Gan, Gan, Juragan?

Sebutan "gan" atau "agan" sekarang ini sudah tidak asing lagi sejak digunakan di sebuah forum besar di Indonesia. Saya tidak ikut forum tersebut, karena kebetulan saat booming-boomingnya forum tersebut (dan sampai sekarang), penyedia layanan internet saya memblok akses ke sana. Jadi, saya tidak tahu jelas kenapa sebutan "gan" atau "agan" di sana digunakan, apakah itu peraturannya, atau apapunlah itu...

Secara pribadi saya tidak suka dengan penggunaan panggilan tersebut. Karena sebutan itu dulu saya dengar dari seorang pengemis.. "Pasihan Gan.. pasihan Gan.." yang dengan kemampuan bahasa Sunda saya yang tidak cukup baik, saya rasa artinya, "Kasihani Gan, kasihani Gan".. Gan di sana tentu saja maksudnya juragan. Jadi, jika ada yang memanggil orang lain dengan kata-kata tersebut kok rasanya dia merendah dirinya sendiri..

Juragan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah mempunyai 3 arti:
  1. Pemilik dan pemimpin perahu (kapal)
  2. Sebutan orang upahan thd majikan; tuan; nyonya
  3. Pemilik perusahaan (terutama perusahaan batik): ia adalah seorang -- batik yang kaya raya
Yang saya cetak tebal tentunya yang paling pas dengan penggunaan selama ini. Nah, sebenarnya kata juragan itu setara dengan kata tuan atau nyonya. Hanya saja entah kenapa citra yang saya tangkap dari orang yang memanggil "juragan" ya itu..orang yang merendahkan dirinya sendiri...

Terserahlah di forum itu mau menggunakan kata itu, tapi sangat disayangkan sebutan tersebut sudah terlalu mendunia.. sebuah perusahaan pun malah menyebut orang-orang upahannya dengan kata itu.. Ya ampun.. kebalik tuh... Untuk di luar forum tersebut saya rasa tidak perlulah digunakan kata-kata itu... tidak pada tempatnya... Apalagi di blog ini... DILARANG. Saya di sini bukan orang yang mengupah.. tidak perlulah panggilan tersebut digunakan.

Tulisan ini dibuat karena ada hubungannya dengan ini:

Apakah orang yang berbicara dengan gaya bicara yang tidak saya sukai itu jodoh saya? Haiz...


Artikel Terkait



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

0 comments:

Post a Comment

Subscribe to: Post Comments (Atom)