Tidak bisa konek internet dari opera mini

Opera mini saat ini sudah menjadi program wajib dalam ponsel (handphone) sebagai sarana penghubung ke dunia internet melalui ponsel. Ya, memang untuk beberapa ponsel sudah dilengkapi browser bawaan, tapi tetap saja Opera Mini lebih user friendly dan lebih irit.
Sangking pentingnya.. pasti bingung kalau tiba-tiba muncul notifikasi "Failed to connect to the internet" dari Opera Mini.. Nah, jika muncul pesan seperti itu coba cek poin-poin berikut:
  1. Pastikan pulsa mencukupi untuk terkoneksi ke internet. Beberapa provider memberikan nilai pulsa minimum untuk dapat terkoneksi ke internet.
  2. Pastikan tempat Anda melakukan koneksi internet merupakan daerah yanopera mini ga bisa konek, failed to connect to the internetg ada sinyal dari provider.
  3. Pastikan profil internet pada ponsel Anda sudah tepat. Jika Anda sering gonta-ganti simcard, (provider) pastikan profil internet yang digunakan adalah profil dari provider yang Anda gunakan. Untuk handphone keluaran Sony Ericsson (entah semua tipe atau tidak) pastikan profil internet yang dipilih untuk Java TM juga sudah tepat.
  4. Pastikan penanggalan di ponsel Anda sudah tepat. Ada pengalaman seperti ini: Tidak bisa tersambung ke internet melalui opera mini dari ponsel Nokia 5130. Notifikasi yang diberikan dari Opera Mini adalah "Failed to connect to the internet" dan juga ada "Verification of server certificate failed". Cukup bingung bagaimana mengatasinya. Apalagi bagian internet setting di ponsel Nokia 5130 itu sangat minim, hanya ada setting APN saja. Jadi, tidak tahu apa yang harus diotak-atik. Ternyata setelah dilihat-lihat, penanggalan di ponsel tersebut kacau. Tahun yang tertera adalah tahun 2009, padahal sekarang tahun 2011. Akhirnya, setelah penanggalan diubah, opera mini sudah dapat terkoneksi ke internet lagi. Dugaan saya sih, masalah verification itu berhubungan dengan suatu tanggal. Jika tanggalnya kelewat salah, tentunya proses yang berkaitan tidak dapat digunakan.
  5. Kemungkinan provider sedang bermasalah. Kalau begini.. ya.. hanya bisa menunggu saja :D

Baiklah.. semoga petunjuk di atas bisa berguna untuk Anda-Anda yang mengalami masalah serupa.

Gambar dari: http://blog.wapreview.com/466/


Artikel Terkait



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

1 comments:

Anonymous said... Reply

Kalau yang tdk bisa dibuka hanya satu halama sedangkan halaman lain bisa?

Post a Comment

Subscribe to: Post Comments (Atom)