Masa Tenggang Esia

Saya dititipkan nomor esia yang harus dijaga agar tidak hangus. Tentunya penting untuk mengetahui kapan harus mengisi kembali pulsa ke nomor tersebut. Karena nomor tersebut pasif (tidak digunakan), maka saya harus ingat kapan masa tenggang nomor itu berakhir.


Tapi.. aneh sekali, tidak seperti operator seluler lainnya yang memberi tahu kapan masa tenggang berakhir, operator esia ini tidak memberi tahu kapan masa tenggang berakhir. Padahal seingat saya saat awal-awal saya mulai menggunakan esia, saya dapat mengetahui akhir masa tenggang. Terutama saat sudah memasuki masa tenggang, saat cek pulsa melalui *555, akan diberi sms balasan yang berisi sisa saldo talk time dan akhir masa tenggang.

Saya akhirnya cek saja di web esia, myesia.com, mengenai informasi ini. Yang saya temukan adalah:
 Masa tenggang esia prabayar 30 hari.

Ternyata seperti kebanyakkan operator seluler lainnya. Padahal saya kira yang akan saya dapatkan, masa tenggang esia prabayar tidak terhingga.. hahahahaha *ngarep*..

Baiklah, semoga informasi ini berguna. Untuk orang-orang yang mendapat "kerjaan" seperti saya, harap saja rajin mencatat kapan masa tenggang nomor tersebut, agar tidak hangus nomornya :D



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

Crop Circle Love Phobia

Saat mendengar heboh-heboh crop circle di Indonesa, jujur saja saya malah teringat film Korea yang pernah saya tonton. Judulnya adalah "Love Phobia". Ternyata yang berpikiran seperti ini bukan hanya saya, saat saya iseng mencari di google, ternyata cukup banyak juga yang mengaitkan crop circle dengan Love Phobia.

Love Phobia menceritakan kisah dua orang pemuda-pemudi yang merupakan teman dari kecil. Yaitu Jo-Kang dan Ari (Jo-Kang = pemuda, Ari = pemudi, dan entah kenapa si Ari dipanggil Ari Ari dong dong.. hehehe, emang agak dong dong tuh :P). Mereka bertemu saat Ari pindah ke desanya Jo-Kang. Ari sudah menarik perhatian banyak orang dengan selalu memakai jas hujan berwarna kuning (walau tidak hujan) dan (seingatku) selalu membawa kadal. Ari bersekolah di tempat yang sama dengan Jo-Kang, tentunya ada perkenalan di depan kelas. Di saat itulah Ari memberi tahu mengapa ia selalu berpenampilan seperti itu. Dia bilang dia itu "sumber kesialan", jadi siapapun yang menyentuh dia akan sial. Dia menggunakan jas hujan dan membawa kadal itu untuk mencegah ada orang yang mendekatinya. Tapi, tentu saja kecuali Jo-Kang.. Akhirnya setiap Jo-Kang menyentuh Ari, pasti saja Jo-Kang sial, entah terluka atau sakit.

Beberapa tahun kemudian, saya mereka sudah dewasa... Ari sempat menghilang beberapa kali, Jo-Kang kebingungan Ari ada di mana. Jo-Kang bekerja sebagai teller di sebuah bank, suatu saat dia melihat ada Ari.. Ari duduk di kursi tunggu, Jo-Kang sedang melayani customer, tapi Jo-Kang tidak bisa konsen, dia takut Ari hilang lagi.. akhirnya Jo-Kang meninggalkan customer-nya dan langsung mendekati Ari yang sedang duduk. Apa yang dia lakukan? Dia melepas tali sepatunya dan mengikat kaki Ari ke kursi itu, supaya Ari tidak hilang lagi... Owwww...

Ari saat ditanya ke mana ia pergi selama menghilang selalu menjawab dengan jawaban yang mengherankan.. (Sepertinya ini yang ia jawab hehhe, udah agak lupa juga sih) Entah ditangkap godzilla, diculik UFO.. Kadang dia bilang kalau dia itu adalah makhluk luar angkasa.. Hahaha, khayalannya booo... Haduh apa rasanya ya waktu Jo-Kang denger itu? (kayanya setengah percaya setengah ga percaya.. hahaha)


Akhirnya setelah sekian lama ketahuan lah si Ari itu selama ini hanya membual (ya iyalah ya.. :P). Jo-Kang melihat Ari di rumah sakit.


Ternyata dia itu kena AIDS sejak kecil.. tapi dia hebat loh, dia tahu dia itu kena penyakit mematikan sejak kecil, dia tahu kalau dia bisa menularkan penyakit itu pada orang lain, makanya itu dia bilang sama pengasuhnya kalau dia harus pakai jas hujan dan bawa kadal itu supaya tidak ada orang yang dekat-dekat dia.. MANTAP.

Ya, selama dia menghilang, Ari itu sedang dirawat di rumah sakit. Agak-agak lupa gimana, Jo-Kang itu pernah melihat foto-foto crop circle (yang kalau ga salah foto-foto punya Ari). Saat ternyata Ari sekarat, Jo-Kang ingin menyenangkan hati Ari dengan "mengundang" UFO ya tentunya pake crop circle dong.

Jadi, dibuatlah crop circle oleh Jo-Kang (Nah, adegan inilah yang membuat saya tidak percaya crop circle di Indonesia itu adalah jejak UFO). Jo-Kang menghiasi crop circle tersebut dengan lampu-lampu..




Bagian ini.. romantis lah :D
 Jo-Kang membawa Ari ke tengah-tengah crop circle.. Tentunya Ari terharu..(saya juga...hahaha). Setelah beberapa lama mereka di sana, Jo-Kang nyeletuk, "Mana sih ni UFO, ga dateng-dateng.. apa mereka ga liat tanda ini?". Tapi tentu saja bukan film Korea kalau cowoknya ga romantis :P, Jo-Kang bilang lagi, "Tenang pasti ada UFO yang datang..." dan akhirnya... tada.. datanglah UFO kerlap-kerlip.. tapi, beroda dua.  Jo-Kang menaiki sepeda UFO (ada lampu kerlap kerlip di sepedanya) mengelilingi Ari. Argghhh.... romantis banget sih Jo-Kang.. Di sela tangis-menangis itu, Ari nyeletuk, "Jo-Kang, kenapa sih kamu itu percaya-percaya banget gua itu alien?".


Bagian ini.. hmmm, entahlah..
Ari pun tersentuh dan tentu mereka menangis jadinya... Tiba-tiba.. deng..deng..deng.. Ada cahaya terang dan Jo-Kang (juga saya yang nonton) hanya bisa bengong.

Ari menyuruh Jo-Kang untuk berbalik, jangan melihat dia, Jo-Kang pun menurutinya sambil menangis-nangis..
Setelah cahaya itu hilang, tidak diceritakan lebih lanjut, tapi saya yakin si Ari menghilang.

Aih..aih.. jangan-jangan beneran si Ari Ari dong dong itu emang makhluk ruang angkasa :P

Yang mau nonton sok cari aja di youtube.. banyak da.. :D


~Don't forget.. You are the first human that have dated an alien~ 
bwahahahahaha, memang kalau acting harus total :D

Lagu favorit:
Tirokaka kurukuru kandabia saurusia.. (Ari bilang kadalnya itu keturunan dinosaurus)
Whatever dari The Melody

Soalnya dari ampir 30 lagu di OST-nya cuma 2 (ternyata ada 3) ini yang ada kata-katanya.. hehehe.

Jo-Kang nya cakep.. hahahahah


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

Saya Ujian Apoteker 3 kali dan Saya BANGGA

Bangga? Bangga 2 kali tidak lulus??

Tentu saja saya bukan bangga dengan ketidaklulusannya. Tapi saya bangga karena dengan ketidaklulusan itu, saya bisa belajar banyak hal. Mungkin untuk yang lulus 1 putaran saja, ujian apoteker itu pengalaman yang hebat tapi untuk yang lulus setelah gagal 2 kali, tentu saja PENGALAMAN ITU AMAT SANGAT HEBAT SEKALI.

Ujian apoteker yang saya alami itu bukan ujian yang biasa-biasa saja. Ujian ini penuh dengan ketidaktentuan. Mulai dari pengambilan soal secara undian yang penuh dengan ketidakpastian. Yang dapat soal gampang ya gampang, yang dapat soal susah ya nasib. Dalam ujian ini dituntut untuk menjadi staf R&D yang harus membuat obat (dalam bentuk rancangan) dari nol hingga menjadi obat lengkap siap registrasi dalam waktu 2 hari 1 malam saja. Setelah itu dengan berbagai keterbatasan ketidaktahuan dituntut untuk tahu segala macam. Mengutip kata-kata seorang senior tentang ujian apoteker, yang akhirnya tidak merekomendasikan farmasi sebagai jurusan pilihan,
"Ini bukan ujian, ini kaya mau ke medan perang."

2 kali gagal membuat saya DITUNTUT untuk tidak gagal pada kesempatan ketiga. Apakah alasan itu tidak cukup kuat untuk memutuskan keluar dari proyek? Sehingga Anda mentertawakan saya dengan mengatakan pembimbing tesis saya menjadi tidak memperhatikan saya karena saya keluar dari proyek?

2 kali gagal membuat Anda berpendapat bahwa mau ikut tutorial atau tidak pun toh tetap saja gagal? Hal itu menunjukkan Anda menghina program Anda sendiri (ingat jabatan Anda sekarang).

Kepada orang yang dekat dengan orang yang 2 kali gagal dan 1 kali gagal membuat Anda menyumpahi orang itu untuk gagal juga? Apa Anda tidak mempunyai perasaan???
Ya..ya..ya.. Memang Anda langsung lulus saat ujian apoteker. Tidak bisakah Anda menaruh simpati pada orang-orang yang kurang beruntung seperti itu?

Saat kegagalan saya yang pertama saya berusaha kuat. Selain itu saya juga tahu diri melihat jawaban yang kacau balau itu.
Kegagalan saya yang kedua, rasanya untuk didramatisasi saya akan berkata seperti ini:
"I could cry 2 Liter of tears"

Anda memang tidak pernah berpikir rasanya saat tidak lulus. Rekan saya sampai tidak kuasa datang ke kampus sejak dinyatakan tidak lulus. Dia datang ke kampus saat memang ujian berikutnya akan mulai. Bayangkan perasaan saya saat hari ini saya tidak dinyatakan lulus, tapi saya harus tetap ke kampus esok harinya karena saya ada kuliah. Boro-boro saya bisa menenangkan diri dari kehidupan kampus. Bayangkan perasaan saya saat melihat tanda "HARAP TENANG ADA UJIAN APOTEKER" dan saya sudah dieliminasi dari ujian tersebut? Apa perlu Anda mengalami ujian apoteker kembali dan dinyatakan tidak lulus baru Anda bisa berhenti mentertawakan kegagalan saya ini?

Selama ini saya berusaha menerima hinaan Anda itu, dengan pembelaan diri saya yang terbatas. Tapi, hari ini Anda mulai menyumpahi orang lain.. Apa hak Anda?

-dan untuk 1 orang lain, Anda tidak bersekolah di tempat saya. Banyak orang dari sekolah Anda yang ingin bersekolah di tempat saya. Anda masuk blog ini karena Anda mencari sesuatu dan menemukan di blog saya. Berarti hal itu terpikirkan oleh saya dulu baru oleh Anda, apa maksudnya Anda menyebut saya lebih bodoh dari Anda? Apa parameter yang Anda gunakan untuk menilai saya payah, saya lebih bodoh dari Anda? Sebelum Anda menuliskan komentar seperti itu, pikirkan jika posisi Anda itu di posisi saya. Saya tantang Anda untuk mengikuti ujian apoteker seperti yang saya alami. Hahahahah.. untuk melewati ujian masuk ke sekolah saya saja Anda belum tentu bisa.-

Pernah mendengar kalimat ini?
"Ajarkan orang untuk memancing, maka ia dapat makan sepanjang hidupnya.
Berikan dia sepotong ikan, maka ia akan makan satu hari saja."


2 kali gagal membuat saya ingin mengajarkan junior-junior saya untuk "memancing" bukan hanya memberi "sepotong ikan" pada mereka.

Jadi, untuk orang-orang yang telah menjadikan kegagalan saya dalam ujian apoteker sebagai bahan lelucon..harap bayangkan jika Anda yang gagal dalam ujian tersebut dan kegagalan Anda itu dijadikan bahan tertawaan.

Apoteker... selain adalah rekan sejawat juga adalah saudara. Saudara macam apa yang menghina, mentertawakan saudaranya sendiri?


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

iPanelonline, Survei Online

Dalam kegiatan saya mencari uang di internet, tidak saya pungkiri mengisi survei online berbayar (paid online survey) adalah sumber penghasilan terbesar saya. Saya belum pernah menulis tentang survei, ini adalah tulisan pertama saya.. tapi saat ini saya mengikuti beberapa survei online dan 3 di antaranya telah membayar saya.

Panel survei pertama yang akan saya bahas adalah iPanelonline. Sebenarnya ini adalah program survei kedua yang saya ikuti. Jadi, agak tidak terurus oleh saya. Namun, akhir-akhir ini saya jadi agak sering mengecek program survei ini.

Pada iPanelonline ini setiap survei dinilai dengan poin. Untuk tiap survei akan berbeda poin yang diberikan, bergantung pada banyaknya pertanyaan atau bobot surveinya. 220 poin dihargai Rp. 20000 (1 poin ~ Rp. 90). 520 poin dihargai Rp. 50000 (1 poin ~ Rp. 96) dan 1020 poin dihargai Rp. 100000 (1 poin ~ Rp. 98).

Untuk mendapatkan poin, kita harus mengisi survei yang diberikan. Dulu, saya mendapat email pemberitahuan mengenai adanya survei tapi sering terabaikan karena masuk ke folder spam. Sekarang saya jarang mendapat email pemberitahuan, tapi saat cek ke web tersebut langsung, ternyata ada survei yang tersedia. Survei yang tersedia pun ada 2 macam yaitu survei dari sponsor dan survei sendiri (self survey) yang adalah survei yang dibuat oleh iPanelonline atau (saya rasa) oleh peserta. Survei yang diberikan pun cukup sering dan poinnya cukup besar (hari ini saja saya lihat ada yang sebesar 300 poin).

Saat mendaftar kita juga diberi poin, dulu saya mendapat 10 poin. Selain itu, poin dapat didapatkan jika kita merekomendasikan pada teman kita program survei ini (mencari referal).

Untuk pembayaran dilakukan melalui paypal. Saya sudah menukar poin saya sebesar 220 poin pada tanggal 13 Januari 2011 dan mendapat kiriman uang tersebut pada tanggal 26 Januari 2011 (dibutuhkan waktu untuk audit terlebih dahulu sebelum pengiriman pembayaran).
Berikut bukti pembayarannya:

220 poin ~ 2.21 USD. Lumayan :D. Untuk pilihan payout terdapat 3 pilihan nilai yaitu untuk Rp. 20000, Rp. 50000, dan Rp. 100000. Tentu saja untuk penukaran ke Rp. 100000 lebih tinggi nilai konversinya. Jadi silakan dipilih saja nilai tukar yang diinginkan.

Ayo.. ayo.. untuk yang lagi nyari penghasilan lewat internet tapi males klik-klik iklan atau daripada facebook-an doang.. mengisi survei online bisa jadi alternatifnya..

Cari uang di internet bukan dengan klik-klik iklan, isi paypal dengan dolar, bisa dilakukan di sini :D
KLIK DI SINI UNTUK DAFTAR


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

Kertas Grafik

Ternyata banyak juga yang masuk ke blog saya ini karena mencari "milimeter block" atau "kertas semilog". Ya kebetulan, saya memang menuliskan kata milimeter block dan kertas semilog dalam postingan saya sebelumnya yaitu dalam Penentuan Potensi Antibiotik karena memang dalam uji tersebut, kertas-kertas grafik tersebut digunakan.

Kemungkinan besar yang dicari adalah para pengunjung blog ini adalah kertas milimeter block ataupun kertas semilog untuk di-print. Maaf jika sebelumnya malah salah alamat masuk ke blog ini. Oleh karena itu, saya rasa tidak ada salahnya untuk memberikan informasi mengenai kertas grafik siap print tersebut.

Berawal dari kebutuhan akan kertas semilog, dulu saya menemukan web yang memang menyediakan kertas grafik untuk di-download. Tentu saja FREE.. gratis :D

Silakan kunjungi Incompetech.

Note: Saat link telah diklik, akan muncul web dengan header seperti ini:

Silakan klik SKIP ADVERTISEMENT, setelah itu Anda akan segera diarahkan ke tempat yang dimaksud.



Di web ini, kita bisa membuat kertas milimeter block atau kertas semilog ataupun kertas grafik lainnya sesuai kebutuhan kita. Setelah kita selesai mengatur-ngatur ukuran dan warna, klik saja DOWNLOAD PDF. Masuk lah sudah kertas yang kita inginkan ke komputer kita.

Contoh 1 Membuat kertas milimeter block
  1. Pilih SQUARES
    pilih square untuk bikin milimeter block
  2. Pilih lagi yang sesuai keinginan.. hmm, coba yang MULTI-COLOR aja yuks
    pilih yang multi color
  3. Atur-atur ukuran, warna.
    PDF document size pilih A4 aja.. kertas yang biasa kita pakai buat nge-print
    Minimum border pilih sesuai dengan minimum margin-nya printer aja. Printer saya sih untuk bottom border nya maunya 1.29 cm.. tapi saya coba 1 cm aja ah :P. Jangan lupa ganti satuan inch jadi centimeter ya.
    Grid Line Weight dibiarkan saja. Itu adalah ketebalan garis yang akan terbentuk, ya saya rasa itu sudah yang paling bagus.
    Grid Spacing silakan diatur sesuai kebutuhan. Pastikan sudah terpilih lines per cm ya. Untuk yang largest, jika kita pilih 1 artinya garis tersebut menandakan 1 cm. Untuk yang medium, jika kita pilih 2 artinya garis tersebut menandakan 0.5 cm (kan dalam 1 cm ada 2 garis artinya masing-masing menandakan 0.5 cm kan). Untuk smallest, jika kita pilih 10 artinya garis tersebut menandakan 1 mm (dalam 1 cm ada 10 garis.. 1 garis menandakan 0.1 cm ~ 1mm kan?).
    setting buat bikin milimeter block
    Grid Color. Pilih warna untuk membedakan garis penanda. Secara default, warna yang ditentukan di sana adalah merah untuk largest (penanda yang 1 cm), abu-abu gelap untuk medium (penanda yang 0.5 cm), abu-abu terang untuk smallest (penanda yang 1 mm). Kalau mau ganti warna silakan pilih warna yang tersedia atau klik Custom, trus pilih aja warnanya (dialog box nya muncul di atas, jadi scroll dulu page nya agak ke atas ya :P). Setelah beres pilih warna, klik tanda X.
    setting buat bikin milimeter block
  4. DOWNLOAD PDF


Tada... ini dia hasilnya....


Contoh 2 Membuat kertas semilog

  1. Pilih Brick, Asymmetic, and Speciality karena di situlah ada kertas semilog nya.. :P

    pilihan mau bikin semilog
  2. Pilih Log/Semi-log di bagian Speciality

    speciality dipilih untuk pilih yg semilog
  3. Atur-atur ukuran, warna.
    PDF document size
    pilih A4 juga.
    Minimum border sama lah kaya di atas.
    Line Weight dibiarkan saja.
    X Axis. Untuk membuat kertas semilog, berarti salah satu sumbunya harus linear. Nah, saya memilih sumbu X nya yang linear dan 5 lines per cm (menjadi penanda 2 mm), bagian include fine division dicentang atau tidak saya tidak lihat perbedaannya..hmmm
    Y Axis. Sumbu Y yang saya pilih untuk mempunyai skala logaritma, jadi saya pilih banyak siklus yang akan dibuat. Saya pilih 2 cylces.
    Line color.. saya pilih black aja ah
    setting semilog
  4. DOWNLOAD PDF
ini hasilnya...
semilog 2 siklus
Gimana? terbantu ga? dapet gratisan kan? ingin berterima kasih pada pembuat generator itu? cukup dengan mengklik iklan di sana cukup membantu para pembuat web tersebut :D

Silakan dicoba


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

IM2 reminder penganggu!!!

IM2 reminder... dengan koneksi yang sangat lambat yang disediakan oleh IM2 saya tunggu IM2 reminder itu untuk ter-load sempurna. Katanya saya hanya perlu menunggu 60 detik saja untuk membaca gangguan tersebut. Lucunya, di bagian bawah pengumuman itu ada tulisan jika notifikasi tersebut masih muncul setelah 60 detik itu silakang menghubungi nomor tertentu yang kode areanya adalah 021. Bah, situ yang punya bug kenapa konsumen disuruh buang uang untuk nelpon. Kebetulan saya ingin mengakses blogger.com ini..jadi itu alamat pertama yang saya ketik dan ternyata keluar reminder sok penting itu. Setelah saya tunggu 60 detik, eh setiap saya ketik blogger.com pasti keluar itu lagi. Saya hapus semua cookies, cache, dan apapunlah semua yang di firefox itu... tetap saja keluar..KETERLALUAN. Ganti pake IE, sama tuh.. Untung ada opera mini ini.. Sempat terpikir, ya sudah dituruti saja maunya si IM2 itu, saya akses juga tuh si indosatm2.com mau update data pelanggan. Beuh, masuknya aja sejuta taun. Aduh.. harusnya sih masuk web indosatm2 itu dianggap intranet dong. INI INDOSATM2 maunya apa sih?

Untuk yang mengalami hal serupa dengan saya ini.. yang saya lakukan hanya menunggu. Tapi, mungkin coba matikan komputer Anda dulu lalu nyalakan kembali, mungkin dapat menghilangkan gangguan IM2 reminder ini. Waktu itu karena saya terlampau kesal, saya matikan saja komputer saya tapi baru saya nyalakan beberapa jam kemudian dan sudah hilang gangguannya tersebut.

*kalau tidak berhasil dengan cara yang saya gunakan, tidak perlulah ngata-ngatain blog ini (dengan imbuhan Go pula) sampah. Makanya saya sarankan Anda cara selanjutnya, silakan baca di bawah ini*

Hmm, atau ada yang mau coba telepon nomor kontak di sana? Siapa tau dikasih tau alasannya kenapa, ntar tolong kasih tau saya kenapa hal tsb terjadi :D

Semoga beruntung,
semoga juga ada orang IM2 yang baca ini dan segera memperbaiki yang harus diperbaiki.


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

Tidak bisa konek internet dari opera mini

Opera mini saat ini sudah menjadi program wajib dalam ponsel (handphone) sebagai sarana penghubung ke dunia internet melalui ponsel. Ya, memang untuk beberapa ponsel sudah dilengkapi browser bawaan, tapi tetap saja Opera Mini lebih user friendly dan lebih irit.
Sangking pentingnya.. pasti bingung kalau tiba-tiba muncul notifikasi "Failed to connect to the internet" dari Opera Mini.. Nah, jika muncul pesan seperti itu coba cek poin-poin berikut:
  1. Pastikan pulsa mencukupi untuk terkoneksi ke internet. Beberapa provider memberikan nilai pulsa minimum untuk dapat terkoneksi ke internet.
  2. Pastikan tempat Anda melakukan koneksi internet merupakan daerah yanopera mini ga bisa konek, failed to connect to the internetg ada sinyal dari provider.
  3. Pastikan profil internet pada ponsel Anda sudah tepat. Jika Anda sering gonta-ganti simcard, (provider) pastikan profil internet yang digunakan adalah profil dari provider yang Anda gunakan. Untuk handphone keluaran Sony Ericsson (entah semua tipe atau tidak) pastikan profil internet yang dipilih untuk Java TM juga sudah tepat.
  4. Pastikan penanggalan di ponsel Anda sudah tepat. Ada pengalaman seperti ini: Tidak bisa tersambung ke internet melalui opera mini dari ponsel Nokia 5130. Notifikasi yang diberikan dari Opera Mini adalah "Failed to connect to the internet" dan juga ada "Verification of server certificate failed". Cukup bingung bagaimana mengatasinya. Apalagi bagian internet setting di ponsel Nokia 5130 itu sangat minim, hanya ada setting APN saja. Jadi, tidak tahu apa yang harus diotak-atik. Ternyata setelah dilihat-lihat, penanggalan di ponsel tersebut kacau. Tahun yang tertera adalah tahun 2009, padahal sekarang tahun 2011. Akhirnya, setelah penanggalan diubah, opera mini sudah dapat terkoneksi ke internet lagi. Dugaan saya sih, masalah verification itu berhubungan dengan suatu tanggal. Jika tanggalnya kelewat salah, tentunya proses yang berkaitan tidak dapat digunakan.
  5. Kemungkinan provider sedang bermasalah. Kalau begini.. ya.. hanya bisa menunggu saja :D

Baiklah.. semoga petunjuk di atas bisa berguna untuk Anda-Anda yang mengalami masalah serupa.

Gambar dari: http://blog.wapreview.com/466/


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

Sirup kering, apakah itu?

Untuk para orang tua, mungkin Anda pernah menebus resep antibiotik untuk anak Anda yang masih kecil. Saat di rumah, Anda tersadar botol itu sudah dibuka dari segelnya sehingga Anda merasa kesal karena Anda merasa diberi obat yang tidak baru. Jangan kesal dulu ya, botol obat itu memang telah dibuka, tapi itu adalah obat baru. Mungkin Anda bertanya lagi, "Kalau memang obat baru kenapa telah dibuka?". Baiklah begini jawaban dan penjelasannya. Obat yang Anda beli itu namanya adalah SIRUP KERING. Sirup kering itu bisa berupa suspensi kering atau larutan kering. Pada gambar contoh dalam artikel ini digunakan suspensi kering.

Obat yang ada di dalam botol itu awalnya adalah serbuk, saat obat akan diberikan pada pasien, ke dalam botol tersebut dimasukkan sejumlah tertentu air minum (lihat pada gambar, ada tanda panah yang menandakan batas air yang harus ditambahkan). Untuk memasukkan air minum ke dalam botol itu harus dengan membuka botol obatnya terlebih dahulu kan?
suspensi kering, dry syrup by Grace Medicalihat tanda panah yang menunjukkan tanda batas penambahan air minum

Berikut gambar sirup kering yang sudah dilarutkan atau istilah yang lebih tepatnya adalah sudah direkonstitusi. (note: ini buatan sendiri loh... :D). Gambar yang masih berupa serbuk akan diupload secepatnya.

Suspensi kering, dry syrup by Grace MedicaNamanya suspensi kering, tapi setelah direkonstitusi menjadi berbentuk cair

"Kenapa obatnya berbentuk serbuk, kenapa tidak langsung dibuat cairan saja? Kan banyak obat-obat sirup yang bentuknya bukan serbuk?"
Kebanyakkan antibiotik tidak kuat berada lama dalam air. Biasanya hanya kuat selama 7 hari saja, ada juga yang bisa kuat hingga 14 hari itupun jika disimpan dalam lemari es. Oleh karena itu, tidak memungkinkan penyimpanan sirup antibiotik dalam waktu lama. Cara yang digunakan adalah baru membuat sirup antibiotik itu pada saat akan dikonsumsi oleh pasien.

"Oo, pantas saja saya disuruh membuang obat ini kalau masih ada sisanya setelah 7 hari setelah saya beli obat ini."
Betul, setelah 7 hari obat ini berada dalam air mungkin obat itu telah rusak, jadi harus dibuang.
Apa sudah tau cara membuangnya??
Untuk info cara membuang obat secara umum, dapat dibaca di sini: Cara membuang obat dengan aman dan tepat.

Semoga penjelasan singkat ini bisa memberi pengetahuan yang baru untuk Anda.


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

Menulis

Kemarin saya mendapat sebuah pesan di facebook saya dengan subjek "Menulis", pesan tersebut dikirimkan oleh seorang senior saya. Isi dari pesan tersebut adalah tawaran untuk menjadi kontributor dalam website kesehatan yang setahu saya memang dikelola oleh beberapa rekan sejawat saya. Dia mengatakan tulisan-tulisan saya "oke-oke euy". Hmm, padahal tulisan saya biasa saja :P.

Dia terkesan dengan tulisan yang saya buat, tepat 2 tahun lalu, 17 Januari 2009 tentang sebuah alat canggih yang baru saya lihat. Padahal pada tulisan yang saya buat di note facebook itu hanya terdiri dari beberapa baris saja dan beberapa gambar. Tidak banyak penjelasan mengenai alat tersebut.. hanya gambaran umum cara kerjanya.. Tapi tulisan sederhana itu ternyata (katanya) memperlihatkan rasa kecintaan saya terhadap dunia farmasi.

Ya, saya ingin berbagi pada dunia ini apa yang saya dapat bagikan. Tapi, untuk sekarang ini kok saya malah bingung apa yang akan saya kirimkan ke website itu ya? Menulis di sana tidak semudah menulis di blog sendiri. Kalau di blog sendiri, ya lebih bebas lah :D. Apa ya topik menarik yang bisa ditulis, tidak terlalu berat namun penting untuk diketahui.. hmm..hmm..

Menulis.. baiklah semoga ide itu muncul :D


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

USM ITB dihapuskan, akibatnya?

Berita penghapusan Ujian Saringan Masuk ITB (USM ITB) ini cukup menghebohkan. Banyak orang yang menyambut gembira hal ini. Namun, ada juga yang kecewa karena "pintu" untuk masuk ITB menjadi semakin sempit. ITB dalam situsnya menyatakan hanya akan menerima mahasiswa program sarjana (program S1) melalui SNMPTN (Saringan Nasional Masuk Perguruaan Tinggi Negeri). Hal ini didasarkan pada Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 34/2010 tentang pola penerimaan mahasiswa baru program sarjana.

Dalam PerMenDikNas tersebut dinyatakan bahwa 60% mahasiswa baru yang diterima oleh universitas harus melalui SNMPTN [tidak termasuk penerimaan mahasiswa warga negara asing], sedangkan 40% nya dapat diterima melalui jalur mandiri [termasuk penerimaan mahasiwa warga negara asing]. Dengan kata lain, sebenarnya jalur mandiri seperti USM ITB itu masih diizinkan untuk diadakan namun diadakannya setelah pelaksanaan SNMPTN. Tidak ditulis jelas apakah pelaksanaan setelah SNMPTN itu artinya sehari setelah SNMPTN sudah boleh diadakan penerimaan jalur mandiri atau harus menunggu pengumuman SNMPTN keluar. Jadwal SNMPTN pun menjadi lebih maju dari biasanya, yang biasanya diadakan pada bulan Juli, sekarang diadakan pada akhir bulan Mei dan hasilnya diumumkan pada akhir bulan Juni.

Pernyataan lainnya dalam jumpa pers oleh ITB, Prof. Dr. Ir. Hasanuddin Z. Abidin selaku Wakil Rektor bidang Komunikasi, Kemitraan, dan Alumni ITB, disebutkan bahwa "ITB akan menerima mahasiswa baru 100% dari SNMPTN dengan komposisi 60% jalur undangan (penjaringan berdasarkan prestasi akademik/PMDK, tanpa ujian) dan 40% jalur ujian tertulis dan keterampilan." . Selain itu terdapat porsi minimal 20% untuk mahasiswa baru yang kurang atau tidak mampu secara ekonomi. "Jadi kemungkinan mahasiswa yang kurang mampu atau tidak mampu di ITB bisa lebih dari 20%,".

Perubahan sistem ini jelas, seperti yang diungkapkan Rektor ITB, Prof. Dr. Akhmaloka, untuk mendukung program pemerintah dan juga untuk menyalurkan subsidi yang diberikan pemerintah kepada mahasiswa yang kurang mampu dan tepat sasaran. (ITB)
Untuk penerimaan mahasiswa FSRD (Fakultas Seni Rupa dan Desain) dan SBM (Sekolah Bisnis dan Manajemen) juga melalui SNMPTN hanya saja masuk melalui jalur kelompok IPS. Khusus untuk FSRD, persentase penerimaan SNMPTN lewat jalur undangan lebih sedikit dibanding fakultas lainnya.

"Kalau yang lain SNMPTN undangannya 40 persen, SNPMTN tertulisnya 60 persen. Kalau FSRD undangannya hanya 20 persen, karena tidak bisa dinilai begitu saja dari nilai rapor. Harus dilihat kemampuan menggambar dan segala macamnya," kata Hassanudin. (detikBandung)

Pertanyaan saya, "Jika ITB menerima 100% mahasiswa program S1 lewat SNMPTN, bagaimana dengan kelas internasional? Apakah kelas internasional ditutup juga?". Sebagaimana tertulis dalam PerMenDikNas tersebut, calon mahasiswa warga negara asing hanya dapat diterima melalui jalur mandiri. Jika ITB meniadakan jalur tersebut dengan kata lain ITB meniadakan kelas internasional juga? Saya belum mendengar maupun membaca pernyataan yang menyangkut keberlangsungan kelas internasional ini.. Hanya saja, secara logika tentunya dengan penghapusan USM menandakan penghapusan kelas internasional juga.

Bagaimana dengan SIMAK UI (Universitas Indonesia) dan SMUP (Universitas Padjadjaran)?
SIMAK UI akan tetap dilaksanakan setelah SNMPTN dengan biaya yang disesuaikan dengan kemampuan mahasiswa.
SMUP juga tetap dilaksanakan hanya saja, peserta SMUP wajib mengikuti SNMPTN, biaya disesuaikan dengan kemampuan mahasiwa juga,

"Jadi bagi mereka yang mampu, ya bayar lebih tinggi. Jadi nanti akan ada kesediaan membayar lebih," ujar Ganjar (Rektor Unpad).

Namun dia menegaskan kriteria nilai tetap paling penting. "Ya bukan berarti yang bayar mahal lebih prioritas, ya kita lihat hasil nilai SNMPTN nya lah," tandasnya. (detikBandung)
Semoga perubahan ini menjadikan sistem pendidikan yang lebih baik di Indonesia. Juga meningkatkan kualitas SDM Indonesia.

Amin.


Sumber:
detikBandung:
Masuk SBM dan FSRD ITB Kini Lewat SNMPTN Jurusan IPS
detikBandung: Jalur Khusus Unpad Ikut SNMPTN Namun Bayar Lebih Mahal
detikNews: Pemerintah Sediakan Beasiswa Peserta SNMPTN 2011 yang Miskin
detikNews: SIMAK UI Juga Dilaksanakan Usai SNMPTN
Galamedia: ITB Hapus Ujian Saringan Masuk
Institut Teknologi Bandung: ITB Hanya Terima Mahasiswa Program Sarjana Melalui SNMPTN
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 34/2010



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

Lebay? Apaan sih tu?


gambar: http://politikana.com

Lebay... suatu kata baru yang tiba-tiba mendunia (di Indonesia).. Baru? Emang kapan munculnya? Saya ga inget sih kapan munculnya.. Tapi saya cukup yakin asal mula kata Lebay ini diucapkan oleh salah satu atau mungkin semua personel Extravaganza. Extravaganza adalah suatu acara komedi (menurut artikel mengenai Extravaganza di wikipedia sih comedy variety show) yang tentunya dibuat extravagantly.. alias dalam bahasa gaul Indonesia masa kini.. LEBAY. Kalau bahasa Indonesia yang baku sih berlebihan.

Saat survei melalui google, ternyata saat baru saja menulis kata "lebay" telah disarankan 2 keywords ini: "lebay adalah" "lebay artinya". Hmm... banyak juga ya yang nanya apa sih arti dari lebay itu?

Tapi saya ga perlu lah bahas itu.. sudah cukup jelas kok untuk orang Indonesia apa artinya.. and for the foreigners those want to know what "lebay" is.. here's the most match word for lebay, extravagant.

Walau topik ini kayanya udah basi, tapi karena saya lagi suka lah sama soal bahasa-bahasaan, jadi saya mau tulis bagaimana kata LEBAY itu muncul.. ya tentunya dengan perkiraan saya juga.. hehehe..

Sebenarnya.. Lebay itu diturunkan dari kata bahasa Indonesia baku yang sangat umum.. yaitu Lebih. Untuk mengatakan sesuatu yang berlebihan, diucapkanlah dengan sangat berlebihan yaitu dengan menggunakan aksen bahasa Inggris. Karena dalam bahasa Inggris huruf "i" itu dibaca "ay" maka.. untuk mengucapkan "berlebihan" jadilah dilafalkan menjadi "berlebayan". Ya... seingat saya, yang diucapkan itu dulu berlebayan deh bukan lebay.. Sejak itu kata itu sering terdengar dan diambil "kata dasar" nya yaitu Lebay...

Akhirnya digunakan deh tu kata LEBAY dalam bahasa gaul sehari-hari.. hahahaha...


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

Friksibilitas, apakah ia nyata?

Friksibilitas, salah satu evaluasi sediaan tablet yang sering berpasangan dengan Friabilitas. Secara sekilas, friksibilitas dan friabilitas itu nampak serupa. Prosedur pengujian tidak terlalu berbeda, persyaratan uji sama, tujuan serupa.. Friksibilitas dan friabilitas diukur untuk melihat ketahanan tablet terhadap gesekan selama pengemasan dan penghantaran. Untuk friabilitas melihat ketahanan tablet saat dijatuhkan dari ketinggian tertentu, untuk friksibilitas melihat ketahanan tablet saat bergesekan dengan sesama tablet.

Hmm, baru terpikir sekarang saat menulis kalimat terakhir di paragraf di atas.. Untuk friksibilitas seharusnya hanya diuji untuk tablet yang dikemas dalam kemasan ruah saja ya? Kalau kemasan strip/blister kan tidak mungkin terjadi gesekan antartablet...

Untuk friabilitas banyak ditulis di mana-mana. USP, EP, JP, dan mungkin Farmakope lainnya (kecuali FI kita tercinta yang terlanjur ketinggalan zaman). Tanya sama Google deh kata "friability" ternyata ada sekitar 124000 hasil. Kita coba pasangannya yuks.. Mbah Google, tau ga ... (deng.. bahasa Inggris friksibilitas apaan ya? Fricitibility kali) "frictibility". Jawab Mbah Google, tau dong.. walau cuma ada 3 hasil, dengan penghuni nomor wahid adalah sekolah saya tercintah.

HAAAAHHHH??? Seriusan.. meuni jomplang kitu.. Coba deh dengan bahasa Indonesia.. siapa tau lebih banyak.. "Friabilitas" 1090 hasil, "Friksibilitas" 66 hasil... Lebih mending.. tapi tetep aja.. ga seimbang untuk yang namanya "pasangan".

Hadeuh.. bikin susah aja nih si friksibilitas. Udah mah di ujian apoteker kita tercinta itu semua-muanya harus ditulis pustakanya.. nah ini si friksibilitas muncul dari dunia bagian mana sih? Di Farmakope ga ada, di buku tablet andalan (sepertinya) ga ada juga... Tapi kok alatnya ada ya di Lab? dan tentunya kita diajarkan uji itu.. dengan ditelen mentah-mentah aja.. :P

Sempat menyimpulkan kalau hanya orang dari sekolah saya tercinta saja yang mengetahui istilah "friksibilitas". Hal ini dikuatkan saat genggong UV-Vis berkumpul dan saya wawancara satu-satu saat KP di industri dan di tempat para teman saya itu telah bekerja. Akhirnya dikelompokkan menjadi 2 kelompok saja dengan benang merah sebagai berikut..
Industri yang pemilik/kepala RnD-nya orang dari sekolah saya punya alat friksibilator, sebaliknya.. Industri yang pemilik/kepala RnD-nya bukan dari sekolah saya ga pake tuh alat friksibilator. Yaahhh.. mungkin sih seperti hal yang tiba-tiba tercetus tadi, mungkin industri tadi pintar, dia ga produksi tablet dalam kemasan ruah, buat apa nguji-nguji friksibilitas segala... ga ada yang mengatur soal uji friksibilitas juga kan? ga menyalahi aturan di mana-mana juga.

Tetap saja saya tidak puas.. akhirnya tanya saja sama orang yang in charge sama pertabletan.. Jawaban yang saya terima.. cukup membingungkan. Bagaimana tidak, masa jawabannya, "Coba lihat di Erweka, kan itu perusahaan yang bikin alatnya." Loh, lohh, lohhh,,,, yang in charge sama pertabletan aja ga bisa jawab asal mula si friksibilitas munculnya dari gimana malah nyuruh nanya yang bikin alat. Wah jangan-jangan ini cuma taktik dagang aja... ckckckck.. Akhirnya untuk ujian apoteker sih dikasih solusi singkat kasih keterangan aja kalau si uji friksibilitas itu mengacu ke pengujian friabilitas... -_-"

Setelah sekian lama, akhirnya baru hari ini sempat berkunjung ke Erweka... Langsung ke bagian produknya dong.. Scroll, scroll, AHHH... itu dia..
Eh? cuma friability doang?? kok ga ada "fricitibility" katanya Erweka yang bikin... kok ga ada di web nya?? Curiga friksibilator teh produk diskontinu ini mah.. halah..
Jadi, sampai sekarang saya masih mempertanyakan dari mana kah wahai dikau Friksibilitas? Apakah dirimu berasal dari Jerman? Mengingat sekolah saya rasanya mengacu ke sana... atau dari mana? Berikan saya jawaban....
Eh, eh.. pas liat di google image, ada yang lumayan mirip sama friksibilator..


Namanya "Abrasion Drum", cek di web antech.ie ini saja ya.. Katanya di situ, yang pertama bikin friabilator itu Roche.. Swiss, mungkin juga si friksibilitas ini dari situ juga ya.

Tetap belum puas dengan jawabannya.. hahahaha...
Cari terus sampe ketemu :P

Beberapa hari lalu.. (8 Maret 2011) saat melihat-lihat jurnal tablet anak inter.. ternyata friksibilitas itu bahasa Ingrisnya tuh Abrasion toh... tapi kadang mereka tulis Frictibility.. hehehehe. Halah.. klo gitu sih udah jelas si FRIKSIBILITAS = ABRASION. Kalau gitu kenapa sang jagonya tablet ga bisa kasih jawaban sesimpel ini saat saya tanya dulu... ckckckckckckck..

Seandainya si junior memberi saya slide tablet pas saya pinjem dulu.. mungkin saya tau hal ini lebih cepat.. hahahahahahaha... :D

-CASE CLOSED-


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

Tidak Ada Lift Menuju Keberhasilan


"Tidak ada lift menuju keberhasilan,
saudara harus menapaki anak tangga"


Begitu melihat tulisan itu tertempel di atas pintu sebuah lift.. saya tahu apa yang harus lakukan saat itu.. Gunakan tangga saja untuk naik ke lantai atas.. hehehehe..


Hari ini, teringat kata-kata itu yang ditujukan bukan untuk "menyindir" para pengguna lift.. tapi memang untuk keberhasilan saya. Hari-hari ini saya sedang mengalami hal yang bisa dibilang tidak lancar. Rasanya anak tangga yang harus saya tapaki itu seperti dari lantai dasar ingin menuju ruang kuliah di 9231 (hahaha, soalnya tadi pagi baru mengenang masa-masa "melelahkan" untuk mencapai ruang kuliah itu..).

Ngomong-ngomong.. tulisan pertamaku saat kuliah rasanya membahas kelelahanku yang teramat sangat, saat ingin mencapai ruang kuliah tersebut, untuk menghadiri responsi praktikum di hari Senin jam 7 pagi yang tidak boleh telat tapi pergi dari rumahnya pas-pasan.. Rasanya kaki hampir patah, hampir kehabisan napas... Untungnya sih masih keburu masuk kelas itu.. fiuh... Rasanya ingin sekali gedung kuliah itu diberi alat canggih yang namanya lift.. hahaha

Mungkin itulah yang saya alami sekarang dalam kehidupan nyata ini... supaya tidak kehabisan napas dan tidak sampai patah kaki.. harus berangkat lebih pagi, kondisi tubuh harus bugar, memanfaatkan setiap informasi di tiap lantainya (seperti yang dilakukan Utin, semua tempelan di tiap lantai dibaca dulu yang sebenarnya sih istirahat maksudnya), tetap tertuju pada tujuan dan akhirnya.. selamat datang di 9231.. Selamat mengikuti kuliah/responsi/ujian.
Tidak ada yang instan dalam keberhasilan.. semua diraih dengan kerja keras dan ketekunan.

There is no elevator to success.
You have
to take the stairs - Unknown



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

Inyeon-Yeonin (인연 - 연인)

AlShin's first cake, inyeon-yeonin (인연 -  연인)

Sesuatu yang baru didengar saat menonton "We Got Married", tepatnya saat pasangan AlShin akan menyantap makanan penutup bersama pertama mereka. Alex Chu, sang suami romantis itu sudah mempersiapkan kue tart tiramisu yang diberi tulisan"인연".

Sebelum kue itu dimakan, Alex memberi tahu filosofi tulisan itu... Alex bilang itu adalah kata favorit dia "인연" (inyeon) berarti destiny/fate/nasib/takdir. Kenapa? Karena kalau dibalik jadi "연인" (yeonin) yang artinya relationship/couple/hubungan/pasangan. Jadi, bisa disimpulkan kalau pasangan itu memang sudah ditakdirkan... Mungkin ini salah satu alasan di album My Vintage Romance ada lagu yang judulnya "연인". Hahaha, ngarang :P

Tapi, ya sejak itu, itu menjadi 2 kata favorit saya juga. 2 kata yang sederhana dengan filosofi yang mendalam.. hehehe... juga jadi punya persamaan dengan Aldalbong oppa... hahaha.. sekali fans tetap fans..


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

Nxbux.com, PTC yang patut dicoba

Telah membayar saya dua kali dalam 3 hari masa bergabung
Klik di sini untuk daftar

Kemarin, saya baru saja mendaftar di PTC Nxbux.com ini karena saya mendapat informasi kalau bisa langsung payout pada hari yang sama sat kita mendaftar. Ya, betul baru daftar langsung payout. Iklan yang bisa diklik oleh standard member ada 5 iklan dengan komisi perkliknya adalah USD 0.01. Sebenarnya cukup mencurigakan juga PTC ini, karena semua iklannya menuju website yang sama, yaitu Nxbux.com sendiri. Tapi, ya sudah saya coba saja.. toh, nothing to lose, ga rugi apa-apa.

Di Nxbux.com, ketentuan payout untuk standard member (saat saya daftar) adalah sebagai berikut, minimum payout: USD 0.00; minimum click to payout: 0 clicks; interval between payout: 15 days.

Setelah klik 5 iklan ~ USD 0.05 saya coba payout melalui PayPal., tanpa fee pula. Karena sistem pembayarannya tidak instan, maka saya tidak mendapatkan email notifikasi pengiriman payout ke akun PayPal saya. Tapi, saat tadi pagi saya cek email, ternyata ada email notifikasi ada kiriman uang sebesar USD 0.05 ke akun PayPal saya. Hehehe :D. Masih di bawah 24 jam, sesuai dengan apa yang dituliskan di situs tersebut..Justify Full
Ini bukti pengiriman uangnya..
(klik untuk tampilan yang lebih besar)
bukti pembayaran pertama dari Nxbux.comTadi, saya masuk lagi ke web Nxbux.com saya coba lihat informasi terbaru di sana, ternyata ada beberapa perubahan ketentuan di sana. Untuk standard member, ada perubahan pada minimum click to payout, menjadi 15 klik yah setara klik 3 hari, lalu interval between payout menjadi 1 hari saja :D. Untuk minimum cahsout tetap USD 0.00.

Selang 1 hari saja, saya coba payout lagi.. karena saya sudah melakukan 15 klik. Nih bukti pembayaran kedua dari nxbux.com, untuk pembayaran kali ini dilakukan dengan cepat.. mungkin hanya berselang sekitar setengah jam, saya telah menerima notifikasi pengiriman uang.. hehehe
(klik untuk tampilan yang lebih besar)
bukti pembayaran kedua dari nxbux.com
Tertarik? Ayo buruan daftar, sebelum terjadi perubahan ketentuan atau situs ini terlanjur scam.. :D :D :D
Klik di sini untuk daftar
Klik di sini untuk daftar



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

Ujian Apoteker Maret 2011





Tak terasa, ujian apoteker segera digelar kembali.. Untunglah setelah perjuangan yang melelahkan akhirnya saya sudah terbebas dari ujian apoteker mengerikan itu.

Untuk peserta ujian yang sedang mempersiapkan diri semoga kalian bisa mempersiapkan diri dengan baik :D. Kalau kebingungan entah harus mencari petunjuk di mana, cobalah ini:
Ask! and it will be given


Sebagai veteran yang punya pengalaman cukup banyak, saya ingin berbagi pengalaman saya... ya, mungkin bisa membantu.. hehehe
Klik di sini untuk menuju pengalaman yang saya bagi. Tips dan Trik ujian apoteker? Mungkin ada.. mungkin juga tidak.. Hehehe..


Kepada para juniorku ataupun teman-teman seangkatanku yang akan ujian apoteker, semoga kalian berhasil.. Ingat sebisa mungkin 1 putaran saja. Jika belum beruntung, anggaplah itu keberhasilan yang tertunda..

SUKSES :D

Ayo...ayo bayangkan suasana ini.. SEMANGAT semuaaannnyyyyaaaaa

Suasana pengambilan sumpah apoteker
Suasana pengambilan sumpah apoteker

Suasana pengambilan foto bersama para apoteker baru
Suasana pengambilan foto bersama para apoteker baru


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

Distribusi Ukuran Partikel

Penentuan distribusi ukuran partikel dilakukan pada sediaan yang berupa sistem dispersi atau sediaan yang memiliki syarat mengenai keberadaan partikel dengan ukuran tertentu. Sediaan dengan sistem dispersi contohnya adalah suspensi, sedangkan sediaan yang dipersyaratkan keberadaan partikel dengan ukuran tertentu contohnya adalah salep mata.

Untuk sediaan suspensi, penentuan distribusi ukuran partikel bukanlah syarat resmi (bukan persyaratan yang ditetapkan oleh kompendia/Farmakope). Apa tujuan penentuan distribusi ukuran partikel ini? Sebenarnya saya juga kurang paham. Berdasarkan buku Pharmaceutical Dosage Forms, Dispersed System, Vol.2, ukuran dan distribusi ukuran partikel ini penting dalam formulasi untuk menghasilkan suspensi yang stabil secara fisik. Ukuran partikel ini akan mempengaruhi penampilan produk, settling rates (saya ragu apakah ini terjemahan ini tepat: laju pengendapan), absorpsi in vivo, kemampuan resuspensi, dan stabilitas secara keseluruhan.
Namun, tetap saja saya belum menemukan apa tujuan penentuan distribusi ukuran partikel ini. Lalu, mengapa dipersyaratkan memiliki distribusi normal? Apakaha ada hubungannya dengan mikromeritik? Entahlah.. harus baca-baca literatur lagi...

Untuk sediaan salep mata, yang ditentukan bukan distribusi ukuran partikel, tetapi jumlah partikel (partikel logam) yang ada dalam salep mata. Cukup jelas mengapa jumlah partikel dalam salep mata harus ditentukan, mengingat penggunaannya untuk mata, organ yang sangat sensitif. Jumlah partikel berukuran 50 μm atau lebih besar tidak melebihi persyaratan yang telah ditetapkan. Persyaratan ini merupakan persyaratan resmi karena tercantum dalam Farmakope Indonesia IV. Untuk prosedur penentuannya secara lengkap bisa dibaca di Farmakope Indonesia IV pada lampiran <1061>.

Ukuran partikel ditentukan dengan bantuan mikroskop dengan lensa okuler dan kaca objek khusus, istilah untuk alat ini adalah ocular and stage micrometer. Penggunaan alat ini sayangnya tidak diajarkan saat di praktikum dahulu, walau sempat dibahas di perkuliahan farmakognosi analitik. Ya, tentunya Anda mengerti kan mengapa justru ada di kuliah farmakognosi analitik. Silakan klik link ini untuk mengetahui cara penentuan ukuran partikel menggunakan mikroskop.


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

Happy New Year 2011

Selamat tahun baru semuanya.. Sayang belum punya mood dan topik untuk ditulis dalam mengawali tahun ini. Tadinya sih ada, sayang keburu hancur moodnya..

Harapanku di tahun ini (dalam dunia blog), semoga para pengunjung blog ku ini sering2 mengunjungi web sponsor.. hehehehe. Posting bermutu yang aplikatif..

:)

...... ... .. ....
Have a nice routine. Hope can meet u as soon as possible :)






  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments