Thanksgiving Thursday: Sakit Maag


Untuk pertama kalinya, bener-bener ngerasa sakit maag yang mengerikan itu . Awalnya ga tau ini sakit maag atau bukan. Biasanya kalau perih-perih karena makan pedes atau asem gitu ga pernah sampe sakit maag, atau kalau rasa lambung udah ga enak, minum antasid aja udah beres. Kemaren itu, sakit maag campur masuk angin dan diare.. sakit perutnya amat menyakitkan .

Emang sih sakitnya di ulu hati gitu.. tapi bukan perih seperti sakit maag yang biasanya.. ini gimana ya.. ga tau lah mendeskripsikannya, kayanya ini yang namanya heartburn deh... Minum si antasid itu ga ngaruh sama sekali..

Makan pagi.. agak mendingan, tapi tetep aja sakit itu dateng lagi, dateng lagi.. akhirnya.. dengan ragu ini sakit maag atau bukan, aku ambil juga itu obat maag paling mujarab saat ini, inhibitor pompa proton.. Eh, setelah minum itu... rasa sakitnya ilang, muncul sih beberapa kali.. tapi jelas banget sekarang udah sangat lebih baik .
Setiap ngomongin obat maag, aku inget waktu dosenku ceritain obat maag. Obat maag itu ada macem-macem.
  1. Antasid.. ini obat maag "derajat" paling rendah, kerjanya itu dengan menetralkan asam lambung.
  2. Pelindung lambung (agak ga yakin namanya ini.. heheh, Inggrisnya mah cytoprotective agent), kalau yang ini kerjanya dengan melindungi dinding lambung dari asam.
  3. Antagonis reseptor H2.  Reseptor H2 itu kalau ditempatin sama histamin, akan mengaktifkan sel parietal di lambung terus si sel parietal itu akan mengeluarkan asam lambung deh. Obat golongan ini berkompetisi dengan histamin untuk menempati reseptor H2. Kalau obat ini yang nempatin reseptor itu, produksi asam lambungnya bisa ditekan.
  4. Inhibitor pompa proton, kalau bahasa di wikipedia untuk golongan obat ini: They are the most potent inhibitors of acid secretion available today. Jadi ini obat maag dengan "derajat" paling tinggi. Kerjanya itu dengan menghambat pompa proton di sel parietal, jadi asam lambungnya ga dikeluarin.
Makin ke sini makin ketauan kalau sakit maag itu apa sebenernya yang harus diobatin.

Atas sakit maag ini aku mau bersyukur sama Tuhan atas,
  1. Terima kasih Tuhan atas hikmat yang udah Tuhan kasih ke peneliti-peneliti.. jadi peneliti-peneliti bisa menemukan mekanisme sekresi asam lambung dan juga mikirin bikin obat maag-nya .
  2. Terima kasih Tuhan untuk penemuan obat-obat maag, terutama inhibitor pompa proton yang menyelamatkan aku dari sakit yang mengerikan kemaren.
  3. Terima kasih untuk program Obat Generik Berlogo . Jadi murah obatnya.. yang branded generic (obat generik bermerk) -nya aja masih mahal banget...  apalagi obat patennya..brrr..
  4. Hmm... berarti ada rencana yang harus ditunda karena sakit kemaren.. sebelum sakit itu aku minta Tuhan untuk kasih waktu yang tepat, waktu yang terbaik untuk rencana itu.. Waktu yang terbaik untuk renacan itu pasti bukan hari-hari kemaren itu.. Terima kasih Tuhan untuk memberikan waktu yang terbaik.
Emoticon kali ini dari qq messenger yang ada di pidgin
    Thanksgiving Thursday ini program yang dibuat untuk kita-kita supaya mengingat-ingat dan menucap syukur atas berkat yang diberikan Tuhan untuk kita. Untuk ikutan, cek aja di sini. Mau baca thanksgiving thursday dari blogger lain, cek juga di tempat yang sama

    Oiya, untuk Thanksgiving Thursday kali ini, ada pengetahuan soal obatnya juga.. semoga berguna

    God bless


    Artikel Terkait



    • Digg
    • Del.icio.us
    • StumbleUpon
    • Reddit
    • RSS
    Read Comments

    5 comments:

    Felicia said... Reply

    aku juga kemaren malam asam lambungnya naek...
    kayaknya aku punya GERD nih, tiap kebanyakan makan terus asam lambungnya naek...
    rasanya udah ngga perih lagi tapi kayak nyesek di sekitar dada dan punggung >.<
    kalo udah gitu, langsung dah menegak antasida... lumayan meredakan... :D

    Terima kasih untuk infonya Grace, jadi diingatkan lagi tipe2 obat maag deh sekarang... :)

    Grace said... Reply

    masih untung pake antasid bisa.. btw, antasid siapa? klo ditenggak jangan2 bukan antasida kantor.. hahahahaha

    kayanya sakit maag aku udah menuju yang ga bisa diobatin pake antasid.. huhuhuhhu,,, sakit banget deh Fel kemarennn.. jujur aja rasanya kaya udah mau mati.. hahahahaha..

    dulu aku ga peduli lapar.. masih bisa ditahan.. sekarang ga berani deh.. rasa lapar dikit mending makan apa lah gitu pokonya jangan kosong, trs harus menghindari makanan pedas.. padahal gua kan masih suka sambel.. hahah

    Itu kuliah Prof. Andre pas di S2.. berkesan banget loh Fel.. udah lama pengen nulis soal si macem-macem obat maag itu.. cuma belum dapet waktu yg tepat :p. Harusnya kuliah Farmol kita itu kaya gitu terus.. jadinya kan lebih gampang ngapalinnya... Buktinya, ampe sekarang masih inget tuh 4 macem obat maag :P

    Kapan-kapan klo ketemu Prof. Andre ntar usul ahh :D

    Alphaomega Pulcherima Rambang said... Reply

    Hahahahaha, Grace, aku jadi ingat perbincanganku dan seorang teman, dia cowo dan paling sebel kalo ngeliat orang sakit maag, katanya maag tu penyakit orang malas makan doang, malas dipiara trus jadi penyakit deh ^^' Kejam juga ni kawanku. TApi aku cuma manggut2 sih, coz gak pernah ngerasain sakit maag ^^

    Anyway, cepat sembuh ya...Jaga kesehatan yoooo....^^

    Grace said... Reply

    Ya emang bener sih untuk makan aja males ya udah tanggung aja konsekuensinya.. hehe..

    Thx.. udah sembuh kok sekarang :D

    hendro said... Reply

    postingannya bagus.. boleh sekalian numpang tenar yack om admin xixixixi

    Post a Comment

    Subscribe to: Post Comments (Atom)