Lebay? Apaan sih tu?


gambar: http://politikana.com

Lebay... suatu kata baru yang tiba-tiba mendunia (di Indonesia).. Baru? Emang kapan munculnya? Saya ga inget sih kapan munculnya.. Tapi saya cukup yakin asal mula kata Lebay ini diucapkan oleh salah satu atau mungkin semua personel Extravaganza. Extravaganza adalah suatu acara komedi (menurut artikel mengenai Extravaganza di wikipedia sih comedy variety show) yang tentunya dibuat extravagantly.. alias dalam bahasa gaul Indonesia masa kini.. LEBAY. Kalau bahasa Indonesia yang baku sih berlebihan.

Saat survei melalui google, ternyata saat baru saja menulis kata "lebay" telah disarankan 2 keywords ini: "lebay adalah" "lebay artinya". Hmm... banyak juga ya yang nanya apa sih arti dari lebay itu?

Tapi saya ga perlu lah bahas itu.. sudah cukup jelas kok untuk orang Indonesia apa artinya.. and for the foreigners those want to know what "lebay" is.. here's the most match word for lebay, extravagant.

Walau topik ini kayanya udah basi, tapi karena saya lagi suka lah sama soal bahasa-bahasaan, jadi saya mau tulis bagaimana kata LEBAY itu muncul.. ya tentunya dengan perkiraan saya juga.. hehehe..

Sebenarnya.. Lebay itu diturunkan dari kata bahasa Indonesia baku yang sangat umum.. yaitu Lebih. Untuk mengatakan sesuatu yang berlebihan, diucapkanlah dengan sangat berlebihan yaitu dengan menggunakan aksen bahasa Inggris. Karena dalam bahasa Inggris huruf "i" itu dibaca "ay" maka.. untuk mengucapkan "berlebihan" jadilah dilafalkan menjadi "berlebayan". Ya... seingat saya, yang diucapkan itu dulu berlebayan deh bukan lebay.. Sejak itu kata itu sering terdengar dan diambil "kata dasar" nya yaitu Lebay...

Akhirnya digunakan deh tu kata LEBAY dalam bahasa gaul sehari-hari.. hahahaha...


Artikel Terkait



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

1 comments:

Anonymous said... Reply

hehehe..

penjelasan yang singkat dan mudah dimengerti. walaupun saya sudah mendengar lama kata lebay, tapi baru tahu setelah membaca penjelasan di atas.

terima kasih kakak, hehehe

kamu lebay deh kak

:D

Post a Comment

Subscribe to: Post Comments (Atom)