Thanksgiving Thursday: Days off

Day off, berdasarkan The Free Dictionary, ada dua arti:
  1. Hari/waktu di mana kamu tidak perlu bekerja
  2. Liburan

Sejak beres kuliah bulan Juli sampai hari ini akhirnya merasakan yang namanya DAYS OFF.. 7 tahun tidak henti-hentinya kuliah..Untuk thanksgiving thursday ini bukan untuk seminggu jadinya.. tapi ya kurang lebih 2 bulan.. hehehe.
Selama days off ini, ada banyak hal yang patut disyukuri. Days off, emang sih kesannya idle, nganggur gitu, tapi walau begitu, ada banyak hal yang terjadi selama days off itu :D
  1. Sebelum wisuda, udah dapet kerjaan pertama: Sebagai dosen pengganti.
    Waktu itu lagi butuh duit banget.. Soalnya urusan keluar dari kampus itu ngabisin banyak banget biaya.. Pas dapet kerjaan ini seneng banget.. Wah Tuhan emang tau aja aku lagi butuh uang.. Tapi, honornya belum dibayar-bayarin sampe sekarang eh tapinya lagi.. aku dapet berkat lain :D
  2. Aku dan adikku diwisuda di periode wisuda yang sama. Kokoku yang sekolah di luar negri juga diwisuda di waktu yang berdekatan (beda 1 bulan). Jadi, tahun ini muncul 3 sarjana baru di rumah. Koko (PhD), aku (M.Si.), adikku (S.Si.). Bisa diwisuda di periode ini jujur aja keajaiban. Kalau bukan Tuhan yang campur tangan, koko harusnya belum bisa PhD taun ini, aku.. penelitianku bikin pusing ga tau apa yang harus dibahas, pokonya ajaib banget dah waktu itu bisa maju seminar dan sidang. Adikku... dulu pas sekolah wah dia mah paling mengkhawatirkan lah.. Eh, ternyata dia bisa lulus tepat waktu dengan predikat CUM LAUDE pula.. Penelitian dia lancar jaya.. bahkan hasil penelitian dia itu support penelitianku.. hahahhahahaha.. Tuhan emang ajaib. Topik tesisku dan topik tugas akhir dia bisa sama.. padahal kami beda jurusan, beda fakultas, beda pembimbing....
  3. Ikut job interview pertama kali.. langsung di perusahaan  besar.. lolos di tahap awal, tapi ga ada kelanjutannya sampe sekarang. Tuhan akan tempatkanku di tempat yang tepat. Walau pengen banget kerja di tempat itu... keren kayanya.. hahahaa. Tapi ya percuma juga kalau cuma mengejar "kekerenan" itu.
  4. Lanjutan dari No. 1, nah jadi dengan duit yang seada-adanya yang tinggal segitu-gitunya aku beliin hadiah kelulusan untuk juniorku. Aku beliin dia NIV Bible, dia emang udah pengen banget punya NIV Bible. Seperti diketahui, NIV Bible itu ga murah tapi aku beliin juga.. karena aku berharap dia bisa tau, hafal, kenal, menghayati ayat-ayat Alkitab dalam bahasa Inggris. Emang aku ga bilang ke dia langsung tentang tujuan yang satu ini.. tapi harusnya sih dia ngerti maksudku itu. Aku kasih dia hadiah itu di suatu hari Kamis. Dia seneng banget.. iya dong pasti :D Ya udah, liat dia seneng aku juga seneng.
    Malemnya, ada acara di gereja.. berhubung anggota keluarga lagi lengkap karena si koko lagi pulang ke Bandung, jadilah kita sekeluarga pergi ibadah bareng.. padahal biasanya klo ada acara kaya gitu yang pergi cuma mama papa aja.. hehehe.. Nah, pas di gereja.. ibu gembala manggil-manggil aku dan adikku terus ngasih bungkusan gitu ngucapain selamat atas kelulusan kami. Pas pulang, dibuka deh bungkusannya... isinya Alkitab (bahasa Indonesia) dan amplop berisi uang tentunya... yang jumlahnya lebih dari 2 kali lipat harga NIV Bible yang aku beliin untuk juniorku itu. Emang ya.. Tuhan ga pernah utang sama kita. Ajaib banget deh Tuhanku ituuu....
  5. Diberi jawaban atas 3 pertanyaan yang mengganggu ketenangan hidup.
    Jadi, suatu hari aku minta tanda sama Tuhan atas 3 perkara.. dalam waktu yang sesingkat-singkatnya, dapet jawabannya. Tapi ada tindakan-tindakanku yang salah, jadinya yaaaa... kecewa deh, marah sama Tuhan. huhuhuhuhuhu.. kalau inget-inget itu rasanya bodo banget sih gua, yang salah kan gua bukan Tuhan..
  6. Diberi kesempatan kerja di kampus walau harus dilepas juga. Padahal udah kebayang banget kalo kerja di kampus itu bakal ngapain, mau ngapain, bisa ngapain.. Walau gajinya agak-agak di bawah standar.. hahahaha..Duh apa ini bukan tempat yang tepat juga ya? Aku jadi bingung mau kerja di mana ini.. huhuhuhuhu... Tapi ini juga yang Tuhan ingatkan:
    Apapun juga yang kamu perbuat, perbuatlah dengan segenap hatimu seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia.
    Kamu tahu, bahwa dari Tuhanlah kamu akan menerima bagian yang ditentukan bagimu sebagai upah. Kristus adalah tuan dan kamu hamba-Nya.
    (Kolose 3:23-24)
    Jadi, di manapun Tuhan tempatin aku (bukan di tempat yang aku mau sekalipun), aku harus kerja dengan segenap hati.
  7. Dikasih ujian, dikasih masalah emosional... yang sampe sekarang ga beres-beres. Tapi dibalik masalah itu, dibalik ujian itu.. aku jadi ngeliat, Tuhan mau aku naek level.. yah, tapi seperti ujian apotekerku yang 3 kali itu, ujian yang ini juga kayanya ga langsung lulus deh... Manusia menajamkan sesamanya. Tuhan pakai orang di sekitarku untuk membuatku naek level. Dengan beberapa orang tertentu masalah bukannya makin beres kok malah makin kacau ya... hatiku masih keras untuk masalah itu... Masalah dengan orang lain mulai dibenahi, Thx Lord.. Tuhan selalu kasih cara supaya akhirnya masalah itu bisa dibicarain. Jadi, ya.. aku harus belajar untuk ngelembutin hati. Ga gampang.. barusan aja ngerasin hati lagi..
  8. Ketemu 2 blog (blognya ci Lia dan ci Shinta) dan 1 majalah (Majalah Pearl) yang sangat memberkatiku. Kerjaan pas days off ini didominasi dengan internetan.. untunglah ketemu tempat yang tepat. Aku bukan orang yang suka nyari-nyari buku rohani, baca buku rohani juga ga pernah..
  9. Belajar soal Godly Relationship dari blog ci Lia, ci Shinta juga majalah Pearl.
    Setelah lulus kuliah, yang dipikirkan adalah melamar kerja atau menunggu dilamar. hahahahahaha. Tapi ya, aku ga ngerti apa-apa soal relationship. Lalu, datanglah suatu hari di mana ada orang yang share blog ci Lia yang "Save you first kiss". Jujur aja sebenernya aku ga mau buka link itu.. Tapi akhirnya aku buka link itu dan bener-bener diberkati. Aku baca blog ci Lia dari awal tapi ada yang kelewat-kelewat juga. Rasanya bener-bener dibuka hal-hal baru yang selama ini emang ga pernah kepikiran, yaitu soal Godly Relationship. Selama ini ya soal relationship yang aku tau relationship secara dunia.. dari blog ci Lia, dibawa ke blog ci Shinta.. sama, aku juga baca blog ci Shinta dari awal, ngeliat gimana Tuhan bekerja, betapa Tuhan itu baek banget, dan bagian ini nih: God loves to spoil her... I believe He loves to spoil me too :D. Setelah itu ke majalah Pearl.. aku bukan orang yang suka baca majalah, majalah itu tebel.. 90 halaman, tapi aku ga ngerasa bosen bacanya..dan pastinya merasa diberkati.
  10. Jadi penasaran sama visi hidupku.. Waktu kuliah apoteker dulu, pernah dikasih tugas soal visi-misi... ya ampun setengah mati ngerjain itu tugas. Bener-bener ga tau visiku itu apa. Ternyata visi itu penting banget. Hal ini ga pernah dipikirin..  abis kuliah cari kerja.. ga peduli Tuhan ciptain aku untuk apa.. yang penting hidupnya ga ancur, udah itu doang deh. Makasih banget Tuhan, Engkau ingatkan klo aku diciptakan sebagai alat-Mu. Aku mau jadi kursi yang dipakai jadi tempat duduk, bukan jadi kursi yang dipake buat ngelemparin orang. Duh tapi sekarang kok udah jarang didoain ya. Ayo doain lagi.. doain lagi...
  11. Hubungan dengan Tuhan mulai dibenahi.. walau masih jatuh bangun.. Sejak penelitianku kacau balau ga jelas itu... akhirnya aku bener-bener ketemu Tuhan, bener-bener ngerasa kalau aku ini bukan apa-apa tanpa Tuhan.
  12. Ikutan Baksos... awalnya sih niatnya mau jadi apoteker yang baik dan benar.. tapi kenyataan di lapangan itu bener-bener di luar idealisme.. Jadi sedih karena belum bisa jadi apoteker yang bener-bener memberkati. 
  13. Diingatkan supaya ga sombong (lewat tulisan ci Shinta yang "Being a Follower of Christ in a digital era").. niatnya sih bagus awalnya mau membantu.. tapi ujung-ujungnya jadi minta "credit" ya... mau diinget.. mau dianggap berjasa... haduhhh... padahal kan gua bukan apa-apa.. only tool.
  14. Diingatkan soal, "that man"... will that man be good father for my children? (Mencari Ayah yang Baik untuk Anak - Anakku)
  15. Ikutan program Thanksgiving Thursday :D
    Program Thanksgiving Thursday itu program yang diadain sama ci Shinta yang tujuannya adalah untuk ingat berkat-berkat apa aja yang udah kita dapet dan bersyukur atas semua itu..
Who am I that You are mindful of me
that You hear me when I call?
Is it true that You are thinking of me?
How You love me it's amazing

I am a friend of God
He calls me friend


Artikel Terkait



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

0 comments:

Post a Comment

Subscribe to: Post Comments (Atom)