Friksibilitas, apakah ia nyata?

Friksibilitas, salah satu evaluasi sediaan tablet yang sering berpasangan dengan Friabilitas. Secara sekilas, friksibilitas dan friabilitas itu nampak serupa. Prosedur pengujian tidak terlalu berbeda, persyaratan uji sama, tujuan serupa.. Friksibilitas dan friabilitas diukur untuk melihat ketahanan tablet terhadap gesekan selama pengemasan dan penghantaran. Untuk friabilitas melihat ketahanan tablet saat dijatuhkan dari ketinggian tertentu, untuk friksibilitas melihat ketahanan tablet saat bergesekan dengan sesama tablet.

Hmm, baru terpikir sekarang saat menulis kalimat terakhir di paragraf di atas.. Untuk friksibilitas seharusnya hanya diuji untuk tablet yang dikemas dalam kemasan ruah saja ya? Kalau kemasan strip/blister kan tidak mungkin terjadi gesekan antartablet...

Untuk friabilitas banyak ditulis di mana-mana. USP, EP, JP, dan mungkin Farmakope lainnya (kecuali FI kita tercinta yang terlanjur ketinggalan zaman). Tanya sama Google deh kata "friability" ternyata ada sekitar 124000 hasil. Kita coba pasangannya yuks.. Mbah Google, tau ga ... (deng.. bahasa Inggris friksibilitas apaan ya? Fricitibility kali) "frictibility". Jawab Mbah Google, tau dong.. walau cuma ada 3 hasil, dengan penghuni nomor wahid adalah sekolah saya tercintah.

HAAAAHHHH??? Seriusan.. meuni jomplang kitu.. Coba deh dengan bahasa Indonesia.. siapa tau lebih banyak.. "Friabilitas" 1090 hasil, "Friksibilitas" 66 hasil... Lebih mending.. tapi tetep aja.. ga seimbang untuk yang namanya "pasangan".

Hadeuh.. bikin susah aja nih si friksibilitas. Udah mah di ujian apoteker kita tercinta itu semua-muanya harus ditulis pustakanya.. nah ini si friksibilitas muncul dari dunia bagian mana sih? Di Farmakope ga ada, di buku tablet andalan (sepertinya) ga ada juga... Tapi kok alatnya ada ya di Lab? dan tentunya kita diajarkan uji itu.. dengan ditelen mentah-mentah aja.. :P

Sempat menyimpulkan kalau hanya orang dari sekolah saya tercinta saja yang mengetahui istilah "friksibilitas". Hal ini dikuatkan saat genggong UV-Vis berkumpul dan saya wawancara satu-satu saat KP di industri dan di tempat para teman saya itu telah bekerja. Akhirnya dikelompokkan menjadi 2 kelompok saja dengan benang merah sebagai berikut..
Industri yang pemilik/kepala RnD-nya orang dari sekolah saya punya alat friksibilator, sebaliknya.. Industri yang pemilik/kepala RnD-nya bukan dari sekolah saya ga pake tuh alat friksibilator. Yaahhh.. mungkin sih seperti hal yang tiba-tiba tercetus tadi, mungkin industri tadi pintar, dia ga produksi tablet dalam kemasan ruah, buat apa nguji-nguji friksibilitas segala... ga ada yang mengatur soal uji friksibilitas juga kan? ga menyalahi aturan di mana-mana juga.

Tetap saja saya tidak puas.. akhirnya tanya saja sama orang yang in charge sama pertabletan.. Jawaban yang saya terima.. cukup membingungkan. Bagaimana tidak, masa jawabannya, "Coba lihat di Erweka, kan itu perusahaan yang bikin alatnya." Loh, lohh, lohhh,,,, yang in charge sama pertabletan aja ga bisa jawab asal mula si friksibilitas munculnya dari gimana malah nyuruh nanya yang bikin alat. Wah jangan-jangan ini cuma taktik dagang aja... ckckckck.. Akhirnya untuk ujian apoteker sih dikasih solusi singkat kasih keterangan aja kalau si uji friksibilitas itu mengacu ke pengujian friabilitas... -_-"

Setelah sekian lama, akhirnya baru hari ini sempat berkunjung ke Erweka... Langsung ke bagian produknya dong.. Scroll, scroll, AHHH... itu dia..
Eh? cuma friability doang?? kok ga ada "fricitibility" katanya Erweka yang bikin... kok ga ada di web nya?? Curiga friksibilator teh produk diskontinu ini mah.. halah..
Jadi, sampai sekarang saya masih mempertanyakan dari mana kah wahai dikau Friksibilitas? Apakah dirimu berasal dari Jerman? Mengingat sekolah saya rasanya mengacu ke sana... atau dari mana? Berikan saya jawaban....
Eh, eh.. pas liat di google image, ada yang lumayan mirip sama friksibilator..


Namanya "Abrasion Drum", cek di web antech.ie ini saja ya.. Katanya di situ, yang pertama bikin friabilator itu Roche.. Swiss, mungkin juga si friksibilitas ini dari situ juga ya.

Tetap belum puas dengan jawabannya.. hahahaha...
Cari terus sampe ketemu :P

Beberapa hari lalu.. (8 Maret 2011) saat melihat-lihat jurnal tablet anak inter.. ternyata friksibilitas itu bahasa Ingrisnya tuh Abrasion toh... tapi kadang mereka tulis Frictibility.. hehehehe. Halah.. klo gitu sih udah jelas si FRIKSIBILITAS = ABRASION. Kalau gitu kenapa sang jagonya tablet ga bisa kasih jawaban sesimpel ini saat saya tanya dulu... ckckckckckckck..

Seandainya si junior memberi saya slide tablet pas saya pinjem dulu.. mungkin saya tau hal ini lebih cepat.. hahahahahahaha... :D

-CASE CLOSED-


Artikel Terkait



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

2 comments:

kacakaca said... Reply

friksibilitas ga cuma buat tablet ruah aja..
pas tablet mau dikemas sama alufoil kan juga di bakal gesek2an satu sama lain :D
tp emang aneh sih knp kriterianya ga jelas..
ga gitu penting meureun...

Grace said... Reply

oo, jadi friksi ke kemasan juga ya.. iya kali..

klo soal teorinya emang ga jelas..

Kayanya harus nanya sama orang Roche yg pertama kali bikin fria friksi :P

Post a Comment

Subscribe to: Post Comments (Atom)