Kertas Grafik

Ternyata banyak juga yang masuk ke blog saya ini karena mencari "milimeter block" atau "kertas semilog". Ya kebetulan, saya memang menuliskan kata milimeter block dan kertas semilog dalam postingan saya sebelumnya yaitu dalam Penentuan Potensi Antibiotik karena memang dalam uji tersebut, kertas-kertas grafik tersebut digunakan.

Kemungkinan besar yang dicari adalah para pengunjung blog ini adalah kertas milimeter block ataupun kertas semilog untuk di-print. Maaf jika sebelumnya malah salah alamat masuk ke blog ini. Oleh karena itu, saya rasa tidak ada salahnya untuk memberikan informasi mengenai kertas grafik siap print tersebut.

Berawal dari kebutuhan akan kertas semilog, dulu saya menemukan web yang memang menyediakan kertas grafik untuk di-download. Tentu saja FREE.. gratis :D

Silakan kunjungi Incompetech.

Note: Saat link telah diklik, akan muncul web dengan header seperti ini:

Silakan klik SKIP ADVERTISEMENT, setelah itu Anda akan segera diarahkan ke tempat yang dimaksud.



Di web ini, kita bisa membuat kertas milimeter block atau kertas semilog ataupun kertas grafik lainnya sesuai kebutuhan kita. Setelah kita selesai mengatur-ngatur ukuran dan warna, klik saja DOWNLOAD PDF. Masuk lah sudah kertas yang kita inginkan ke komputer kita.

Contoh 1 Membuat kertas milimeter block
  1. Pilih SQUARES
    pilih square untuk bikin milimeter block
  2. Pilih lagi yang sesuai keinginan.. hmm, coba yang MULTI-COLOR aja yuks
    pilih yang multi color
  3. Atur-atur ukuran, warna.
    PDF document size pilih A4 aja.. kertas yang biasa kita pakai buat nge-print
    Minimum border pilih sesuai dengan minimum margin-nya printer aja. Printer saya sih untuk bottom border nya maunya 1.29 cm.. tapi saya coba 1 cm aja ah :P. Jangan lupa ganti satuan inch jadi centimeter ya.
    Grid Line Weight dibiarkan saja. Itu adalah ketebalan garis yang akan terbentuk, ya saya rasa itu sudah yang paling bagus.
    Grid Spacing silakan diatur sesuai kebutuhan. Pastikan sudah terpilih lines per cm ya. Untuk yang largest, jika kita pilih 1 artinya garis tersebut menandakan 1 cm. Untuk yang medium, jika kita pilih 2 artinya garis tersebut menandakan 0.5 cm (kan dalam 1 cm ada 2 garis artinya masing-masing menandakan 0.5 cm kan). Untuk smallest, jika kita pilih 10 artinya garis tersebut menandakan 1 mm (dalam 1 cm ada 10 garis.. 1 garis menandakan 0.1 cm ~ 1mm kan?).
    setting buat bikin milimeter block
    Grid Color. Pilih warna untuk membedakan garis penanda. Secara default, warna yang ditentukan di sana adalah merah untuk largest (penanda yang 1 cm), abu-abu gelap untuk medium (penanda yang 0.5 cm), abu-abu terang untuk smallest (penanda yang 1 mm). Kalau mau ganti warna silakan pilih warna yang tersedia atau klik Custom, trus pilih aja warnanya (dialog box nya muncul di atas, jadi scroll dulu page nya agak ke atas ya :P). Setelah beres pilih warna, klik tanda X.
    setting buat bikin milimeter block
  4. DOWNLOAD PDF


Tada... ini dia hasilnya....


Contoh 2 Membuat kertas semilog

  1. Pilih Brick, Asymmetic, and Speciality karena di situlah ada kertas semilog nya.. :P

    pilihan mau bikin semilog
  2. Pilih Log/Semi-log di bagian Speciality

    speciality dipilih untuk pilih yg semilog
  3. Atur-atur ukuran, warna.
    PDF document size
    pilih A4 juga.
    Minimum border sama lah kaya di atas.
    Line Weight dibiarkan saja.
    X Axis. Untuk membuat kertas semilog, berarti salah satu sumbunya harus linear. Nah, saya memilih sumbu X nya yang linear dan 5 lines per cm (menjadi penanda 2 mm), bagian include fine division dicentang atau tidak saya tidak lihat perbedaannya..hmmm
    Y Axis. Sumbu Y yang saya pilih untuk mempunyai skala logaritma, jadi saya pilih banyak siklus yang akan dibuat. Saya pilih 2 cylces.
    Line color.. saya pilih black aja ah
    setting semilog
  4. DOWNLOAD PDF
ini hasilnya...
semilog 2 siklus
Gimana? terbantu ga? dapet gratisan kan? ingin berterima kasih pada pembuat generator itu? cukup dengan mengklik iklan di sana cukup membantu para pembuat web tersebut :D

Silakan dicoba


Artikel Terkait



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

2 comments:

Anonymous said... Reply

Thx ya..
sangat membantu sekali grafik semilog-nya.

salam

Muhammad Rifki_keperawatan2011 said... Reply

i like it,..
makasi banget yaagh,..
supper membantu,..

Post a Comment

Subscribe to: Post Comments (Atom)