Minuman Lengkeng

Kemarin teman saya membeli sebuah minuman yang namanya cukup unik. Setelah dilihat-lihat papan nama produk tersebut dan diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, artinya adalah ES LENGKENG. Menu minuman yang dijual cukup beragam karena terdapat berbagai perpaduan lengkeng dengan bahan-bahan lainnya. 

Buah Lengkeng (gambar dari gettyimages.com)
Yang menarik perhatian saya adalah perpaduan lengkeng dengan suatu  produk olahan buah yang memang sudah terkenal dapat meredakan panas dalam. Untuk saya yang cukup sering terkena panas dalam, memang produk olahan buah tersebut sering saya gunakan dan memang terbukti khasiatnya. Nah, setahu saya LENGKENG dan keluarganya seperti rambutan itu jika dimakan berlebihan dapat menyebabkan panas dalam (belum ditemukan referensinya, pernyataan ini berdasarkan pengalaman pribadi). Di wikipedia terdapat pernyataan sebagai berikut:
In Chinese medicine the longan, much like the lychee, is thought to give internal "heat" (上火).
Hmmm.. internal heat.. panas dalam? hahahaha :P. Ya..ya.. becanda itu mah.. hehehehe.. Tapi, itu menunjukkan bisa jadi memang lengkeng memberi PANAS.

Produk ES LENGKENG tersebut dipromosikan dengan kata-kata bahwa minuman tersebut berkhasiat, menyehatkan, menyegarkan dan DAPAT MEREDAKAN PANAS DALAM.

Bayangkan jika saya sedang terkena panas dalam, kebetulan membaca kata-kata promosi seperti itu, ditambah jika kebetulan saya penyuka lengkeng, ditambah saya tidak tahu lengkeng dapat menyebabkan panas dalam, saya rasa saya akan memilih menu yang dicampur dengan LENGKENG untuk dibeli. Dalam kondisi ini apakah panas dalam saya reda? Saya rasa tidak.

-----------------------------------------
Saya berusaha mencari informasi mengenai produk tersebut, siapa tahu ada penjelasan mengeai khasiat produk tersebut yang dapat menjawab kebingungan saya. Sayang sekali begitu dicari di google, yang ditemukan hanyalah web-web yang berisi penawaran kerjasama waralaba produk tersebut. Walaupun ada yang menulis produk tersebut telah sukses selama 10 tahun di negara asalnya.. tetap saja, perpaduan dalam minuman itu tidak masuk logika saya. Seandainya tidak ada klaim khasiat dapat meredakan panas dalam itu saya tidak akan berbingung-bingung ria di sini...(klaim khasiat kan hanya boleh untuk produk obat-obatan, produk makanan dan minuman tidak boleh mencantumkan klaim khasiat)

Lagipula cukup lucu, khasiat yang ditulis pada papan produk bukanlah khasiat produk secara keseluruhan, melainkan khasiat dari masing-masing buah. Saat dipadukan dalam satu produk apakah tidak terpikirkan adanya hasil yang tidak efektif?
-----------------------------------------

Hal ini menunjukkan bahwa 
untuk menjual minuman saja diperlukan APOTEKER.. 
hahahahahaha


Artikel Terkait



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

0 comments:

Post a Comment

Subscribe to: Post Comments (Atom)