Upgrade Layanan Message Facebook

Layanan ini saya rekomendasikan untuk orang-orang yang selalu membuka facebook, tapi malas untuk membuka email sendiri. Bayangkan, masa iya kirim bagian laporan, pengolahan data via note atau wall facebook... :P

Kebetulan melihat status dosen saya yang menanyakan bagaimana cara mengirim file (berupa ppt, word, pdf, dll) melalui facebook. Caranya, mudah.. tinggal kirim lewat message saja jadikan file yang akan dikirim sebagai attachment. Memangnya bisa? Rasanya cuma bisa attach link, picture, ga bisa attach file ah... Sekarang sudah bisa kok :D, asalkan layanan message di akun facebook kita di-upgrade. 
MANTAP.. facebook sudah merambah dunia email... setelah upgrade saya langsung mencoba mengirim file .doc dan .jpg pada teman saya, dan kata teman saya, kedua file tersebut berhasil diunduh :D

Beberapa minggu lalu, saat saya login ke akun facebook saya, langsung muncul undangan untuk meng-upgrade layanan message facebook. Tinggal ikuti saja petunjuknya.

Nah, untuk kasus dosen saya, kebetulan beliau tidak mendapatkan undangan seperti itu (entah kenapa). Apakah kita bisa mendapatkan undangan itu? Setelah bertanya pada Google, ternyata kita bisa mendapat undangan itu jika ada teman yang sudah upgrade dan mengirim undangan tersebut atau kita bisa meminta undangan upgrade tersebut langsung pada facebook.
Facebook New Messages

Berikut layanan yang akan didapatkan jika meng-upgrade layanan message facebook
  1. Mendapat alamat email @facebook.com. Untuk yang sudah pernah memilih username untuk profile facebook-nya, maka alamat email yang diberikan adalah usernameanda@facebook.com. Saya mencoba mengirim email beserta attachment ke alamat email ini, hasilnya message dan attachment muncul di inbox fb. Untuk pengiriman email selain ke user fb pun bisa.
  2. Mendapat layanan email layaknya yang disediakan penyedia layanan email seperti yahoomail, gmail. Contohnya ada pilihan forward, bisa memasukkan pesan ke dalam archive, bisa mencari pesan tertentu dengan kata kunci isi pesan atau nama pengirim, bisa kirim dan download attachment. Kapasitas? Tampaknya unlimited.
  3. Pengelompokkan pesan berdasarkan pengirim. Pesan yang ditampilkan dikelompokkan berdasarkan pengirimnya. Jadi, saat membuka pesan (yang kita kira adalah 1 pesan), ternyata yang muncul adalah semua pesan yang pernah kita terima dari orang tersebut. Juga untuk hasil chat, akan tersimpan sebagai pesan (chat yang dilakukan setelah upgrade).
    Tapi gara-gara ini, untuk kirim message jadi ga pake subjek.. bingung juga. Kalau kirim ke email di luar facebook, subjek yang terbaca adalah "Conversation with...."
    Kebingungan yang lain kalau lagi chat dengan orang yang belum upgrade message nya.. Pernah dong chat sama orang, terus dia bilang gini, "okay, send to my inbox" .. dan saya bingung karena saat saya membuka menu message, ternyata pesan yang akan saya kirim ke inbox dia sudah ada di sana (yang ternyata karena saya sudah menulis pesan tersebut di chat dan isi chat tersimpan di sana, tentu saja pesan tersebut jadinya sudah ada).
  4. Integrated messaging. Jadi message biasa, chat, text messaging (SMS) ngumpul semua dalam 1 folder.
  5. Bisa kirim SMS gratis. Yup, kita bisa memilih agar pesan kita juga dikirimkan sebagai SMS ke penerima pesan, dengan SYARAT, penerima pesan telah mengaktifkan layanan facebook SMS.
Berikut masih layanan yang diperoleh, tapi saya hanya copy paste, ga diterjemahin pula... dari web lain karena belum pernah nyobain sendiri:
  1. Smart filtering: You’ll always see what’s important to you first – messages from the people you’re close to take precedence over mailing lists. Intinya, kita bisa melihat pesan yang penting terlebih dahulu? Masa iya ya?? rasanya belum pernah tuh.
  2. Unsubscribing, or removing yourself from a conversation: Leave a group conversation when you no longer wish to receive new messages. Ow, bagus sekali untuk pesan masal yang menganggu..
  3. Adding people to group conversations: Loop new people into the conversation, giving them full access to everything that’s been said so far. Bagus juga daripada harus buat pesan baru kalau mau masukkin orang..

Cara untuk mendapatkan layanan message facebook yang baru (yeah, all new facebook messaging service), silakan dibuka web di atas atau klik di sini, karena saya agak malas untuk membuat tutorialnya lagi :P



Oiya, invitation akan dikirimkan jika tersedia (kalau ga salah kata Facebook gini, "The invitations will be send as soon as more are available"..


Sumber:
  1. iNiyant: How to Upgrade to the all new Facebook Message Service!
  2. Pengalaman pribados


Artikel Terkait



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

0 comments:

Post a Comment

Subscribe to: Post Comments (Atom)