Meremehkan Daftar Pustaka

Hari ini saya melihat suatu tulisan ilmiah yang menurut saya menarik. Hanya saja saya langsung kecewa ketika melihat daftar pustaka dari tulisan ILMIAH tersebut.

Kenapa?
Karena daftar pustakanya ditulis dengan seenaknya, sepertinya orang tersebut meremehkan yang namanya daftar pustaka.

Saya pribadi tidak pernah menyukai penggunaan blog sebagai sumber referensi ilmiah. Blog itu tidak dapat dipertanggungjawabkan isinya. Saya sering menulis mengenai hal-hal yang menyangkut dengan profesi saya, tapi saya tidak menyarankan isi dari blog saya itu dijadikan referensi ilmiah. Yang saya tulis hanyalah untuk tambahan informasi saja.

Nah, pada tulisan ilmiah yang baru saya lihat itu, banyak sekali penggunaan pustaka yang diambil dari internet. Orang tersebut menulis kata "online" untuk menunjukkan bahwa pustaka tersebut diperleh dari internet. Tapi, begitu mengesalkan begitu saya membaca kata "blogspot", "wordpress".

Ditambah lagi ada hal menggelikan, domain blogspot diikuti dengan ekstensi .co.id... HELLLOOOOOOO,,, sejak kapan ada blogspot.co.id. NGARANG nya keterlaluan.

Selain itu ada username blogspot yang menurut saya adalah username populer, tapi bisa ya cuma 1 kata itu tanpa embel-embel lain... saat saya buka domain tsb, isinya xxxxxxxxx's SOAP OPERA... dan ga ada isinya,... Beuh... karangan lainnya yang keterlaluan

Lanjut, kok ada alamat xxxxxx.pdf.com. Banyak pustaka yang ditulis namapenulis.pdf.com.  HELLLLOOOO... waktu saya buka pdf.com itu adalah perusahaan software, sirkuit, mana ada itu pustaka yang disebutkan di situ. HELLOOOOOO, NGARANG ABIS.

Hadeuh.. kalau tulisan tersebut di-submit sebagai sebuah karya ilmiah dan saya reviewer-nya sudah pasti saya tolak mentah-mentah. Tidak perlu dibaca isinya pun saya sudah bisa menyimpulkan kualitas isinya... GA BERMUTU!


Untung saja tulisan tersebut bukanlah tulisan akhir, jadi masih bisa direvisi.. Seandainya saya bertemu dengan yang bersangkutan, akan saya beritahu kesalahan besar ini dan semoga yang bersangkutan bisa merevisi TOTAL.


Artikel Terkait



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

0 comments:

Post a Comment

Subscribe to: Post Comments (Atom)