Gerus-gerus

Suatu kegiatan yang tidak terelakan kalau di apotek itu adalah gerus-menggerus, walau sudah tergantikan ke blender-memblender sih.. 

Untuk apa gerus-menggerus?
Buat bikin puyer..atau racikan lainnya..

Apa yang digerus?
Tablet atau kaplet, kalau kapsul mungkin tinggal dibongkar aja, tapi tetep dicampur dengan digerus atau diblender.

Nah, sebenernya ya klo dipikir-pikir, tindakan menggerus ini adalah tindakan "pelecehan" terhadap scientist. Lah, cape-cape mengembangkan formula tablet yang disolusinya bagus, yang rasanya acceptable, yang stabil, dll, dan yang pasti pake proses penilitian yang bertahun-tahun mungkin.. Di apotek ehhh malah digerus..

Lebih kacau lagi kalau yang digerus itu adalah sediaan yang ga boleh digerus.. semacam tablet lepas lambat, tablet yang disalut enterik, yang disalut film juga harusnya sih ga boleh.

Kenapa?
Sediaan lepas lambat dirancang untuk melepas zat aktif dengan pelan-pelan dan yang membuat dia bisa lepas pelan-pelan itu karena dia disalut dengan ya ada lah bahannya.. pokonya jadinya dia lepas pelan-pelan. Karena dia lepas pelan-pelan, jadinya kalau sediaan yang biasa itu kudu minum 3 kali sehari, klo minum yang lepas lambat ini mungkin malah cuma jadi 1 kali sehari. Nah, karena yang namanya dosis itu ga mungkin berubah, jadi jumlah zat aktifnya yang ditingkatin jumlahnya dan dilepas pelan-pelan. 
Apa gampang bikin sediaan semacam ini? kayanya ga gampang.. terus maen gerus aja?
Nah, mungkin kalau sediaan lepas lambat ini digerus untuk mendapatkan jumlah zat aktif tertentu mungkin ga bermasalah. Maksudnya klo sediaan itu digerus, tetep aja jumlah zat aktif yang ada sesuai dengan yang diklaim.. cuma ya itu klo ngegerus itu, kasian penelitinya...
Kalau dibelah gimana? ini yang berbahaya. Kalau dibelah, jumlah zat aktifnya jadi setengah dari yang tercantum di  etiket, tapi pelepasannya udah ga pelepasan lambat, padahal si zat aktifnya sengaja dibikin dobel atau tripel..

Sediaan yang disalut enterik dirancang untuk melindungi zat aktif yang ga tahan asam lambung, sehingga pelepasannya dirancang terjadi di usus dan bukan di lambung. Kalau digerus.. ilang deh itu salutnya.. namanya juga salut.. penutup kan? lah digerus.. udah ga tertutup dong.. Zat aktifnya kena deh ke asam lambung... Jadi?

Sediaan yang disalut film bisa bertujuan untuk menutupi rasa pahit dari zat aktif, melindungi zat aktif dari cahaya (karena ada juga yang ga tahan cahaya). Kalo digerus.. ya kerasa deh tu paitnya, yang bahaya ya zat aktifnya rusak karena kena cahaya..


Pengalaman di apotek waktu itu... ada yang mau beli obat X dan ternyata ada yang tipenya XR (extended release alias pelepasan diperpanjang yang tampaknya sama aja maksudnya sama sustained release atau pelepasan lambat). Terus, AA menyarankan untuk membelah obat itu karena biasanya si pasien minum dosis yang lebih kecil... Duhh, aa AA ini..
 
Sebenernya jadi apoteker itu hmm, banyak tantangannya :p

Jadi, pesan untuk yang kerja di apotek, jangan sembarang gerus, jangan sembarangan ngusulin belah-belah.. soalnya ga semua sediaan aman untuk digerus dan dibelah. 

-sekian-


Artikel Terkait



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

0 comments:

Post a Comment

Subscribe to: Post Comments (Atom)