Thanksgiving Thursday: Integral dan Turunan

Beberapa hari yang lalu menonton K-Movie jadul, yang ada di koleksi si koko.. Judulnya: SUNFLOWER. Ceritanya soal mafia-mafia gitu deh.. tapi bukan itu yang mau dibahas... Di film itu ada 1 hal yang menarik.. jadi ada percakapan ini:
A: Kamu tau caranya ngerjain integral?
B: Iya.. tau..
A: Kalau gitu gimana caranya ngerjain integral?
B: Ya, kerjain turunan secara terbalik.
A: -___-" kalau gitu gimana cara ngerjain turunan
B: Ya, kerjain integral secara terbalik.

G: Bwahahahhahahhahahahahhaa...
Polos pisan si B oppa jawabnya.. dan memang itu bener sih.. jadi antara lucu dan kesel. Tapi emang pinter si B oppa sampe-sampe si A yang ga ngerti integral sama sekali jadinya ngerti integral dan malah kuliah di jurusan matematika, bahkan ambil master dan tesisnya dipuji-puji.. hahahaha.. hanya dalam film :D

Jadi teringat suatu kala di kelas Kalkulus Elementer II sekitar 7 tahun lalu.. Topik saat itu: INTEGRAL. Hadeuh.. dari dulu I do really love math.. keculai yang satu ini.. apalagi kalau udah aneh-aneh bentuknya.. duh.. campur trigonometri.. yaiks... Makanya, walau cinta matematika so much, I was avoiding all engineering major.. padahal kayanya kuliah engineering lebih seru daripada di Farmasi.. hehehehehe... (rumput tetangga keliatan lebih ijo nih...). Nah, kembali ke masa-masa 7 tahun lalu itu.. Bu Dosen lagi nerangin integral.. dan rasanya otak ini nolak semua itu.. huaaaaaaa.. muncullah tetesan-tetesan air mata..
YUP.. I WAS CRYING.. tapi ya cuma nangis doang..

Sejak hari itu, semua petunjuk-petunjuk si integral, semua bentuk-bentuk integral yang aneh-aneh itu dihapalin.. bikin note kalau integral bentuk A itu jadinya bentuk A' ini. Di kelas.. hmm... ya udah bisa agak nangkep-nangkep..
Note itu disimpen di tempat yang paling atas, jadi pasti keliatan terus si note itu.. kalau sore-sore nunggu jemputan juga liatnya si kertas itu..

UTS..
deng-deng-deng-
keluar hasilnya... almost 100. bwahahahahhahahahah.. mujizaaaaaattttttttt.
ampe yang pinter-pinter di kelas ngeliat lembar jawabanku, pengen liat jawaban yang bener itu yang mana..

UAS..
Lancar jaya..

Nilai akhir: A

Doaku waktu belajar kalkulus itu selalu nyebutin gini:
Tuhan, aku belajar sama yang paling ngerti kalkulus.. masternya kalkulus.. Tuhan ajarin aku kalkulus..

Ya, kurang lebih gitu deh... hehehehhe.. 

Dia mengerti bahasa tetesan air mata..

makanya dari itu, aku merasa sangat lega kalau nangis.. Sejak itu juga, ya kalau ada apa-apa, kalau udah ga bisa diungkapkan dengan kata-kata.. pasti ngocor deh air mata.. dan kalau udah ngocor.. aku inget masa-masa Kal-El II itu..

Dari kenanganku di kelas Kalkulus Elementer II itu aku melihat betapa hebatnya Tuhan itu, dan Dia mengerti bahasa tetesan air mata.. :)

Tulisan ini aku masukkin ke Thanksgiving Thursday.
Sebuah program yang mendorong kita untuk mengingat-ingat dan membagikan kebaikan Tuhan.

Untuk ikutan dan baca tulisan dari temen-temen yang laen... silakan klik gambar di bawah ini :D


Thanksgiving Thursday


Artikel Terkait



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

6 comments:

Megasomega said... Reply

hahahahahha, kami dulu kalkulus dari kalkulus I sampe kalkulus III, kliyeng2 kepalaku, sekarang...dah lupa blassss Grace.Cape duehhh....

Vina_deve said... Reply

grace, your blog is so touchy... i really like this

Grace said... Reply

hehehehe... aku juga udah ga bisa kalau sekarang mah.. kudu buka2 catetannya lagi..

wah klo aku cuma dpt kalkulus elementer dan cuma I, II :D

Grace said... Reply

Vinnnn... hahaha.. sejak kapan mampir ke blogku? :)
touchy gmn Vin? hehehe..

anggriawan said... Reply

Wow. Itu 7 tahun yang lalu ya, Grace. 7 tahun! Time flies.. hahaha.. :))

Grace said... Reply

haahahahhahaha.. begitulah Gri.. 7 Tahun!!!!
ga kerasa emang :)
*serasa Yakub aja, 7 tahun serasa beberapa hari saja.. * bwahahaha

Post a Comment

Subscribe to: Post Comments (Atom)