Tebak-Tebakan Engineer

Di perjalanan pulang dari Seaworld itu, salah seorang bercerita tentang pekerjaan barunya yang banyak berhubungan dengan Engineer. Lalu dia bercerita kalau para engineer itu suka memberi tebak-tebakan tapi tebak-tebakannya itu ngasah otak banget.

Tebakan pertama yang masih gampang katanya..
Kalau kamu hanya punya dua bejana bervolume 5 L dan 3 L bagaimana caranya supaya kamu bisa mengukur air 4 L? Catatan: Kamu punya sumber air yang tidak terbatas.
 
Setelah berkutat dengan banyak metode, akhirnya salah seorang teman menemukan jawabannya (5-(3-(5-3))= 4).
  1. Penuhi bejana 5 L, dari bejana 5 L itu pindahkan 3 L ke bejana 3 L jadi tersisa 2 L di bejana 5 L. 
  2. Kosongkan bejana 3 L lalu pindahkan 2 L itu ke bejana 3 L.
  3. Penuhi lagi bejana 5 L, penuhi bejana 3 L yang sudah terisi 2 L (jadi pindah 1 L kan)
  4. Voila, 4 L ada di bejana 5 L

Ternyata, ada 1 strategi lain.. yang dimulai dengan memenuhi bejana 3 L. Ini dijawab oleh teman yang lain. (3+(3-(5-3)) = 4)
  1. Penuhi bejana 3 L tuang ke bejana 5 L
  2. Penuhi lagi bejana 3 L dan tuang ke bejana 5 L (yang berpindah hanya 2 L karena bejana 5 L sudah berisi 3 L).
  3. Kosongkan bejana 5 L, tuangkan 1 L yang tersisa dari bejana 3 L.
  4. Penuhi lagi bejana 3 L dan tuangkan ke bejana 5 L.
  5. Voila, 4 L ada di bejana 5 L.

Tebakan kedua, kamu punya 9 kelereng identik tapi ada 1 kelereng yang lebih berat sedikit, 8 kelereng lain punya berat yang sama. Kalau kamu cuma punya 2 kali kesempatan untuk menimbang (pake timbangan neraca yang kanan-kiri kaya untuk meracik itu), gimana cara nimbangnya supaya bisa tau 1 kelereng pencilan itu?
 
 
Awalnya berpikir untuk nimbang 4-4, kalau balance berarti beruntung, si 1 yang ga ditimbang itu yang pencilan. Tapi kalau ga beruntung ada 4 kandidat tersisa dan satu kali nimbang lagi ga mungkin bisa dipake untuk tau si pencilan itu.. hhuhuhuhuhuhuhuhuhu..
Akhirnya dapat juga jawabannya.. 
Timbangnya 3-3, kalau balance berarti tersisa 3 kandidat (yang tidak ikut ditimbang) yang harus dicek lagi. kalau ga balance berarti ada 3 kandidat juga yang harus dicek lagi.
Dari 3 kandidat itu, timbangnya 1-1 aja, kalau balance, berarti 1 yang ga ditimbang itu yang beda sendiri, kalau ga balance ya udah ketauan kan mana yang lebih berat.

Wew.. hahahahhaa..



Artikel Terkait



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

0 comments:

Post a Comment

Subscribe to: Post Comments (Atom)