e-sword

Untuk yang bingung menggunakan e-sword, ini aku bikinin tutorial singkatnya.. semoga membantu. Yang dulu pernah install e-sword dan ternyata belum dilengkapi dengan tools yang baru, sayangnya harus ganti pake e-sword yang baru. Dulu, tools-nya itu disediakan di web e-sword, sekarang download-nya harus lewat program e-sword nya.. Di e-sword yang dulu ga ada e-sword Module Downloader-nya. Jadi, ganti ya ke yang baru.

Secara default, Alkitab yang disediakan itu dalam bahasa Inggris yang KJV dan KJV+. Untuk install yang Bahasa Indonesia atau bahasa2 lain, harus download dulu. Caranya:
Klik Download >>> Bibles
 
Cari yang Indonesia
 
Pilih mau yang mana, ada Indonesian Bahasa Indonesia Sehari-hari (IBIS) atau Indonesian Terjemahan Bebas (ITB). Untuk yang biasa kita pakai sih yang Indonesia Terjemahan Bebas. Klik saja di judul yang kita mau download.
Setelah klik, nama file nya akan muncul di daftar di bawah itu (pada gambar itu  contohnya yang classic.mapx, ini memang untuk download map bukan download yang bahasa)

Setelah itu.. klik Download >>> Start (klo ga, ga akan donlot2 dia..)
contoh di bawah itu yang download classic map.. bukan yang Bibles ya...
Saat selesai download dan jendela ditutup, e-sword mengingatkan untuk me-restart program e-sword untuk melihat tools yang baru itu.. bukan restart komputernya kok...

Menggunakan commentary
e-sword sudah memberikan commentary TSK (Treasury of Scripture Knowledge), jadi untuk sementara bisa menggunakan commentary ini, tanpa harus download lagi. Jika mau download yang lain, silakan.. caranya sama dengan di atas hanya tinggal ganti tab ke bagian commentary.

Misalnya yang exercise #1 (Yosua 1:1-8)
Klik pada bagian Bible Books "Joshua" dan klik pasal 1
Baca
Keluarkan Commentary dengan cara:
Klik Commentary >>> Display Verse Comments (untuk melihat overview dari ayat)
Pada ayat yang terseleksi (pada gambar adalah Yos 1:3) maka akan keluar commentary utk ayat tsb. Jika didekatkan pada salah satu "link" ayatnya menjadi seperti ini:
tombol B C V di sana menandakan Book (kitab) Overview, Chapter overview (pasal), Verse (ayat) overview. Silakan coba diklik satu-satu..
Menggunakan konkordansi
Hmm... rasanya sih di e-sword ga ada tools yang namanya "concordance".. Jadi, fungsi konkordansi itu  untuk mencari ayat melalui 1 kata tertentu, kalau pernah pakai buku konkordansi pasti terbayang kan.. Maka di e-sword ini tinggal menggunakan SEARCH.
Klik search dan ketikkan kata atau frase yang ingin dicari, tekan enter, jangan lupa pilih versi Alkitab yang digunakan. Kalau menggunakan bahasa Indonesia di KJV ya ga akan ketemu kan..



Menggunakan Kamus Alkitab
Yang sudah terinstall pada e-sword adalah Strong's Bible Dictionary (KJV+).
Jadi, pindah ke KJV+, pilih ayatnya, klik nomernya.





Artikel Terkait



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

2 comments:

Felisia Devi said... Reply

Membantu sekali kak , thanks

Subento said... Reply

Makasih mbak...

Post a Comment

Subscribe to: Post Comments (Atom)