Smile:)

Kemaren malem.. ngeliat jurnal penelitian adikku.. Seneng ngeliatnya.. padahal baru dikit yang dia tulis. Tapi dia itu nulis segala macem, apa yang dia dapet dari literatur A, B, C. Trus dia ngegambar percobaan yang dia bikin, juga hasilnya.. Ya, dia sih bakat ngegambar.. jadi gambaran dia bagus.

Tapi ada satu hal yang bikin aku tersenyum.. Di tiap akhir halaman jurnal itu, dia bikin tanda penutup. Jadi, liat contoh jurnal di buku The Organic Chem Lab Survival Manual (keren ga tuh judulnya? hahahahah)... klo ada lebihan space di halaman kudu dikasih tanda tutup, jadinya nulis lagi yang baru di halaman selanjutnya. Dulu.. rasanya pernah ngasih tau ke dia itu.. Dia bilang sih udah tau.. Waktu ngeliat itu, entah dia emang udah tau atau karena dia inget karena pernah dikasih tau ama cicinya ini.. pokonya seneng banget dah liatnya :P

Jadi inget pernah ditanya ama temenku, siapa cowok dan cewek yang terpenting dalam hidup lu?
Dengan mantap jawabannya, klo cowok ya ade gua, klo cewek ya (yang udah gua anggap) ade gua..
Adik-adikku mengapa kalian begitu penting dalam hidupku...

Sebelum melihat jurnalnya itu, dia baru pulang dari kampus. Trus gua nyalain laptop soalnya tadi paginya dia bilang pangcariin bahasa Inggrisnya taneman yang dia pake. Trus buka google deh, ketemu.. share link-nya di fb.. hahaha. Trus dia nyerocos deh, Kenapa ya ci hasilnya begini, begitu? Trus pas gua liat lagi di jurnal ternyata ngerendemnya harus sekian menit, dikocok. Lu tau kan dikocoknya gimana? (iya.. gua tau.. diagitasi gitu kan?). Eh, benih itu harus mati dulu sebelum bisa hidup.. itu gua denger di mana ya? (ada di Alkitab itu..). Cariin dong, lu kan punya Alkitab di laptop (iya.. apa ya keywordnya? Benih? -dan ga ketemu... hahahah-, udah lah tanya google aja). Ah gila, sekarang semuanya aja di google (Ya, ada teknologi dipake dong -dan ketemu-).

Hai orang bodoh! Apa yang engkau sendiri taburkan, tidak akan tumbuh dan hidup, kalau ia tidak mati dahulu. (1 Korintus 15:36)

Trus si mama kasih ayat juga,
Aku menanam, Apolos menyiram, tetapi Allah yang memberi pertumbuhan. (1 Korintus 3:6)

Duh, seneng banget dah penelitian dia ada jawabannya di Alkitab... :)

Kemarennya..waktu dia siap-siap ke kampus. Ci, benih itu harus gua rendem dulu di cairan itu (Eh, ga rusak tuh?), ya bentar aja lah.. Trus ya gua tuh harus nanemnya ga boleh ada oksigen biar bagus, kata si jurnal in absence of oxygen (wah kudu pake nitrogen dong lu?). Iya.. (wah gimana tuh? Lu alirin aja pake balon). Males gua, soalnya adanya nitrogen cair (masa sih ga ada yang gas? di lab gua ada) Ada sih, tapi di lab tetangga males gua ke sana. Temen gua ya yang harus ngereaksiin di suasana inert pake tu gas nitrogen aja kedinginan dia, padahal udah pake sarung tangan segala.. (Eh, gua liat di mana ya itu.. di film a journey to center of the earth, ada geek yang masukin es krim ke nitrogen trus dia makan). Ah, nitrogen mah kita juga makan di Chiki (-padahal udah ga pernah makan Chiki- Ah iya, udara kita aja 70% Nitrogen pan...). 
-Dari ngomongin gas nitrogen sampailah ke pembicaraan ini-. 
Eh temen gua ada yang aneh, dia bilang dia ga nemu asam karbonat trus kata gua ya iyalah mana ada asam karbonat (bengong) Lu ga tau juga lagi? (Emang apa?) asam karbonat itu mah klo kata gua air dan CO2 yang menguap (oooooo...), ga stabil banget di air, CO2 kan ga larut air (-teringat titrasi campuran karbonat-bikarbonat- emang temen lu perlu untuk apa?) Mau bikin buffer karbonat dia (jadi pake apa dong bikinnya? natrium karbonat-bikarbonat ya?) Iya.

Kemaren malem itu.. mikir, waktu-waktu ngobrol ama si Bill ini ga banyak ya sekarang.. trus omongan kita pasti yang ilmiah-ilmiah gitu.. hahahahaha. Jadi inget, pas giliran gua tesis dulu.. topik kita kok bisa sama.. trus penelitian dia mendukung banget penelitian gua... Dulu waktu dia ga keterima SPMB (iye.. dia ga keterima dongg), dia milih ngikut jejak cicinya sih.. Farmasi.. (tapi bukan Farmasi kok dia sekarang) hahahahahhaa.. temennya yang hmmm... yaaaa kemampuannya ga jauh lah, keterima di Mesin. Ihhh, rasanya nyesel kenapa ga nyuruh si Bill milih Mesin aja.. Tapi klo dia bener masuk Mesin, ntar siapa dong temen ngobrol gua di rumah.. trus apa kabar tesis aye itu? Walau kita juga suka ngomongin yang nyambung-nyambung ke fisika.. hehehe. Tapi klo mundur lebih jauh ke masa-masa SMP.. gua tuh ama dia bisa ngomongin temen-temennya, dia cerita gimana dia ngejailin dua cewek yang duduk di depan dia.. trus ngejodoh-jodohin dia ama temen-temennya.. Ah, lu suka sama si ini ya.. si itu ya.... hahahaha. Gua sebutin semua nama cewek seangakatan dia yang gua tau, sekarang.. gua ga tau satupun nama temen cewek seangkatannya.. Dulu, gua bisa tanya temen dia (yang akhirnya jadi temen gua), besok ada PR apa? Ulangan apa? Soalnya si adikku ini paling susah klo disuruh bikin PR dan belajar.. Gua harus tau dia punya PR ama ulangan apa.. Dia itu ternyata ribut di kelas.. gua yang ketemu wali kelasnya minta dia pindah tempat duduk (disuruh si mama sih.. hehehe).

Dulu pernah dia dapet PR disuruh bikin ringkasan cerita sinetron.. duh dulu tuh ya jamannya Bidadari si Marshanda itu.. Jaman dulu pula, kita tuh dilarang nonton TV (ya, begitulah.. padahal ini tuh tugas, tapi tetep kita takut minta ijinnya.. padahal pasti dibolehin lahhh). Akhirnya, ya ga bisa ngerjain PR dong.. trus si cici ini dong yang minjem PR si temen itu... trus dimodif.. hahaahahaha.. PARAH!

Nah, klo dia punya PR atau ulangan.. pasti si cici ini yang ngajar dia. Trus sebelum atau pas hari itu pasti nanya yang sama ke si temen.. Dia bisa ga, ada yang perlu diajarin ga? Jadi.. sekali belajar, dua kali ngajar. Hmmm.. pasti gara-gara mereka berdua ini deh gua jadi demen banget yang namanya ngajar. Kalau ulangan umum.. kan ngajarin si Bill di rumah, besok paginya.. ngajar si temen, nanya pertanyaan yang ditanya ke si Bill, ngajarin apa yang diajarin ke si Bill.. trus, dia suka bilang gini, "Eh, tadi yang lu tanyain keluar lohh..." *happy* -tentunya dia jadi bisa jawab pertanyaan itu kan..-

Inget banget, waktu itu ngajarin dia itungan fisika yang energi kinetik = energi potensial.. inget banget itu di mana, inget banget itu pake pensil apa.. Tapi lupa soalnya.. hahaha.. sayang..

Dulu, PR gua itu PR favorit untuk dipinjem.. tapi gua ga pernah minjemin ke temen sebangku gua.. Trus dia bilang gua pelit..Hadeuh.. padahal gua tuh ga minjemin karena mau ngajarin dia, jadi dia bisa ngerjain sendiri.. Ah, emang aneh orang teh.. Makanya bahagia banget ketemu temen yang ga akan pernah minjem PR gua dan yang mau diajarin.. 

Seperti karena garis tutup yang si Bill buat di jurnal  membuatku tersenyum karena mungkin karena inget kata-kataku, si temen ini juga melakukan hal yang serupa yang bisa membuatku tersenyum sekarang. Suatu hari gua mulung kaleng bekas.. trus dia bilang ih jorok, mulung sampah. Ihhh.. bagus tau kalengnya.. hahahaha.. Tapi sejak itu dia jadi suka ngumpulin kaleng bekas, 'til now.. Terus pernah ada tuh yang lagi minum minuman kaleng, dan kita berdua malah parebut tu kaleng bekasnya.. bener rebutan apa emang udah dikasih ke dia ya?? forgot the details.. yang pasti kaleng itu jatoh dan penyok.. dan intinya kaleng penyok itu ada di dia.. Tapi waktu gua ulang tau.. dia kasih kaleng itu (as one of my birthday giftssss), kalengnya dibungkus kertas trus dia gambar-gambar dan ada tulisan: Treasure. Main birthday gift (yang dia sembunyikan di antara banyaknya hadiah itu..) gua pasang di kalkulator.. untung aja udah diselamatkan sebelum kalkulator itu hilang.. dan sekarang, benda itu ada di genggaman tangan kanan. Everyday was like birthday.. tiap hari ada aja yang dikasih ke gua.. and all the memos.. Suatu kali gua baca memo dari dia itu kata dia, "Ntar lu turunnya jangan lama-lama ya.. gua tunggu.". Baca itu bikin nangis.. soalnya cuma dia yang pernah bener-bener nungguin gua kaya gitu. 

Waktu re-watch come to play yang WGM.. AlShin dapet pertanyaan, mereka pernah ga berharap ntuk bertemu lebih awal sebelum dipasangkan di WGM? Mereka berdua kompak bilang ga pernah berharap seperti itu karena mereka tau mereka itu ketemu di waktu yang tepat. Pas baca itu, beda banget dengan gua.. Gua berharap ketemu si temen itu dari dulu-dulu-dulu-dulu... dari sejak dia lahir.. pengen ngeliat dia waktu bayi, pengen meluk dia, pengen ngasuh dia, pengen dia ga fobia sama sesuatu (dia fobia sesuatu karena katanya ditakut-takutin ama pengasuhnya).. Ah..

Sayang ya ga ada sama sekali foto dari masa-masa SMP itu.. tapi aku masih punya ini.. (ntar korek-korek dulu)

Kiddoooo...
I miss you both..

eh iya.. kemaren malem tuh emang kepikiran mau nulis soal ini.. tapi ga jadi ahh.. eh tapi baca postingan ini.. jadiin aja deh nulisnya..


Artikel Terkait



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

0 comments:

Post a Comment

Subscribe to: Post Comments (Atom)