Opera

Opera..kue mewah pertama yang saya makan tampaknya... Kue coklat dengan lapisan-lapisan hmm...apa ya.. Ada bolunya, apa itu ya? Moose? Ya apapun lah itu.. Yang pasti waktu pertama kali makan kue itu... ENAK!

Hari ini, karena ada yang traktir, saya memilih kue mewah tersebut. 1 potong dengan ukuran kira-kira 3x5x7 cm seharga Rp. 17.000,- wew... Ternyata, rasanya manis doang.. Hahahahahhahahaha... Baguslah, berarti saya ga akan sok-sokan mau makan kue mahal... Lah rasanya cuma manis doang.


Tapi ya kembali ke sejarahnya itu.. Opera, kue bersejarah dalam hidup saya.. Kue yang tampaknya ga akan pernah saya lupakan seumur hidup saya. Ini salah satu hal yang bisa saya ingat selain hal-hal menyebalkan yang saya ingat...


Opera...


OPERA... Ah, bahkan punya resep bikinnya.. Nih lah diketikin langsung dari bukunya..



Adapted from a complex French recipe, this dessert is a true work of art. It consists of layers of sponge cake, chocolate ganache, butter cream and coffe syrup, finished with a rich chocolate topping

Preparation time 1 hour 45 minutes + refrigeration
Total cooking time 1 hour

Serves 4-6

Almond Sponge
75g icing sugar
2.5 tablespoons plain flour
75g ground almonds
3 eggs
15g unsalted butter, melted and cooled
3 eggs white
1 tablespoon caster sugar

Chocolate Ganache
200g good quality dark-chocolate, finely chopped
120mL milk
110mL thick (double) cream
50g unsalted butter, softened


Coffee Syrup
1.5 tablespoons caster sugar
1.5 tablespoons instant coffee

Butter Cream
70g caster sugar
1 egg white
1 tablespoon instant coffee
100g unsalted butter, softened

Cara membuat (diterjemahin deh, sekalian pengen tau juga :P)
Untuk membuat spons, panaskan oven ke 220 derajat celcius
Loyang 20x30cm dilapisi kertas roti
Masukkan icing sugar dan tepung ke mangkuk besar, campur dengan almond. Masukkan telur dan whisk (?? Apa ya??) hingga warnanya pucat. Fold in (ehhh??? Apa lagi ini masa dilipet) menteganya. Whisk (lagi) si putih telur sampai kaku (ya keras-keras gitu), masukkan gula dan whisk sampai terbentuk puncak-puncak (peaks loh katanya) kaku. Dua pertiga bagian dikocok (whisk jigana mah kocok ya??) dengan campuran putih telur ke dalam campuran almond, lalu dengna hati-hati tambahin sisa campuran putih telur aduk sampai rata. Tuang ke loyang, sebarkan, panggang 6-7 menit sampai warna keemasan. Pinggirannya dipotong pake pisau biar lepas dari loyang gitu loh, keluarin hasil panggangannya ke rak kawat yang dialasin kertas. Kertasnya biarin di kuenya.. Ga usah dilepasin...

Bikin GANACHE..
Coklat masukin ke mangkok. Panasin susu dan 30 mL krim sampai deket-deket titik didihnya (makjang, cem praktikum aja nih.. Hahahahahhaa), berarti jangan sampe ngagolotok jigana mah... Tuang ke dalam coklat, tambahkan mentega, campur hingga halus, diemin sampai bisa disebarin.

Bikin sirup kopi... Pantesan tadi ada rasa kopinya
Larutkan gula dalam 90 mL air di panci, didihkan, masukkin kopi.

Bikin Krim mentega (butter cream)
Masukkan gula dan 3 sdm air ke dalam panci kecil dengan dasar yang keras. Buat sirup gula. Sementara itu (Meanwhile...) aduk telur putih sampai terbentuk puncak-puncak yang halus. Lanjutkan pengadukan dan tuangkan pelan-pelan sirup panas, tuangkan di antara mixer dan sisi mangkok. Aduk sampai dingin. Larutkan kopi dalam 1 sendok teh air mendidih, dinginkan sampai suhu ruangan dan tambahkan ke dalam campuran mentega. Kocok dengan setengah campuran telur putih. Tambahkan sisanya, aduk rata.

Potong spons jadi 3 potong.. Masing-masing 10x20cm. Basahkan 1 potong degan sepertiga sirup kopi, oleskan setengah krim mentega. Tutup dengan lapisan spons kedua, basahkan dengan sirup dan oleskan ganache. Tutup dengan lapisan spon terakhir, basahkan dengan sisa sirup kopi dan oles dengan sisa krim mentega. Haluskan bagian atasnya... Dinginkan hingga lapisan mentega mengeras.


Lelehkan ganache yang tersisa (ditim). Panaskan krim yang tersisa hingga dekat titik didihnya lalu campur ke dalam ganache, aduk. (hahahahhahaha, jadi inget pas praktikum bikin ovula ini mah.. Hahahahhahaha). Dinginkan hingga dapat disebarkan, sebarkan di atas kueeeeeee....




Gimana...gimana... Ada yang mau coba??? Tampaknya bahan-bahannya ga susah-susah amat. Kerjaannya juga cuma ngocok-ngocok doang.. Tapi kerja sama coklat ya.. Bweeehhhh, oleum cacao, hahahaha, (keluar ilmu bikin supositorianya..)...




Opera, 6 Juni 2011


Artikel Terkait



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

0 comments:

Post a Comment

Subscribe to: Post Comments (Atom)