AMM

AMM, seorang dosen di sekolah saya, di KK saya..
Dosen yang cukup "aneh" dalam mengajar, dalam memberi soal ujian, dan dalam membimbing mahasiswa TA.

Dalam kuliahnya, beliau sering mengajarkan filosofi, bahkan kadang yang beliau ajarkan itu adalah akar kata, bahasa.. Sehingga membuat bingung saat belajar untuk ujian. Sebenarnya, saya senang kok belajar seperti itu.. Hahaha.. Karena dengan diberi tahu mengenai akar kata atau penjelasan mendasar seperti itu, kita bisa mengerti suatu istilah dengan lebih baik dan tidak berhenti dengan mengerti saja tetapi bisa mengaplikasikannya dengan lebih baik. Selain itu, sebenarnya dengan cara itu membuat pola pikir kita lebih teratur.

"Manuskrip itu artinya tulisan yang dibuat dengan tangan."

"Manipulasi itu diartikan selalu ke arah negatif, menipu, padahal itu artinya diutak-atik menggunakan tangan."

"Sudah pernah buka kamus satu bahasa?"
Beliau sering sekali bertanya seperti itu.
Saya ingat pernah ditanya, apa itu "buffer"?
Jujur saja, bingung menjawabnya..

Kalau kita tidak bisa menjawab beliau pasti akan berkata, "Coba dilihat di kamus satu bahasa."

Beliau pernah bercerita mengenai pertemuannya dengan beberapa dosen dalam menyusun pedoman penyusunan karya ilmiah. Oh ya, beliau memang cocok di bidang itu :D

"Bapak mengajar kimia?"
Beliau menjawab, "Tidak, saya tidak mengajar kimia."
(dalam hati saya, Lah bapak kan ngajar kimia)
Beliau meneruskan, "Kalau saya mengajar kimia, kimia itu pada duduk di depan saya.."
(bwahahahahhahahahhahaha)
"Saya mengajarKAN kimia pada siswa-siswa saya."
(mantapppp Pak :D :-bd)


Ah, mengenai soal ujian. Beberapa kali diajar beliau, bentuk ujian yang dikeluarkan pernah berupa essay.. namun terakhir-terakhir beliau memberikan bentuk ujian dalam bentuk Benar-Salah atau Pilihan Berganda dengan sifat ujian: OPEN BOOK (hmm.. atau OPENED BOOK ya?)

Walaupun bentuk soalnya B/S beliau meminta penjelasan mengapa kita memilih B/S. Saya rasa bentuk soal ini terlihat sepele tapi susah. hahahah. Karena jika tidak tahu alasannya.. yaaaa.. mau jawab apa coba? Metode soal seperti ini hampir bisa melihat apakah mahasiswa dapat menjawab dengan baik atau tidak.

Mengenai membimbing mahasiswa TA.. hmm, ya.. everyone have their own style in supervising :P

Tapi yang pasti, walau saya bukan mahasiswa bimbingannya, saya sering ditanya, diberi masukkan oleh beliau. Ya, karena saya mondar-mandir di lab terus di depan ruangan beliau.. hahaha..

Selain hal-hal di atas saya juga melihat suatu hal yang tidak biasa dari bapak ini.. tidak seperti dosen yang lain yang sangat bersemangat mencari proyek, sepertinya bapak ini adem ayem aja.

Ah, ada juga cerita yang selalu beliau ceritakan di tiap kelas.. (ini berdasarkan ingatan)

"TELUR COLUMBUS"
Setelah Columbus pulang ke negaranya setelah dia menemukan "Hindia" itu.. Dia kan menemukannya karena berlayar ke arah barat di mana semua orang dulu berlayarnya ke arah timur.
Terus Columbus dicibir gitu deh.. "Ah, apa hebatnya Columbus, cuma berlayar ke arah barat.. gua juga bisa kaliii..."
Terus Columbus nantang "Coba tegakkan sebuah telur".
"Heh, mana bisa telur berdiri? ngaco aja.."

Columbus ngambil telur terus dipecahin dikit bagian bawah telur itu dan akhirnya bisa diberdiriin deh si telurnya..

"Ya ampun, klo gitu sih gua juga bisa kaliiiii.."

Oh yeah,, bisa.. tapi ga kepikiran kan?

Pesan Moral:
Hargai ide orang. Jangan menganggap remeh ide seseorang. Apa kita mampu mengeluarkan ide yang sama sebelum orang itu?

Cerita yang lebih tepat.. ada di wikipedia :D
Egg of Columbus

An egg of Columbus or Columbus's egg refers to a brilliant idea or discovery that seems simple or easy after the fact.
Ada banyak hal lainnya, tapi yang teringat ya itu... :)


Artikel Terkait



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

0 comments:

Post a Comment

Subscribe to: Post Comments (Atom)