dia inget karena pernah dikasih tau ama cicinya ini.. pokonya seneng banget dah liatnya :P

Jadi inget pernah ditanya ama temenku, siapa cowok dan cewek yang terpenting dalam hidup lu?
Dengan mantap jawabannya, klo cowok ya ade gua, klo cewek ya (yang udah gua anggap) ade gua..
Adik-adikku mengapa kalian begitu penting dalam hidupku...

Sebelum melihat jurnalnya itu, dia baru pulang dari kampus. Trus gua nyalain laptop soalnya tadi paginya dia bilang pangcariin bahasa Inggrisnya taneman yang dia pake. Trus buka google deh, ketemu.. share link-nya di fb.. hahaha. Trus dia nyerocos deh, Kenapa ya ci hasilnya begini, begitu? Trus pas gua liat lagi di jurnal ternyata ngerendemnya harus sekian menit, dikocok. Lu tau kan dikocoknya gimana? (iya.. gua tau.. diagitasi gitu kan?). Eh, benih itu harus mati dulu sebelum bisa hidup.. itu gua denger di mana ya? (ada di Alkitab itu..). Cariin dong, lu kan punya Alkitab di laptop (iya.. apa ya keywordnya? Benih? -dan ga ketemu... hahahah-, udah lah tanya google aja). Ah gila, sekarang semuanya aja di google (Ya, ada teknologi dipake dong -dan ketemu-).

Hai orang bodoh! Apa yang engkau sendiri taburkan, tidak akan tumbuh dan hidup, kalau ia tidak mati dahulu. (1 Korintus 15:36)

Trus si mama kasih ayat juga,
Aku menanam, Apolos menyiram, tetapi Allah yang memberi pertumbuhan. (1 Korintus 3:6)

Duh, seneng banget dah penelitian dia ada jawabannya di Alkitab... :)

Kemarennya..waktu dia siap-siap ke kampus. Ci, benih itu harus gua rendem dulu di cairan itu (Eh, ga rusak tuh?), ya bentar aja lah.. Trus ya gua tuh harus nanemnya ga boleh ada oksigen biar bagus, kata si jurnal in absence of oxygen (wah kudu pake nitrogen dong lu?). Iya.. (wah gimana tuh? Lu alirin aja pake balon). Males gua, soalnya adanya nitrogen cair (masa sih ga ada yang gas? di lab gua ada) Ada sih, tapi di lab tetangga males gua ke sana. Temen gua ya yang harus ngereaksiin di suasana inert pake tu gas nitrogen aja kedinginan dia, padahal udah pake sarung tangan segala.. (Eh, gua liat di mana ya itu.. di film a journey to center of the earth, ada geek yang masukin es krim ke nitrogen trus dia makan). Ah, nitrogen mah kita juga makan di Chiki (-padahal udah ga pernah makan Chiki- Ah iya, udara kita aja 70% Nitrogen pan...). 
-Dari ngomongin gas nitrogen sampailah ke pembicaraan ini-. 
Eh temen gua ada yang aneh, dia bilang dia ga nemu asam karbonat trus kata gua ya iyalah mana ada asam karbonat (bengong) Lu ga tau juga lagi? (Emang apa?) asam karbonat itu mah klo kata gua air dan CO2 yang menguap (oooooo...), ga stabil banget di air, CO2 kan ga larut air (-teringat titrasi campuran karbonat-bikarbonat- emang temen lu perlu untuk apa?) Mau bikin buffer karbonat dia (jadi pake apa dong bikinnya? natrium karbonat-bikarbonat ya?) Iya.

Kemaren malem itu.. mikir, waktu-waktu ngobrol ama si Bill ini ga banyak ya sekarang.. trus omongan kita pasti yang ilmiah-ilmiah gitu.. hahahahaha. Jadi inget, pas giliran gua tesis dulu.. topik kita kok bisa sama.. trus penelitian dia mendukung banget penelitian gua... Dulu waktu dia ga keterima SPMB (iye.. dia ga keterima dongg), dia milih ngikut jejak cicinya sih.. Farmasi.. (tapi bukan Farmasi kok dia sekarang) hahahahahhaa.. temennya yang hmmm... yaaaa kemampuannya ga jauh lah, keterima di Mesin. Ihhh, rasanya nyesel kenapa ga nyuruh si Bill milih Mesin aja.. Tapi klo dia bener masuk Mesin, ntar siapa dong temen ngobrol gua di rumah.. trus apa kabar tesis aye itu? Walau kita juga suka ngomongin yang nyambung-nyambung ke fisika.. hehehe. Tapi klo mundur lebih jauh ke masa-masa SMP.. gua tuh ama dia bisa ngomongin temen-temennya, dia cerita gimana dia ngejailin dua cewek yang duduk di depan dia.. trus ngejodoh-jodohin dia ama temen-temennya.. Ah, lu suka sama si ini ya.. si itu ya.... hahahaha. Gua sebutin semua nama cewek seangakatan dia yang gua tau, sekarang.. gua ga tau satupun nama temen cewek seangkatannya.. Dulu, gua bisa tanya temen dia (yang akhirnya jadi temen gua), besok ada PR apa? Ulangan apa? Soalnya si adikku ini paling susah klo disuruh bikin PR dan belajar.. Gua harus tau dia punya PR ama ulangan apa.. Dia itu ternyata ribut di kelas.. gua yang ketemu wali kelasnya minta dia pindah tempat duduk (disuruh si mama sih.. hehehe).

Dulu pernah dia dapet PR disuruh bikin ringkasan cerita sinetron.. duh dulu tuh ya jamannya Bidadari si Marshanda itu.. Jaman dulu pula, kita tuh dilarang nonton TV (ya, begitulah.. padahal ini tuh tugas, tapi tetep kita takut minta ijinnya.. padahal pasti dibolehin lahhh). Akhirnya, ya ga bisa ngerjain PR dong.. trus si cici ini dong yang minjem PR si temen itu... trus dimodif.. hahaahahaha.. PARAH!

Nah, klo dia punya PR atau ulangan.. pasti si cici ini yang ngajar dia. Trus sebelum atau pas hari itu pasti nanya yang sama ke si temen.. Dia bisa ga, ada yang perlu diajarin ga? Jadi.. sekali belajar, dua kali ngajar. Hmmm.. pasti gara-gara mereka berdua ini deh gua jadi demen banget yang namanya ngajar. Kalau ulangan umum.. kan ngajarin si Bill di rumah, besok paginya.. ngajar si temen, nanya pertanyaan yang ditanya ke si Bill, ngajarin apa yang diajarin ke si Bill.. trus, dia suka bilang gini, "Eh, tadi yang lu tanyain keluar lohh..." *happy* -tentunya dia jadi bisa jawab pertanyaan itu kan..-

Inget banget, waktu itu ngajarin dia itungan fisika yang energi kinetik = energi potensial.. inget banget itu di mana, inget banget itu pake pensil apa.. Tapi lupa soalnya.. hahaha.. sayang..

Dulu, PR gua itu PR favorit untuk dipinjem.. tapi gua ga pernah minjemin ke temen sebangku gua.. Trus dia bilang gua pelit..Hadeuh.. padahal gua tuh ga minjemin karena mau ngajarin dia, jadi dia bisa ngerjain sendiri.. Ah, emang aneh orang teh.. Makanya bahagia banget ketemu temen yang ga akan pernah minjem PR gua dan yang mau diajarin.. 

Seperti karena garis tutup yang si Bill buat di jurnal  membuatku tersenyum karena mungkin karena inget kata-kataku, si temen ini juga melakukan hal yang serupa yang bisa membuatku tersenyum sekarang. Suatu hari gua mulung kaleng bekas.. trus dia bilang ih jorok, mulung sampah. Ihhh.. bagus tau kalengnya.. hahahaha.. Tapi sejak itu dia jadi suka ngumpulin kaleng bekas, 'til now.. Terus pernah ada tuh yang lagi minum minuman kaleng, dan kita berdua malah parebut tu kaleng bekasnya.. bener rebutan apa emang udah dikasih ke dia ya?? forgot the details.. yang pasti kaleng itu jatoh dan penyok.. dan intinya kaleng penyok itu ada di dia.. Tapi waktu gua ulang tau.. dia kasih kaleng itu (as one of my birthday giftssss), kalengnya dibungkus kertas trus dia gambar-gambar dan ada tulisan: Treasure. Main birthday gift (yang dia sembunyikan di antara banyaknya hadiah itu..) gua pasang di kalkulator.. untung aja udah diselamatkan sebelum kalkulator itu hilang.. dan sekarang, benda itu ada di genggaman tangan kanan. Everyday was like birthday.. tiap hari ada aja yang dikasih ke gua.. and all the memos.. Suatu kali gua baca memo dari dia itu kata dia, "Ntar lu turunnya jangan lama-lama ya.. gua tunggu.". Baca itu bikin nangis.. soalnya cuma dia yang pernah bener-bener nungguin gua kaya gitu. 

Waktu re-watch come to play yang WGM.. AlShin dapet pertanyaan, mereka pernah ga berharap ntuk bertemu lebih awal sebelum dipasangkan di WGM? Mereka berdua kompak bilang ga pernah berharap seperti itu karena mereka tau mereka itu ketemu di waktu yang tepat. Pas baca itu, beda banget dengan gua.. Gua berharap ketemu si temen itu dari dulu-dulu-dulu-dulu... dari sejak dia lahir.. pengen ngeliat dia waktu bayi, pengen meluk dia, pengen ngasuh dia, pengen dia ga fobia sama sesuatu (dia fobia sesuatu karena katanya ditakut-takutin ama pengasuhnya).. Ah..

Sayang ya ga ada sama sekali foto dari masa-masa SMP itu.. tapi aku masih punya ini.. (ntar korek-korek dulu)

Kiddoooo...
I miss you both..

eh iya.. kemaren malem tuh emang kepikiran mau nulis soal ini.. tapi ga jadi ahh.. eh tapi baca postingan ini.. jadiin aja deh nulisnya..


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

"Walau" bukan "Kalau"

Pagi ini... aku inget kekecewaanku sama seseorang.. Segala unek-unek rasanya mau ditumpahin ke mukanya.. Saking kecewanya.

Setelah agak tenang.. aku inget satu hal yang terjadi beberapa belas tahun lalu... waktu aku dan adekku masih SD lah itu.. si koko juga masih SD kayanya atau SMP, kita bertiga (kadang berlima sama 2 sepupuku yang tiap pulang sekolah pasti ke rumah dulu, bikin PR) sering banget ribut, berantem. Suatu hari, dimarahinlah kita.. 
Si mama kesel banget kali ya ngeliat anak-anaknya berantem aja.. trus biasa kita pasti nyalah-nyalahin..
"Si koko sih yang nakal, Si Bill yang nyebelin."

bla..bla..bla...

Trus si mama nanya,
"Kalian itu sayang ga sama sodara kalian sendiri?"
Trus sambil kesel-kesel ngejawab,
"Sayang"

"Sayangnya gimana? Kalian harus sayang "walau" bukan "kalau". Coba bilang, mau sayang koko walau.. Jangan cuma lip service." Gaya pisan, dari jaman SD udah tau yang namanya lip service.

Tadi pagi pas lagi marah-marah (marah-marah sendiri), sempet inget soal unconditional love yang udah Tuhan tunjukkin ke aku beberapa bulan  lalu.. Tapi tetep aja, hati ini keras.. "Ga Tuhan.. udah ga sanggup.". Tuhan ingetin lagi kata-kata yang pernah aku ucapkan (ke diri sendiri juga sih) tapi maksudnya untuk orang yang mengecewakan itu..
"Jesus loves you conditionally, why should I love you conditionally?"
 


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

Thanksgiving Thursday: Sakit Maag


Untuk pertama kalinya, bener-bener ngerasa sakit maag yang mengerikan itu . Awalnya ga tau ini sakit maag atau bukan. Biasanya kalau perih-perih karena makan pedes atau asem gitu ga pernah sampe sakit maag, atau kalau rasa lambung udah ga enak, minum antasid aja udah beres. Kemaren itu, sakit maag campur masuk angin dan diare.. sakit perutnya amat menyakitkan .

Emang sih sakitnya di ulu hati gitu.. tapi bukan perih seperti sakit maag yang biasanya.. ini gimana ya.. ga tau lah mendeskripsikannya, kayanya ini yang namanya heartburn deh... Minum si antasid itu ga ngaruh sama sekali..

Makan pagi.. agak mendingan, tapi tetep aja sakit itu dateng lagi, dateng lagi.. akhirnya.. dengan ragu ini sakit maag atau bukan, aku ambil juga itu obat maag paling mujarab saat ini, inhibitor pompa proton.. Eh, setelah minum itu... rasa sakitnya ilang, muncul sih beberapa kali.. tapi jelas banget sekarang udah sangat lebih baik .
Setiap ngomongin obat maag, aku inget waktu dosenku ceritain obat maag. Obat maag itu ada macem-macem.
  1. Antasid.. ini obat maag "derajat" paling rendah, kerjanya itu dengan menetralkan asam lambung.
  2. Pelindung lambung (agak ga yakin namanya ini.. heheh, Inggrisnya mah cytoprotective agent), kalau yang ini kerjanya dengan melindungi dinding lambung dari asam.
  3. Antagonis reseptor H2.  Reseptor H2 itu kalau ditempatin sama histamin, akan mengaktifkan sel parietal di lambung terus si sel parietal itu akan mengeluarkan asam lambung deh. Obat golongan ini berkompetisi dengan histamin untuk menempati reseptor H2. Kalau obat ini yang nempatin reseptor itu, produksi asam lambungnya bisa ditekan.
  4. Inhibitor pompa proton, kalau bahasa di wikipedia untuk golongan obat ini: They are the most potent inhibitors of acid secretion available today. Jadi ini obat maag dengan "derajat" paling tinggi. Kerjanya itu dengan menghambat pompa proton di sel parietal, jadi asam lambungnya ga dikeluarin.
Makin ke sini makin ketauan kalau sakit maag itu apa sebenernya yang harus diobatin.

Atas sakit maag ini aku mau bersyukur sama Tuhan atas,
  1. Terima kasih Tuhan atas hikmat yang udah Tuhan kasih ke peneliti-peneliti.. jadi peneliti-peneliti bisa menemukan mekanisme sekresi asam lambung dan juga mikirin bikin obat maag-nya .
  2. Terima kasih Tuhan untuk penemuan obat-obat maag, terutama inhibitor pompa proton yang menyelamatkan aku dari sakit yang mengerikan kemaren.
  3. Terima kasih untuk program Obat Generik Berlogo . Jadi murah obatnya.. yang branded generic (obat generik bermerk) -nya aja masih mahal banget...  apalagi obat patennya..brrr..
  4. Hmm... berarti ada rencana yang harus ditunda karena sakit kemaren.. sebelum sakit itu aku minta Tuhan untuk kasih waktu yang tepat, waktu yang terbaik untuk rencana itu.. Waktu yang terbaik untuk renacan itu pasti bukan hari-hari kemaren itu.. Terima kasih Tuhan untuk memberikan waktu yang terbaik.
Emoticon kali ini dari qq messenger yang ada di pidgin
    Thanksgiving Thursday ini program yang dibuat untuk kita-kita supaya mengingat-ingat dan menucap syukur atas berkat yang diberikan Tuhan untuk kita. Untuk ikutan, cek aja di sini. Mau baca thanksgiving thursday dari blogger lain, cek juga di tempat yang sama

    Oiya, untuk Thanksgiving Thursday kali ini, ada pengetahuan soal obatnya juga.. semoga berguna

    God bless


    • Digg
    • Del.icio.us
    • StumbleUpon
    • Reddit
    • RSS
    Read Comments

    Thanksgiving Thursday: Lab Safety

    Lab Safety itu sebenernya suatu protokol yang dibuat untuk menjamin keselamatan kerja di lab. Tapi, terkadang pengguna lab juga melupakan si lab safety itu.. Kali ini aku mau mengucap syukur atas keselamatan kerja di lab yang aku peroleh dari Tuhan.

    Beberapa hari yang lalu, mama ngasih tau ada kecelakaan yang menimpa salah satu anak dari jemaat di gereja. Anak itu (dan 1 temennya) mengalami kecelakaan di laboratorium, mukanya kena bakar. Merinding ngedengernya.. ngeri banget.

    Jadi inget diriku yang selama 7 tahun "hidup" di lab: praktikum, ngerjain tugas akhir, kerja praktek, ngerjain tesis, ujian apoteker.. tapi kejadian mengerikan kaya gitu ga pernah deh terjadi..

    Waktu itu pernah sih temenku kecelakaan yang serupa, dia kebakar di bagian perut.. Waktu itu dia udah mikir dia itu bakal mati saat itu. Tapi Tuhan masih menyertai dia.

    Aku share 2 cerita itu ke temenku.. Dia kaget dengan cerita itu, trus aku juga kaget sama respon dia.. Dia bilang, "Aku baru nyadar kalau penyertaan Tuhan itu ada waktu di lab.

    Eh, masa sih dia ga nyadar selama ini?

    Tapi ya udah.. yang penting sekarang dia udah nyadar

    Tuhan terima kasih untuk penyertaan yang Kau berikan selama kami di lab.. dan di setiap detik hidup kami.

    Bantu doa juga untuk dua anak itu ya..
    supaya mereka cepet sembuh dan bisa sekolah lagi.

    Tulisan ini dibuat dalam rangka program Thanksgiving Thursday, yang mengingatkan kita untuk bersyukur sama Tuhan untuk berkat-berkat yang udah Tuhan kasih.. Kalau mau ikutan atau mau baca Thanksgiving Thursday dari yang laen, silakan dateng ke blognya Thanksgiving Thursday.


    • Digg
    • Del.icio.us
    • StumbleUpon
    • Reddit
    • RSS
    Read Comments

    Hujan..Hujan..Hujan..

    Hujan.. setelah beberapa bulan Bandung terasa panas dan tidak hujan-hujan, akhirnya di bulan November ini hujannya rajin banget.. selalu di jam yang sama.. hahahah. Hujan gini benernya enaknya di rumah ga kemana-mana..

    Kemaren.. ada perlu, ada janji.. janjiannya itu tepat di jam hujan.. huhuhuh, berharap tidak hujan. Jadi, dua hari yang lalu.. bener-bener minta ama Tuhan.. "Tuhan, besok jangan ujan ya... yang cerah aja Tuhan". Pagi harinya, duh mendung.. mendung terus.. tapi ga ujan sih.. akhirnya sampe jam di mana mau pergi.. mendung-mendung gitu juga.. eh tapi jadi cerah.. ga mencrang gimana.. tapi matahari tuh keliatan bersinar.. hohohohohohoho..

    Akhirnya, sampe pulang juga kemaren itu sama sekali ga ujan..ga panas juga... ademmm..

    Jadi, kemaren itu ujan juga sih malem-malemnya.. jam 8an gitu.. tapi cuma rintik-rintik aja..

    Ah.. senangnya.. Tuhan bener-bener mengkabulkan permintaanku. :D

    HE PROVIDES ALL MY NEEDS :D


    • Digg
    • Del.icio.us
    • StumbleUpon
    • Reddit
    • RSS
    Read Comments

    Isolation vs Extraction

    Few days ago, my brother wrote his first post in his first blog. That post was brief introduction about him and his research. I found something interesting there.
    Now, I am working on some project about isolation and extraction some compound
    When I read that line, the first thing came up on my mind was.. the following verbs after "about" should be in their -ing form.. hahaha. Next, hmm.. don't you first do extraction before doing isolation? so.. I thought he should write extraction firstly then isolation.

    I made comment on his blog and also told him directly. When I told him about the sequence.. he said that we did isolation first before doing extraction. 
    "Eh??? seriously?"

    He continued, by definition.. when you did extraction you did separation process. So, the first thing to do was to draw out (isolate) the compound from matrix and because the isolation outcome was not in pure form it should be separated (extracted).
    "Eh??? seriously?" 


    I search the definition then.. 
    Extraction in chemistry is a separation process consisting in the separation of a substance from a matrix. (wikipedia)

    Isolate Chemistry To separate (a substance) in pure form from a combined mixture. (The Free Dictionary)

    Well, it is said in isolating process there's separation process also. Hmm.. I still on my thought.. Extraction before isolation.

    isolation or extraction?


    • Digg
    • Del.icio.us
    • StumbleUpon
    • Reddit
    • RSS
    Read Comments

    I Love You...

    Just found a cute yahoo messenger emoticons arrangement from here. They formed "I" then "heart symbol" and "U".. I tried to send the arrangement to myself.. but it didn't show like I love you.. because the angry emo is wider.. Then I reread the blog post, ow.. the arrangement is for yahoo messenger status..

    Here's my try on my yahoo messenger status.. 



    • Digg
    • Del.icio.us
    • StumbleUpon
    • Reddit
    • RSS
    Read Comments

    Thanksgiving Thursday: Paid Online Survey

    Untuk Thanksgiving Thursday kali ini aku mau mengucap syukur pada Tuhan akan adanya PAID ONLINE SURVEY .

    Minggu kemaren, sehari sebelum interview itu, aku dapet kiriman voucher belanja. Voucher itu adalah hadiah atau lebih tepatnya "upah" karena mengisi survei berbayar di internet.

    Eh, lagi nulis tulisan ini tiba-tiba ada pak kurir yang ngasih kiriman voucher yang laen :D juga dari hasil mengisi survei berbayar.

    Taun lalu, aku ikutan program survei yang lain, biasalah ikut-ikut aja.. Bulan depannya, aku dapet undangan survei dari si program itu dan reward-nya itu USD 15/survey. Gede bangetlah itu untuk aku. Selama beberapa bulan, aku selalu dapet undangan survei itu 2 kali sebulan, sayang sekarang udah ga dapet .

    Dari paid online survey ini, Tuhan kasih berkat finansial, jadi bisa ngumpulin uang deh.. padahal untuk saat itu, rasanya ga mungkin banget untuk dapet uang tambahan. Waktu butuh uang untuk urusan tesis, urusan wisuda, ada uang itu :) Hadiah yang voucher bisa buat si mama belanja, juga ada yang dipake buat traktir orang.. hehehe.

    Makasih ya Tuhan.. Tuhanku memang Tuhan yang tau kebutuhanku .

    Tulisan ini dibuat dalam rangka program Thanksgiving Thursday, yang mengingatkan kita untuk bersyukur sama Tuhan untuk berkat-berkat yang udah Tuhan kasih.. Kalau mau ikutan atau mau baca Thanksgiving Thursday dari yang laen, silakan dateng ke blognya Thanksgiving Thursday.


    • Digg
    • Del.icio.us
    • StumbleUpon
    • Reddit
    • RSS
    Read Comments

    Domba yang Hilang

    Beberapa bulan lalu, perasaanku ini khawatir, galau, bingung, yah semuanya lah itu yang mirip kata-katanya.. Aku mengkhawatirkan seseorang dengan sangat berlebihan.. aku takut dia terhilang. Doa terus bahkan juga doa puasa (karena lagi program doa puasa di gereja juga sih :P).

    Saat itu aku berdoa dan juga mempertanyakan  "Tuhan... kok Tuhan membiarkan hal ini terjadi? Kok rasanya aku berjuang sendirian?"

    Pagi itu, waktu saat teduh, aku membaca Matius 18.. dan.. sampailah di bagian perumpamaan domba yang hilang dan ayat ini yang aku tangkap.
    Demikian juga Bapamu yang di sorga tidak menghendaki supaya seorangpun dari anak-anak ini hilang.
    Matius 18:14.
    Lewat ayat itu, Tuhan bilang dengan jelas kalau Dia juga ga mau ada satupun anaknya yang hilang. Itu janji Tuhan untuk aku.. Tuhan janji ga akan membiarkan satupun dari anaknya hilang. Lega..Lega.

    Dan Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya jika ia berhasil menemukannya, lebih besar kegembiraannya atas yang seekor itu dari pada atas yang kesembilan puluh sembilan ekor yang tidak sesat.
    Matius 18:13.

    Tuhan bener-bener sayang kamu..


    • Digg
    • Del.icio.us
    • StumbleUpon
    • Reddit
    • RSS
    Read Comments

    SMASH...

    Beberapa hari lalu melihat video tentang SMASH art journal yang di-post di blog sodara.. Tampak seru dan simpel.. heh,, tapi untuk diriku yang kreatifnya pas-pas-an yang cuma bisa dibayangin di otak tapi ga bisa divisualisasikan dengan baik.. hiks.. 

    Selain itu, karena jiwa perfeksionisku ini.. tampaknya, ga bisa deh ngerjain yang begitu sekali jadi.. pasti kebanyakan mikirnya ketimbang ngerjainnya.. hahaha.

    Jadi, tampaknya.. untuk membuat hal-hal semacam ini mending yang digital aja.. klo ada digital scrapbook, yah bikin aja digital SMASH..

    Hari ini mau nyoba bikin 1.. tapi gagal.. hahahaha, karena kekurangan sumber daya.. yah kita coba di lain hari..

    a quote.. a note..
    write and stick.. that simple.. interesting


    • Digg
    • Del.icio.us
    • StumbleUpon
    • Reddit
    • RSS
    Read Comments

    CANDY :D

    Menemukan foto ini di facebook seorang teman.. Lucuuuuuuu... Uniiikkkk... 
    Graooo.. dijual berapa ya? Apa perlu pesen lewat PT. Elokarsa? :P
    Labelnya.... lucuuuuu banget deh :D  Label itu dibuat bak label untuk zat kimia yang dijual Sigma-Aldrich


    LOVE IT SO MUCH :D

    • Digg
    • Del.icio.us
    • StumbleUpon
    • Reddit
    • RSS
    Read Comments

    Thanksgiving Thursday: Interview

    Thanksgiving Thursday ini program yang diadain ci Shinta supaya kita hitung-hitung berkat Tuhan.. nah, minggu ini minggu keenam. Untuk yang mau ikutan dan mau baca postingan dari yang lain, silakan klik di sini.
    Kemaren aku dapet kesempatan psikotes dan interview HRD. Kebetulan, perusahaan itu ngadain acaranya itu di Bandung padahal kantornya di Jakarta. Asik banget lah pokonya :D. Aku kira langsung wawancara kemaren tuh, ternyata ada psikotesnya dulu. Duh, ni otak kelamaan istirahat, dapet pertanyaan-pertanyaan yang harus mikir itu agak-agak lama mikirnya.. Takut ga lolos ini mah. Tapi ternyata aku lolos ke tahap selanjutnya.

    Di tahap selanjutnya itu psikotes tes kepribadian dan interview HRD. Di tes kepribadian itu ada tes yang ngegambar-gambar itu.. bagian ngegambar orang.. aduh :(( tapi beres juga tuh gambar.. hehehe. Interview dengan HRD cukup lama, kayanya ada setengah jam.. dulu pernah interview juga paling cuma 10 menit.

    2 minggu lagi baru ada kabar apakah lanjut atau ga.. 

    Aku udah pengen kerja, menghasilkan... apa ini pintu yang Tuhan buka?
    Yang pasti.. aku mau mengucap syukur atas kesempatan yang udah Tuhan kasih ini :)


    • Digg
    • Del.icio.us
    • StumbleUpon
    • Reddit
    • RSS
    Read Comments

    Proposal Daisakusen: Rewatch

    Tulisan ini ternyata dibuat tanggal 28 Februari 2011, tapi ga diterusin... hahaha..
    Tak menyangka.. dengan mendengar lagu Ashita Hareru Kana, membuatku ingin menonton kembali Proposal Daisakusen. Akhirnya, dibukalah folder dorama tersebut dan double click..

    Kembali ke masa sekarang..
    Beberapa minggu kemaren, karena ga punya barang tontonan, akhirnya rewatch propdai aja deh.. Uhhh, I really love it!!! Rewatch ini nontonnya lebih enak, karena udah ngerti juga jalan ceritanya.. dan entah kenapa, rasanya lebih ngena aja nontonnya. Ada beberapa hal yang bagus juga.

    Kata-kata... words is powerful. Dengan kata-kata yang lebih baik.. Kenzo bisa mengubah muka cemberut Rei jadi senyum.. Walau tim baseball nya ya tetep aja kalah walau kejadian itu diulang. Jadi, yang bikin si Rei cemberut itu bukan karena kalahnya.. tapi karena kata-kata dan pasti sikapnya si Kenzo juga.

    Mengulang masa lalu, berusaha memperbaikinya.. terkadang hal ini juga muncul dalam pikiran.. Duh, nyesel deh dulu kaya gini, kaya gitu.. pengen rasanya balik ke masa lalu dan ga berbuat seperti itu atau mau berbuat hal lain supaya jadi lebih baik di masa depan. Awal nonton dorama ini, yang kebayang tuh kaya gitu.. Tapi, di akhirnya ternyata ga lantas berubah si masa depan itu. Nah ini salah satu poin yang aku dapet.. Kita ga mungkin kembali ke masa lalu untuk memperbaiki yang udah salah, jadi berusahalah di masa sekarang untuk dapat masa depan yang baik.

    Iwase Ken, si tokoh utama yang melakukan perjalanan waktu.. dia susah banget untuk ngomong ke Rei soal perasaan dia. Sampe suatu saat si Yosei (si peri) bilang si Ken itu terlalu banyak nunda-nunda, kalau ini, kalau begitu.. baru mau bilang.. jadinya.. keduluan kan ama Tada-san..  Hahahaha, rasanya aku juga sering gitu.. ah ntar lah kalau begini, kalau begitu baru mau begini begitu.. Kata-kata kakeknya Rei juga.. "Yang suka nunda-nunda itu ORANG BODOH!".

    Hmm, terus soal ngajar, Tada-san itu ngajarnya parah banget.. dia ngomong ama papan tulis doang.. klo jaman sekarang itu, ngajarnya ngomong ama laptop.. hahaha.. Jadi deh, ga disukai murid-muridnya.. Tapi murid-muridnya itu jadi suka dan sayang setelah tau kalau Tada-san itu bener-bener memperhatikan mereka, ckckckckckckc.. Dia sempet merhatiin murid-muridnya, ngapalin namanya, nulis sifat-sifat khasnya.. Seandainya suatu saat aku berkesempatan lagi ngajar.. semoga bisa jadi guru yang disukai sama murid-murid.

    Tada-san itu freak banget dah.. arsitek tapi jago ngitung, ngajarnya aja matematika.. Hua, freak banget dah waktu dia ngejelasin asimptot sebagai dua garis yang ga pernah ketemu yang padahal itu analogi dari hubungan dia ama murid-muridnya.. Dia terlalu polos, kirain murid-muridnya nanya soal asimptot.. "Pak, kita ini kaya 2 garis paralel yang ga pernah bisa ketemu..." Tapi yang paling freak itu yang dia ngitung ga penting  jumlah meja, jumlah tamu, dll, dengan operasi matematika tertentu .. dan didapatlah tanggal hari ini.. ckckckckkckck.. aya-aya wae. Arsitek segitunya ya matematikanya?

    Suka banget episode ini.. terharuuuuuuuu banget dah.. Ken dengan susah payah mendapatkan kembali kancing seragamnya karena udah dia kasih ke cewek lain... Kancing bukan sembarang kancing, tapi kancing kedua di seragamnya yang artinya penting banget buat Rei karena kancing kedua itu kancing yang paling deket dengan jantung.. kancing yang tiap hari nempel di deket jantung.. Hadeuh ada ya cerita cem gitu.. hahahahhahahaha.. Kata-kata temennya itu menohok sekali.. Buat apa ngasih sesuatu yang udah dikasih ke orang lain? Ya, tinjuan keras tampaknya.. Eh tapi dia kreatif banget.. jadi deh si Rei nya bisa senyum dapet kancing kedua yang tidak biasa itu.. (bwahahaha, tiba-tiba jadi inget kancing lainnya.. kancing di A crazy little thing called love.. konyol!)

    Komunikasi.. itu hal yang penting banget.. Ah, gara-gara miskom jadinya si Ken udah flu, demam, nunggu ampe tengah malem di depan kantor pos.. Sedangkan si Rei cape-cape lari beli obat, ke tempat Ken.. Ken nya ga ada.. ckckckckkckck.. HP harus terus terisi pulsa dan jangan segan-segan buang sedikit pulsa cuma untuk SMS (ya asal ada balesannya weh).


    Aw, suka banget deh kata-katanya Tsuru yang ngutip iklan MasterCard, " To spent it with your loved ones, priceless..." Awwwww... dan kata-kata lainnya.. "It's not important what we eat, but with who we eat...".

    Berusaha, berusaha.. Kalau kita coba.. dan gagal ya udah.. that's expected, tapi kalau kita coba dan berhasil, itu bonus.. JLEB!  itu ditonton saat males mencoba-coba untuk ngelamar-ngelamar kerja.. pas aja..

    "Kenzo ga pernah ngerti.." Heran deh ama si Rei,, aku yang penonton aja ga ngerti maksudnya si Rei itu apa, si Kenzo ga pernah ngerti apa? Padahal Kenzo itu udah berusaha memperbaiki kesalahan di masa lalunya, berusaha ngertiin si Rei.. Halah, ujung-ujungnya si Rei yang bilang kalau dia sendiri yang ga pernah ngertiin Kenzo.. Nah, kalau mau dimengerti ya.. sok atuh ngomong maunya kaya gimana.. Apa yang mau dimengerti kalau ga pernah kasi tau maunya gimana..

    Barusan ngebuka foldernya lagi dan ngeliat eh ada folder lain, pas dibuka isinya.. ternyata ini, ya ampun.. udah lupa pernah bikin beginian.. Jaman belum bisa ngesub.. (oiya, juga jadi pengen bisa ngesub gara-gara liat sub dorama ini... kereeeennnn.. gimana ya caranya ngesub kaya si LoveSong itu... mauuu..)
    video

    Hari ini, it supposed to be an exciting day.. but I lost the excitement :( Hmmm, maybe next week


    • Digg
    • Del.icio.us
    • StumbleUpon
    • Reddit
    • RSS
    Read Comments

    Get to know yourself better

    Hmm, lagi iseng buka-buka notes fb... sampailah ke note jadul yang dibuat karena note yang di-tag ama si sohib.. inget banget.. itu lagi di mobil, jalan pulang ke Bandung dari Cikarang ( Jakarta tepatnya.. ). Buka note itu masih pake HP Nokia 3200 yang menemaniku fb-an selama tinggal di Cikarang.. hahahaha... HP boleh jadul.. tapi jaman orang belum ber-mobile-fb, tu HP udah dipake fb-an mulu.. ckckkcck.

    OK, hari ini.. karena baru abis psikotes juga, terus tadi pas liat-liat file eh kok ada Brain Test, belum pernah dicoba pula.. (ga tau donlot dari mana pula..). eh ada quiz nih.. jadi pengen coba. 2 tahun lalu, jawabannya ya begitu deh .. sekarang gimana? apa masih sama? aku kan udah lupa jawaban yang dulu..

    2 years ago (in red)

    Your view on yourself:
    You are down-to-earth and people like you because you are so straightforward. You are an efficient problem solver because you will listen to both sides of an argument before making a decision that usually appeals to both parties.
     
    Other people find you very interesting, but you are really hiding your true self. Your friends love you because you are a good listener. They'll probably still love you if you learn to be yourself with them.

    The type of girlfriend/boyfriend you are looking for:
    You like serious, smart and determined people. You don't judge a book by its cover, so good-looking people aren't necessarily your style. This makes you an attractive person in many people's eyes.

    You like serious, smart and determined people. You don't judge a book by its cover, so good-looking people aren't necessarily your style. This makes you an attractive person in many people's eyes.

    aye.. still the same :P
     
    Your readiness to commit to a relationship:
    You prefer to get to know a person very well before deciding whether you will commit to the relationship.

    You prefer to get to know a person very well before deciding whether you will commit to the relationship.

    yup.. still the same, then the same comment: Cukup sekali seumur hidup :D
     
    The seriousness of your love:
    You are very serious about relationships and aren't interested in wasting time with people you don't really like. If you meet the right person, you will fall deeply and beautifully in love.

    Your have very sensible tactics when approaching the opposite sex. In many ways people find your straightforwardness attractive, so you will find yourself with plenty of dates.

    beda.. hmm... plenty of dates? no thanks.
     
    Your views on education
    Education is less important than the real world out there, away from the classroom. Deep inside you want to start working, earning money and living on your own.

    Education is very important in life. You want to study hard and learn as much as you can.

    omo..omo... 180 derajat gitu bedanya...
      
    The right job for you:
    You're a practical person and will choose a secure job with a steady income. Knowing what you like to do is important. Find a regular job doing just that and you'll be set for life.

    You're a practical person and will choose a secure job with a steady income. Knowing what you like to do is important. Find a regular job doing just that and you'll be set for life.

    bwahahahahhahaha...
    How do you view success:
    Success in your career is not the most important thing in life. You are content with what you have and think that being with someone you love is more than spending all of your precious time just working.

    You are confident that you will be successful in your chosen career and nothing will stop you from trying.

    mantaps... :D 
     
    What are you most afraid of:
    You are afraid of having no one to rely on in times of trouble. You don't ever want to be unable to take care of yourself. Independence is important to you.
     
    You are afraid of things that you cannot control. Sometimes you show your anger to cover up how you feel.

    control freak
     
    Who is your true self:
    You are mature, reasonable, honest and give good advice. People ask for your comments on all sorts of different issues. Sometimes you might find yourself in a dilemma when trapped with a problem, which your heart rather than your head needs to solve.

    You are mature, reasonable, honest and give good advice. People ask for your comments on all sorts of different issues. Sometimes you might find yourself in a dilemma when trapped with a problem, which your heart rather than your head needs to solve.

    hmmm...

    Wanna find out yours?


    • Digg
    • Del.icio.us
    • StumbleUpon
    • Reddit
    • RSS
    Read Comments

    Ngegambar Orang

    Bagian yang paling males dah klo psikotes.. ngegambar orang!
    Gua paling ga bisa ngegambar orang.. tepatnya sih emang gabisa ngegambar.. apalagi gambar orang.. hadeuh... Duh apa ya hasil psikotes tadi dari gambar orang yang gua gambar.. ckckckckckckck..

    Yang pasti.. di bagian itu kan ada keterangan yang harus dikasih..
    siapakah dia? 
    aktivitas yang sedang dilakukan?
    jenis kelamin?
    usia?
    3 sifat positif?
    3 sifat negatif?
     
    Hmm.. waktu lagi inspirasi mau gambar apa.. begitu baca "aktivitas yang sedang dilakukan.." tadaaaa... sesosok orang muncul di otak gua.. Oiya.. ini ikut psikotes gini udah 3 kali.. jadi yaaaa, benernya sih udah tau bakal ditanyain tu orang yang digambar lagi ngapain, tapi begitu baca kata-kata itu..
     
    Yeh.. jadi juga gambarnya.. untung bukan tugas seni rupa yang dikasih nilai.. :p


    • Digg
    • Del.icio.us
    • StumbleUpon
    • Reddit
    • RSS
    Read Comments

    ITB..ITB..ITB

    ITB.. hmm, tampaknya udah mulai kangen ama ni tempat.. padahal 2 minggu lalu juga masih ke ITB. Hmmm, beberapa foto ITB yang aku ambil sendiri..

    Waktu lagi stres, galau ngelab.. akhirnya jalan-jalan ke selasar Lt.2 .. liat-liat sekeliling.. terekamlah foto ini.. foto "Indonesia Tenggelam". "Indonesia Tenggelam" itu nama kolam yang ada di ITB, di tengah-tengah Plaza Widya, di tengah-tengah kerumunan 4 Labtek kembar. Ubin di dasar kolam itu diatur sedemikian rupa membentuk peta Indonesia.. Nah, udah agak kebayang kan kenapa namanya "Indonesia Tenggelam". Duh, tapi namanya kok ga membangun banget ya.. masa tenggelam gitu.. hahahaha. Di sekeliling si kolam itu ada lingkaran hitam, nah lingkaran hitam itu terdiri dari beberapa segmen yang bertuliskan jurusan-jurusan yang ada di ITB. Sayang, waktu difoto itu kolamnya belum dibersihin.. jadi ijo-ijo gitu deh warna airnya..

    "Indonesia Tenggelam", Kamis 3 Maret 2011, 10:28




    Foto berikutnya, Pusat Gema.. yang sampe sekarang ga tau yang mana sih pusat gemanya.. hahahaha.. Terlalu malu untuk mencoba.. Apakah bulatan yang dekat orang yang lagi jalan itu, atau bulatan yang agak di belakangnya itu? nda tau :(. Yang pasti ini tempat penting untukku.. hahahahahaa.. 
    Hari kedua kuliah.. berdasarkan buku biru itu.. kelasku itu di 9012. Udah mepet.. aye masih belum tau tempatnya di mana.. untung ketemu orang sekelas yang udah kenal. Terus ceritanya harus nurunin anak tangga itu.. Nah, karena sotoy, aku malah ngajak pake jalur sepeda.. (tuh yang dipinggir-pinggirnya yang ada pager) yang dikirain lurus doang, ternyata berkelok-kelok.. Jadi lebih lama.. ahahahaha.. Eh ternyata, kelas aye bukan di 9012 deng.. itu untuk K-01, aye kan K-02.. ckckckckkckc..

    Foto pusat gema ini diambil dari labkom yang baru (Lt.3).. hehehe, jendelanya mengarah ke pusat gema.

    Pusat Gema, 6 Mei 2010, 08:44


    "Itu ada pelangi.." "Mana? -pada ngeliat ke atas..".. "Itu di kolam :P" Pelangi di Indonesia Tenggelam :) di ambil dari tempat nongkrong anak-anak farmasi.. Selasar Lt.1 :D

    Somewhere over the rainbow :) lupa tanggal berapa..


    • Digg
    • Del.icio.us
    • StumbleUpon
    • Reddit
    • RSS
    Read Comments

    Thanksgiving Thursday: Resume

    Yes I know.. it is Sunday.. I skipped two Thanksgiving Thursdays, so before I make it three... better to write it now.

    Thanksgiving Thursday ini program yang diadain ci Shinta supaya kita hitung-hitung berkat Tuhan.. nah, minggu ini (hmm.. kayanya sih masih masuk) ke minggu kelima. Untuk yang mau ikutan dan mau baca postingan dari yang lain, silakan klik di sini.


    I choose "RESUME" as the title because.. it means:
    1. to begin again or go on with (something adjourned or interrupted)
    2. to summarize
    3. a summary of your academic and work history

    Hari Kamis minggu lalu, sibuk nyiapin CV..soalnya hari Jumat ada career days di kampus.. Bikin (tepatnya ngedit) CV susah-susah-gampang. Tapi yang paling susah itu.. MULAInya.. setelah dimulai, ternyata ya lancar juga ampe akhirnya beres. Hari Jumatnya, masukin ke 1 perusahaan aja. Soalnya, kebetulan di career days itu mayoritas perusahaan teknik kaya tambang, minyak, pokonya yang first requirement-nya itu ENGINEER.

    Saat ngedit CV... ada banyak hal yang kusyukuri.. 
    I'm graduated from a reputable university, with a good GPA.
    Sempet KP di perusahaan yang bagus. Perusahaan yang jadi cinta pertamaku.. hahaha. Bisa KP di perusahaan itu pun, sebuah keajaiban.. karena waktu pengambilan undian siapa yang KP di tempat itu aku ga dapet... eh tapi akhirnya bisa tukeran-tukeran-tukeran dan akhirnya masuk deh ke perusahaan itu sebagai anak PKL :P

    Seminggu itu jadi sering ke kampus juga dan melihat kalau si perusahaan itu lagi buka lowongan kerja.. jadi apply juga deh ke perusahaan itu. Rabu ini akan ada sesi wawancaranya. 

    Selain karena bikin CV, 2 hari Kamis itu.. kenapa aku ga nulis thanksgiving Thursday.. aku punya banyak masalah dengan diriku sendiri.. I fought with myself.. terus ngerasa ga layak deh untuk ngebagiin soal thanksgiving.. bahkan di 2 minggu ini rasanya sulit banget untuk bersyukur.

    Baru saja terlintas.. hmm, emang bisa ya bersyukur, "Tuhan terima kasih kemaren itu aku jatuh lagi.." dan kayanya Tuhan ngomong, "Jadi tau kan kalau ada yang selalu angkat kamu.. Jadi tau kan ada yang sayang kamu tanpa syarat."

    Bersyukur dalam segala hal.. ga gampang.. 
    Tapi yang aku tau.. aku bisa melakukan apapun dalam Tuhan yang kasih kekuatan.

    be blessed :)


    • Digg
    • Del.icio.us
    • StumbleUpon
    • Reddit
    • RSS
    Read Comments

    Standard g'soft Oil Gel

    Bolpen ini adalah salah satu bolpen terbaik yang pernah saya pakai. 1 bolpen bisa digunakan untuk ujian pustaka, ujian laboratorium, kuliah 1 semester. Saya pakai yang tinta warna hitam. Warna hitamnya terang dan ga macet :D



    • Digg
    • Del.icio.us
    • StumbleUpon
    • Reddit
    • RSS
    Read Comments

    Thanksgiving Thursday : Apt.

    Hari Kamis.. it's Thanksgiving Thursday.. Thanksgiving Thursday ini program yang diadain ci Shinta supaya kita hitung-hitung berkat Tuhan.. nah, minggu ini udah minggu ketiga. Untuk yang mau ikutan atau mungkin cuma mau baca postingan dari yang lain, silakan klik di sini.

    Hari ini tepat 1 tahun aku dilantik dan diambil sumpah sebagai Apoteker. Bisa mencapai tahap pelantikan apoteker itu adalah sebuah anugerah untukku.. Kalau bukan Tuhan yang memberi kekuatan ga akan bisa lah..

    Untuk memperoleh gelar apoteker, aku harus lulus semua mata kuliahnya.. dan 1 SKS penentu: UJIAN APOTEKER. 

    Sekilas mengenai ujian apoteker 
    Ujian apoteker ini horor banget lah... mau yang siap ujian dan ga siap ujian pasti tetep TAKUT ga lulus. Ujian apoteker ini ada 3 tahap (ujian penelusuran pustaka, ujian laboratorium, sidang). Kalau ga lulus di tahap manapun harus ngulang di putaran ujian berikutnya, terus kena "denda" 400.000 (ga lulus di tahap I) atau 4 juta (ga lulus di tahap II atau III, karena udah pake bahan lab dan udah undang praktisi, pejabat kesehatan gitu deh). 

    Soal ujiannya itu berupa nama sediaan misalnya: SUSPENSI AMPISILIN 10 botol  tapi jawabannya bisa lebih dari 50 halaman.. Di ujian lab itu bisa masuk ke lab pembuatan, jadi bikin obatnya atau masuk lab pengujian mutu untuk analisis mutunya. Untuk sidang, ya disidang tapi bukan oleh dosen melainkan praktisi (apotek, rumah sakit, pemerintahan, industri).

    Dua ujian terdahulu
    Aku kuliah apoteker dengan temen-temen se-geng, kami juga ujian bareng.. 5 lulus dan 2 ga lulus (aku dan 1 temenku). Saat itu aku bisa terima karena yahhh.. emang sih persiapannya mentah banget.. Waktu itu juga udah daftar S2 jadi bisa mengawali kuliah tanpa kestresan ujian apoteker. Saat itu juga jadinya bisa bantu temen-temen di ujian lab. Ya, akhirnya aku bisa bersyukur, "Aku lebih berguna karena ga lulus ujian.. jadi bisa bantu temen-temen.". Juga amat bersyukur karena ga lulusnya di tahap I, dendanya masih ratus ribu belum juta.

    Saat mereka dinyatakan lulus tahap III, rasanya mau nangis karena aku ga lulus dari tahap I

    Ngulang ujian 7 bulan kemudian, temenku lulus, aku ga lulus.. Huaaaaa... sedih banget deh pas ga lulus yang kedua kali ( di tahap pertama juga).. rasanya hancur banget...
    Eh tapi di sini.. aku telpon temenku dan bilang:
    "Ci, aku ga tau rencana Tuhan untuk aku itu apa.."
    Itu mah sebenernya refleks aja, ga sungguh-sungguh.. soalnya bener-bener ga bisa terima aku ga lulus untuk kedua kalinya.. Tapi ya.. seperti yang lalu, aku jadi bantu-bantu temen-temenku lagi.. Senang bisa membantu :)

    Ujian yang ketiga kalinya
    Waktu dateng ke acara pelantikan temenku yang dilantik di bulan Mei 2010..
    aku denger sumpah apoteker untuk kedua kalinya.. tapi saat itu lebih ngena.. bukan ke sumpahnya sih.. tapi ke bagian penutupnya.. Entah kenapa penutupnya berbunyi seperti ini, 

    Untuk yang beragama Kristen Protestan dan Katolik:
    "Kiranya Tuhan menolong saya.."
    Jadi teringat dengan Yesaya 41:13:
    For I am the LORD your God, who takes hold of your right hand and says to you, "Do not fear.. I will help you."
    Ayat itu  langsung menjawab.. Tuhan bilang.. "I will help you." :)

    Disadarkan.. jangan bersandar pada kekuatan sendiri. Minta ampun sama Tuhan dan bener-bener berserah. Juga mempersiapkan diri dengan lebih baik. Simulasi ujian, nanya-nanya dosen, baca buku-buku.. "Senjata perang" pun dipersiapkan dengan lebih baik.

    Akhirnya: tahap I, aku membaca kata LULUS di sebelah namaku, masuk ke lab pembuatan..
    Soal ujian dan produk yang kubuat

    tahap II, LULUS, tahap III LULUS juga.. Terima kasih ya Tuhan.

    Sampailah pada hari itu.. Rabu, 6 Oktober 2010.. Pengambilan sumpah & Pelantikan Apoteker baru, resmi  sudah bergelar Apt.


    Sekarang.. bersyukur
    Dulu.. ga bisa bersyukur karena ketidaklulusanku.. Dulu ga tau rencana Tuhan itu apa... sekarang aku udah liat RENCANA TUHAN yang adalah rancangan damai sejahtera dan sangat bersyukur akan hal itu.

    Terima kasih Tuhan...
    Tuhan memberiku kesempatan untuk membantu temen-temenku, 
    Tuhan memberiku kesempatan untuk belajar lebih baik dan sekarang aku jadi lebih menguasai bidang yang tadinya itu blank banget. 
    Tuhan memberiku kesempatan untuk kenal buku-buku bagus. 
    Tuhan memberiku kesempatan untuk menolong lebih banyak orang.. 
    Tuhan membuatku tau rasanya dan mengerti perasaan jadi orang yang gagal dalam hal akademik.
    Tuhan memberiku rasa bangga untuk ketidaklulusan itu... Aneh kan kok bisa bangga..
    Tuhan juga memberiku kesempatan untuk menuliskan hal ini di sini.. :)


    • Digg
    • Del.icio.us
    • StumbleUpon
    • Reddit
    • RSS
    Read Comments

    Personalised Necklace

    You can give without loving but you can't love without giving.. I always think about giving something to my loved ones.. and I want it to be very personal, for example I usually make my own greeting cards.

    I love to write long words for my loved ones.. I used to use letter as communication tool.. Words can make someone feel cared, loved, inspired, etc. 

    Women.. most of them love jewelery. Try giving a necklace, it can be a jewelery and also part of fashion. And you don't have to get confused by the size like if you want to buy a ring :) 
    I believe most of us will very happy when get a very personal gift, personal gift is romantic gift :) Yes... give them personalised jewelery.. 

    How to make the necklace personal? Well, you can personalise it by attaching your message (love letter maybe) to the necklace.. Give a look to the personalised jewelery here..


    • Digg
    • Del.icio.us
    • StumbleUpon
    • Reddit
    • RSS
    Read Comments

    Drug Inventor

    Saat ini saya masih bingung mau kerja di mana.. kemarin saya sudah menulis tentang kerja sebagai pengajar (Pharmacy lecturer for the future). Minggu kemarin, saya ikut retreat dan sampailah pada topik Kesembuhan Ilahi. Pada topik ini tentu saja disebut-sebut mengenai kesehatan, nyambung-nyambung ke obat. Pendeta saya kemudian berkata seperti ini:
    Mungkin Tuhan itu bilang, "Semua penyakit itu ada obatnya... untuk AIDS itu obatnya daun ini + daun itu + bunga ini. Untuk kanker itu obatnya.. daun ini + daun itu. Semua tanaman ini beda-beda warnanya.. itu ada maksudnya..".

    Yang terbayang waktu mendengar itu.. game virtual villagers (yang ke-4 klo ga salah) yang memang pharmacist-nya itu nyampur-nyampurin herba-herba yang ada di pulau itu untuk bikin potion dengan kegunaan yang berbeda-beda.

    Waktu tingkat 1 dulu belajar yang namanya "Pengenalan Farmasi" di situ belajar farmasi zaman dulu itu kaya gimana. Dulu itu waktu orang belum kenal obat-obatan kaya sekarang, masih pakai tanaman sebagai obat. Nah zaman dulu mana ada tanaman-tanaman diuji dulu untuk tau gunanya.. Jadi, gimana dong mereka tau tanaman ini untuk penyakit ini dan itu? Mereka pake insting.. nope.. hikmat dan akal budi yang dari Tuhan pastinya..

    Kunyit warna kuning.. ooo ini untuk ngobatin penyakit kuning
    Wah daun ini bentuknya hati, untuk ngobatin penyakit gara-gara cacing hati nih...
    -dsb.dsb.dsb. (udah lupa... heheheheh)-

    Selanjutnya, karena itu adalah penemuan obat baru... eh nongol gambar ini di otak:
    Klo ga salah ini dari web Roche
    Gambar itu menunjukkan untuk mendapatkan 1 obat dibutuhkan uang, waktu, percobaan, peneliti yang banyaaaaaaakkkkkk banget. 1 juta CHF itu ~ Rp. 10 Triliun, 7 juta jam ~ 800 tahun (wew.. masa sih selama ini..), percobaan seabrek-abrek.. hadeuh... di komputer, di tabung reaksi, pindah ke cawan Petri, ke tikus, ke manusia akhirnya.. baru deh dipasarkan. Setelah dipasarkan belum berakhir loh.. masih mengawasi obat itu, apa ada keluhan dari konsumen. Kalau obat itu ternyata memberi efek yang merugikan bisa ditarik dari pasaran. Duh, kalau udah begitu kasian ya sama produsennya.. udah mahal-mahal investasi tapi obatnya ditarik dari pasaran.

    Hmm.. dapet sinyal untuk terlibat dalam penemuan obat baru nih... Tuhan berikan saya peneguhan untuk hal-hal ini.. :)


    • Digg
    • Del.icio.us
    • StumbleUpon
    • Reddit
    • RSS
    Read Comments

    Jangan Terlalu Serius Urusan Jodoh

    Beberapa minggu lalu saya mendapat email dengan subjek: Jangan Terlalu Serius Urusan Jodoh. Nah berikut isi email tersebut:
     
    Berikut ini adalah tulisan yang ditulis oleh Bill Bracy, salah satu produser CBN internasional yang berpusat di Virginia Beach Amerika. Tulisan ini meskipun akan membuat Anda tertawa, namun bagi yang masih men-jomblo terdapat pesan ampuh yang tersirat yang akan membantu Anda segera melepas status jomblo Anda. Simak kisahnya:

    Beberapa tahun lalu, ketika saya sedang putus asa mencari pacar, maksudnya mencari isteri, saya membaca sebuah kisah tentang Abraham yang mengutus pembantunya pergi untuk mencarikan anaknya seorang isteri.

    Pembantu Abraham pergi ke sebuah sumur, tempat wanita-wanita setempat biasa mengambil air setiap hari. Disana dia mulai berdoa. Dalam doanya dia meminta agar bertemu dengan seorang wanita yang mau memberi dia dan unta-untanya minum. Jika ada, maka pastilah ia wanita yang tepat.

    Belum selesai doanya, datanglah Ribka, menawarkan air untuknya. Benar-benar wanita sempurna yang memenuhi kategori dalam doanya. Maka jadilah Ribka sebagai isteri Ishak, anak Abraham. Kisah itu membuat saya berpikir selama beberapa waktu, mungkin tidak ya, kisah itu terjadi dalam hidup saya.

    Saya mulai tertawa sendiri. Aneh sekali kalau kisah itu diterapkan dalam kehidupan modern seperti sekarang. Itu artinya saya harus pergi dulu ke pedesaan, dimana terdapat sumur yang masih dipakai warga sebagai sumber air. Tunggu dulu, bukan harus saya sendiri yang pergi. Menurut kisah itu, saya harus punya seorang pembantu. Pembantu? Gaji sebulan untuk diri sendiri saja pas-pasan. Kembali saya tertawa lagi. Ah, sudahlah!

    Malam itu saya pulang agak malam karena ada jadwal bermain tenis meja dengan beberapa rekan sekerja. Menuju pulang saya merasa sangat haus dan kemudian memutuskan untuk mampir ke dispenser kantor dekat pintu keluar, saat tiba-tiba seorang wanita mendahului saya dari belakang, membawa sebuah gelas.

    Di benak saya hanya ada satu hal "Wah, keduluan deh! Buruan mbak, haus banget nih!" Tiba-tiba wanita itu menoleh dan berkata "Kamu mau minum juga? Saya bantu ambil yaa..." Kemudian dia mulai mengambilkan saya air...".

    Senyum dan kalimatnya seperti bom Hiroshima dan Nagasaki di telinga saya. Saya teringat tentang semua kisah Abraham yang saya baca. Di depan wanita itu saya bengong cukup lama. Terngiang semua doa-doa saya dalam mencari kekasih. Inikah wanita yang akan menjadi isteri saya? Kira-kira dia suka saya atau tidak, ya? Inikah ibu dari anak-anak saya nanti?

    Seketika saya sadar dan berusaha kembali tenang, sambil tetap meyakinkan diri bahwa saya tidak bau badan dan nafas saya biasanya cukup segar. Aduh, saya bodoh sekali! Ini kan hanya pertemuan tidak sengaja selama beberapa detik, bisa-bisanya saya berpikir sejauh itu. Saya teguk air sebanyak mungkin dan menarik nafas panjang untuk menghilangkan tanda-tanda keanehan yang mungkin sejak tadi jelas terlihat olehnya.

    Cerita diatas terjadi 25 tahun lalu. Diperlukan 2 tahun penuh bunga, permen, kue, film, puisi romantis dan sebuah cincin untuk akhirnya meminta "wanita dispenser" tadi untuk menikahi saya. Tuhan telah menolong Abraham dan saya dengan cara yang kurang lebih sama.

    Jadi kalau anda seorang pria atau wanita yang sedang berjuang mencari isteri atau suami, berdoalah, dan jangan lupa minum hari ini!


    • Digg
    • Del.icio.us
    • StumbleUpon
    • Reddit
    • RSS
    Read Comments

    The Prayer

    I will pray for you every day.. no.. every time I remember you.. I pray to our God that He gives you strength so you can do anything through Him.. I pray He gives you health..health is not everything, but without health.. everything is meaningless. I pray He gives you wisdom so you can act wisely. I pray He guards you so you won't get lost.. but if you do.. I know He is the good shepherd that will leave the other 99 to find you. God, let your will be done. I put this pray in the name of Jesus. Amen..

    I pray you'll be our eyes, and watch us where we go,
    And help us to be wise, in times when we don't know
    Let this be our prayer, as we go our way
    Lead us to a place, guide us with your grace
    To a place where we'll be safe...

    La luce che tu dai - I pray we'll find your light
    Nel cuore restera - And hold it in our hearts
    A ricordarci che -When stars go out each night
    L'eterna stella sei

    Nella mia preghiera - Let this be our prayer
    Quanta fede c'e - When shadows fill our day
    Lead us to a place
    Guide us with your grace
    Give us faith so we'll be safe

    Sognamo un mondo senza piu violenza
    Un mondo di giustizia e di speranza
    Ognuno di la mano al suo vicino
    Simbolo di pace e di fraternita

    La forza che ci dai - We ask that life be kind
    E' il desiderio che - And watch us from above
    Ognuno trovi amor - We hope each soul will find
    Intorno e dentro a se - Another soul to love

    Let this be our prayer - Let this be our prayer
    Just like every child - Just like every child
    Needs to find a place, guide us with your grace
    Give us faith so we'll be safe

    E' la fede che
    Hai acceso in noi
    Sento che ci salvera


    • Digg
    • Del.icio.us
    • StumbleUpon
    • Reddit
    • RSS
    Read Comments

    Pharmacy lecturer for the future

    Iseng-iseng googling nama sendiri... Eh, muncul namaku di blogroll-nya temen. Ga seperti blogroll biasanya, temenku ini menulis "predikat" untung masing-masing penulis blog. Di sebelah namaku tertulis ini: "Pharmacy lecturer for the future". Membaca itu jadi mengingatkan diriku lagi akan "mau di bawa ke mana gelar yang telah kugondol dengan susah payah ini.". Beberapa hari yang lalu, cici Aci nanya.. "Gimana Gracie, udah dapet kerja?" "Belum Ci..". "Gracie... kamu harus tentuin arah kamu mau ke mana, sayang kan punya gelar masa ga kerja?".. "Iya Ci... aku juga mau kerja..."

    Kembali lagi ke "Pharmacy lecturer for the future". Beberapa tahun lalu, saat masih S1.. iseng-iseng ngobrol ama cici Feli (semua orang gua panggil cici ajah ahhh... emang iya kan kalian para ciciku). Kata cici Feli, "Wah lu klo jadi dosen, pasti kaya si ibu L."  BWAHAHAHAHAHAHHAHA.. Iya sih.. panutanku emang si ibu L dan si Pak E. 

    Memang ya dengan gelarku itu.. tempat yang pas itu dunia kampus (jadi dosen) atau ga jadi peneliti..

    Tahun lalu.. lagi kuliah S2 disuruh jadi PimPrak dan tentunya saya sangat BAHAGIA. hahaha... Angkatan 2009, kalian murid-murid pertamaku... huhuhuhuhu.. my first born.. hahahahhahahha.. Jadi PimPrak itu sebenernya beban loh. Kan megang dua kelas nih (reguler dan internasional), si reguler itu hari Senin, si internasional hari Jumat.. Teorinya kan Selasa-Kamis bisa dipake untuk nesis (bikin tesis)... kenyataannyaaaaaa... Selasa-Jumat pasti dipake tu anak-anak untuk bikin pereaksi dan kalau ada apa-apa pasti, "Kak Grace......." (tapi sekarang kangen deh dipanggil-panggil mereka...hiks)
    Nih ya dalam seminggu itu, menu lebaynya kaya gini: Senin praktikum reguler, Selasa mikir praktikum reguler  yang selanjutnya.. mulai belajar gitu, juga mikir praktikum internasional yang Jumat, karena pas praktikum reguler pasti muncul unpredictable things yang harus dicegah di praktikum internasional dan kadang disuruh ngasih responsi buat anak reguler, Rabu hmm... jadi asisten di praktikum internasional yang laen hahaha (masih 2009), bikin slide buat responsi praktikum internasional, ada kuliah juga sorenya, Kamis ngasih responsi internasional, Jumat praktikum internasional, Sabtu-Minggu bikin tes awal.

    Selama ngasisten selama beberapa tahun.. paling berkesan itu di tahun terakhir.. saat jadi PimPrak. Rasanya timbul suatu beban untuk membuat para peserta praktikum itu tidak mengalami hal yang sama saat aku masih peserta praktikum (beneran deh, jadinya aku sering inget-inget, buka-buka buku praktikum dulu.. melihat ada catetan apa, melihat kekesalanku dulu itu apa sama asisten, sama materinya.. ga ngerti materinya di mana..). Nah, di taun itu juga tiba-tiba bisa bilang gini: TEACHING IS MY PASSION. Saat jadi PimPrak juga ngerasa yang namanya belajar paling efektif (untukku) adalah belajar dengan tujuan untuk mengajar orang lain, soalnya belajarnya jadi sampe ngertiiiiiiiii dan bisa disusun dengan kata-kata sendiri kan (jelas tidak berlaku untuk penganut sistem SKS).

    Hal-hal di atas tuh kok kayanya mengarahkanku ke 1 pekerjaan: Pengajar. Banyak orang yang bilang aku memang cocok jadi pengajar... hmmm... Tapi, mengajar itu bukan berarti ngajar di kelas kan? 

    To teach doesn't mean I have to teach in a classroom. 
    Itu kata-kata yang aku siapkan kalau ditanya pas interview, "Kenapa interest-nya teaching tapi ngelamar kerjanya ke industri?" 
    Pharmacy lecturer for the future... will I?


    • Digg
    • Del.icio.us
    • StumbleUpon
    • Reddit
    • RSS
    Read Comments

    Lean not on your own understanding

    Di facebook lagi ada aplikasi yang banyak dipake orang..yaitu aplikasi untuk mengetahui temperamen seseorang. Nah, tentu saja gua ikutan. Hasilnya udah bisa ditebak: Melankolis. Waktu baca deskripsinya.. ya hahahahahhaa.. gua banget!!

    Memiliki daya analitik yang kuat.. bla..bla..bla... Yah, mungkin karena itu juga akhirnya nyemplung di KK Analisis.. hahahahaha.. Nah, pas baca kata-kata itu jadi inget kejadian sebelumnya. Di mana gua make kemampuan analisis gua yang kuat itu...jadinya sih sebenernya yah... takut sendiri. Gara-gara itu malah jadi merusak hubungan dengan seseorang. Ternyata lebih dari itu, merusak hubungan dengan Tuhan juga. Baru nyadarnya tadi pagi.. Setelah dipikir-pikir.. waktu jadi takut sendiri itu jadinya malah ngatur-ngatur Tuhan.

    "Ga bisa gini Tuhan... Harus gini Tuhan... "

    Akhirnya, kenyataan mengatakan hal lain.. tapi tetep ga nyadar juga...

    Kemarin.. setelah mengetahui kenyataan yang lebih dalam, baru deh...
    • Liat kebaikan Tuhan yang bener-bener tanpa syarat
    • Nyadar juga akhirnya gua itu ga berserah sama Tuhan.. semuanya aja dipikir dengan hikmat sendiri..
    • Saat mikir dengan hikmat sendiri adanya.. kemustahilan. Tapi kalau berserah sama Tuhan... yang mustahil itu jadi nyata.

    Jadi hari ini diingetin lagi:
    LEAN NOT ON YOUR OWN UNDERSTANDING!!

    Trust in the LORD with all your heart and lean not on your own understanding; 
    (Proverbs 3:5)

    Percayalah kepada TUHAN dengan segenap hatimu, dan janganlah bersandar kepada pengertianmu sendiri.  
    (Amsal 3:5)



    • Digg
    • Del.icio.us
    • StumbleUpon
    • Reddit
    • RSS
    Read Comments

    Under Construction

    Blog ini mau diotak-atik dikit... Mau ngelebarin area-nya. Template ini terlalu sempit.. area blognya cuma 675 px, jadi mau dilebarin jadi 800px (tadinya mau jadi 1000px sekalian.. tapi takut nya malah kepotong tampilannya). Ganti design sekalian deh, eh tapi aye ga punya bakat design.. hahahaha.. Untuk ganti body wrappernya sih gampang, begitu top frame dan bottom frame... langsung bingung. Laen kali deh untuk ganti design.

    Jadi, dalam proses pelebaran ini.. yah template-nya cuma dilebarin. Tapi "cuma ngelebarin" juga perlu mikir ekstra. Wong, kaga ngarti CSS, dan ternyata yang harus diubek-ubek itu adalah CSS nya.. Beruntunglah ada program keren yang amat sangat membantu dalam  proses ini..

    Selain itu, gara-gara tempat hosting untuk top frame nya rusak jadi deh top frame-nya ga keluar :(. File nya udah ga tau di mana (yang udah dimodif). Jadi deh.. ya udah lah ganti aja top frame-nya juga.

    Kenapa ga sekalian ganti template.. toh banyak template bagus di luar sana... Ya soalnya template yang ini udah diotak-atik juga sebelumnya.. di-SEO-in walau ga tau ngaruh atau ga.. hahahahhahahaa.. 

    Semoga blognya ga jadi ancur.. hahahahhahaha :D
    klo ancur.. ya balik lagi dah ke yang versi sebelum di-modif :D

    Tapi ya walau "under construction" blog ini masih bisa diakses..

    Wah ternyata ga jadi ancur kok.. hahahahhahaha.. cepet juga ngerjainnya.. (kan tinggal copas :D)

    Akhirnya, bisa menghilangkan kata "the blog of" soalnya dulu ga tau gimana cara ngilangin title nya supaya ga muncul...  ternyata tinggal bikin font-size nya jadi 0. Yeay.. This blog back to rosadora again.. I LOVE IT :D

    Akhirnya font-size untuk blog post nya agak gede.. tadinya agak kecil. Kalau ganti dari text editornya jadi larger ya kegedean... ternyata ya di CSS lagi kuncinya.. cuma dinaikin 1 point aja yeay.

    Untuk side bar.. sekarang lebih lebar. Jadi bisa agak leluasa di side bar itu..

    Untuk comment... belum ketemu.. paling-paling di CSS lagi sih..

    Wah.. jadi belajar CSS nih.. Thanks God..

    Pokonya selama days off ini harus belajar hal-hal baruuuuuuu

    yeay


    • Digg
    • Del.icio.us
    • StumbleUpon
    • Reddit
    • RSS
    Read Comments

    Thanksgiving Thursday: Days off

    Day off, berdasarkan The Free Dictionary, ada dua arti:
    1. Hari/waktu di mana kamu tidak perlu bekerja
    2. Liburan

    Sejak beres kuliah bulan Juli sampai hari ini akhirnya merasakan yang namanya DAYS OFF.. 7 tahun tidak henti-hentinya kuliah..Untuk thanksgiving thursday ini bukan untuk seminggu jadinya.. tapi ya kurang lebih 2 bulan.. hehehe.
    Selama days off ini, ada banyak hal yang patut disyukuri. Days off, emang sih kesannya idle, nganggur gitu, tapi walau begitu, ada banyak hal yang terjadi selama days off itu :D
    1. Sebelum wisuda, udah dapet kerjaan pertama: Sebagai dosen pengganti.
      Waktu itu lagi butuh duit banget.. Soalnya urusan keluar dari kampus itu ngabisin banyak banget biaya.. Pas dapet kerjaan ini seneng banget.. Wah Tuhan emang tau aja aku lagi butuh uang.. Tapi, honornya belum dibayar-bayarin sampe sekarang eh tapinya lagi.. aku dapet berkat lain :D
    2. Aku dan adikku diwisuda di periode wisuda yang sama. Kokoku yang sekolah di luar negri juga diwisuda di waktu yang berdekatan (beda 1 bulan). Jadi, tahun ini muncul 3 sarjana baru di rumah. Koko (PhD), aku (M.Si.), adikku (S.Si.). Bisa diwisuda di periode ini jujur aja keajaiban. Kalau bukan Tuhan yang campur tangan, koko harusnya belum bisa PhD taun ini, aku.. penelitianku bikin pusing ga tau apa yang harus dibahas, pokonya ajaib banget dah waktu itu bisa maju seminar dan sidang. Adikku... dulu pas sekolah wah dia mah paling mengkhawatirkan lah.. Eh, ternyata dia bisa lulus tepat waktu dengan predikat CUM LAUDE pula.. Penelitian dia lancar jaya.. bahkan hasil penelitian dia itu support penelitianku.. hahahhahahaha.. Tuhan emang ajaib. Topik tesisku dan topik tugas akhir dia bisa sama.. padahal kami beda jurusan, beda fakultas, beda pembimbing....
    3. Ikut job interview pertama kali.. langsung di perusahaan  besar.. lolos di tahap awal, tapi ga ada kelanjutannya sampe sekarang. Tuhan akan tempatkanku di tempat yang tepat. Walau pengen banget kerja di tempat itu... keren kayanya.. hahahaa. Tapi ya percuma juga kalau cuma mengejar "kekerenan" itu.
    4. Lanjutan dari No. 1, nah jadi dengan duit yang seada-adanya yang tinggal segitu-gitunya aku beliin hadiah kelulusan untuk juniorku. Aku beliin dia NIV Bible, dia emang udah pengen banget punya NIV Bible. Seperti diketahui, NIV Bible itu ga murah tapi aku beliin juga.. karena aku berharap dia bisa tau, hafal, kenal, menghayati ayat-ayat Alkitab dalam bahasa Inggris. Emang aku ga bilang ke dia langsung tentang tujuan yang satu ini.. tapi harusnya sih dia ngerti maksudku itu. Aku kasih dia hadiah itu di suatu hari Kamis. Dia seneng banget.. iya dong pasti :D Ya udah, liat dia seneng aku juga seneng.
      Malemnya, ada acara di gereja.. berhubung anggota keluarga lagi lengkap karena si koko lagi pulang ke Bandung, jadilah kita sekeluarga pergi ibadah bareng.. padahal biasanya klo ada acara kaya gitu yang pergi cuma mama papa aja.. hehehe.. Nah, pas di gereja.. ibu gembala manggil-manggil aku dan adikku terus ngasih bungkusan gitu ngucapain selamat atas kelulusan kami. Pas pulang, dibuka deh bungkusannya... isinya Alkitab (bahasa Indonesia) dan amplop berisi uang tentunya... yang jumlahnya lebih dari 2 kali lipat harga NIV Bible yang aku beliin untuk juniorku itu. Emang ya.. Tuhan ga pernah utang sama kita. Ajaib banget deh Tuhanku ituuu....
    5. Diberi jawaban atas 3 pertanyaan yang mengganggu ketenangan hidup.
      Jadi, suatu hari aku minta tanda sama Tuhan atas 3 perkara.. dalam waktu yang sesingkat-singkatnya, dapet jawabannya. Tapi ada tindakan-tindakanku yang salah, jadinya yaaaa... kecewa deh, marah sama Tuhan. huhuhuhuhuhu.. kalau inget-inget itu rasanya bodo banget sih gua, yang salah kan gua bukan Tuhan..
    6. Diberi kesempatan kerja di kampus walau harus dilepas juga. Padahal udah kebayang banget kalo kerja di kampus itu bakal ngapain, mau ngapain, bisa ngapain.. Walau gajinya agak-agak di bawah standar.. hahahaha..Duh apa ini bukan tempat yang tepat juga ya? Aku jadi bingung mau kerja di mana ini.. huhuhuhuhu... Tapi ini juga yang Tuhan ingatkan:
      Apapun juga yang kamu perbuat, perbuatlah dengan segenap hatimu seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia.
      Kamu tahu, bahwa dari Tuhanlah kamu akan menerima bagian yang ditentukan bagimu sebagai upah. Kristus adalah tuan dan kamu hamba-Nya.
      (Kolose 3:23-24)
      Jadi, di manapun Tuhan tempatin aku (bukan di tempat yang aku mau sekalipun), aku harus kerja dengan segenap hati.
    7. Dikasih ujian, dikasih masalah emosional... yang sampe sekarang ga beres-beres. Tapi dibalik masalah itu, dibalik ujian itu.. aku jadi ngeliat, Tuhan mau aku naek level.. yah, tapi seperti ujian apotekerku yang 3 kali itu, ujian yang ini juga kayanya ga langsung lulus deh... Manusia menajamkan sesamanya. Tuhan pakai orang di sekitarku untuk membuatku naek level. Dengan beberapa orang tertentu masalah bukannya makin beres kok malah makin kacau ya... hatiku masih keras untuk masalah itu... Masalah dengan orang lain mulai dibenahi, Thx Lord.. Tuhan selalu kasih cara supaya akhirnya masalah itu bisa dibicarain. Jadi, ya.. aku harus belajar untuk ngelembutin hati. Ga gampang.. barusan aja ngerasin hati lagi..
    8. Ketemu 2 blog (blognya ci Lia dan ci Shinta) dan 1 majalah (Majalah Pearl) yang sangat memberkatiku. Kerjaan pas days off ini didominasi dengan internetan.. untunglah ketemu tempat yang tepat. Aku bukan orang yang suka nyari-nyari buku rohani, baca buku rohani juga ga pernah..
    9. Belajar soal Godly Relationship dari blog ci Lia, ci Shinta juga majalah Pearl.
      Setelah lulus kuliah, yang dipikirkan adalah melamar kerja atau menunggu dilamar. hahahahahaha. Tapi ya, aku ga ngerti apa-apa soal relationship. Lalu, datanglah suatu hari di mana ada orang yang share blog ci Lia yang "Save you first kiss". Jujur aja sebenernya aku ga mau buka link itu.. Tapi akhirnya aku buka link itu dan bener-bener diberkati. Aku baca blog ci Lia dari awal tapi ada yang kelewat-kelewat juga. Rasanya bener-bener dibuka hal-hal baru yang selama ini emang ga pernah kepikiran, yaitu soal Godly Relationship. Selama ini ya soal relationship yang aku tau relationship secara dunia.. dari blog ci Lia, dibawa ke blog ci Shinta.. sama, aku juga baca blog ci Shinta dari awal, ngeliat gimana Tuhan bekerja, betapa Tuhan itu baek banget, dan bagian ini nih: God loves to spoil her... I believe He loves to spoil me too :D. Setelah itu ke majalah Pearl.. aku bukan orang yang suka baca majalah, majalah itu tebel.. 90 halaman, tapi aku ga ngerasa bosen bacanya..dan pastinya merasa diberkati.
    10. Jadi penasaran sama visi hidupku.. Waktu kuliah apoteker dulu, pernah dikasih tugas soal visi-misi... ya ampun setengah mati ngerjain itu tugas. Bener-bener ga tau visiku itu apa. Ternyata visi itu penting banget. Hal ini ga pernah dipikirin..  abis kuliah cari kerja.. ga peduli Tuhan ciptain aku untuk apa.. yang penting hidupnya ga ancur, udah itu doang deh. Makasih banget Tuhan, Engkau ingatkan klo aku diciptakan sebagai alat-Mu. Aku mau jadi kursi yang dipakai jadi tempat duduk, bukan jadi kursi yang dipake buat ngelemparin orang. Duh tapi sekarang kok udah jarang didoain ya. Ayo doain lagi.. doain lagi...
    11. Hubungan dengan Tuhan mulai dibenahi.. walau masih jatuh bangun.. Sejak penelitianku kacau balau ga jelas itu... akhirnya aku bener-bener ketemu Tuhan, bener-bener ngerasa kalau aku ini bukan apa-apa tanpa Tuhan.
    12. Ikutan Baksos... awalnya sih niatnya mau jadi apoteker yang baik dan benar.. tapi kenyataan di lapangan itu bener-bener di luar idealisme.. Jadi sedih karena belum bisa jadi apoteker yang bener-bener memberkati. 
    13. Diingatkan supaya ga sombong (lewat tulisan ci Shinta yang "Being a Follower of Christ in a digital era").. niatnya sih bagus awalnya mau membantu.. tapi ujung-ujungnya jadi minta "credit" ya... mau diinget.. mau dianggap berjasa... haduhhh... padahal kan gua bukan apa-apa.. only tool.
    14. Diingatkan soal, "that man"... will that man be good father for my children? (Mencari Ayah yang Baik untuk Anak - Anakku)
    15. Ikutan program Thanksgiving Thursday :D
      Program Thanksgiving Thursday itu program yang diadain sama ci Shinta yang tujuannya adalah untuk ingat berkat-berkat apa aja yang udah kita dapet dan bersyukur atas semua itu..
    Who am I that You are mindful of me
    that You hear me when I call?
    Is it true that You are thinking of me?
    How You love me it's amazing

    I am a friend of God
    He calls me friend


    • Digg
    • Del.icio.us
    • StumbleUpon
    • Reddit
    • RSS
    Read Comments