Zona Nyaman

Jarang-jarang nulis tentang hal yang seperti ini. Saya orang yang tidak pernah dengan peduli, mau di zona nyaman kek, mau di zona ga nyaman kek, ya jalanin aja hidup yang sekarang ini dengan baik.
Beberapa waktu lalu bercerita dengan seseorang tentang pekerjaan dan kehidupan di dalamnya, di mana tercetus kemudian sebuah pernyataan dari seorang yang diceritakan oleh teman tadi. 
Wah, harus segera resign nih, gua udah ngerasa nyaman.
 
Eh.. agak kaget dengernya.. Kenapa udah nyaman malah mau resign? Hmm, jangan-jangan punya prinsip ga boleh ada dalam zona nyaman.
 
Tentang zona nyaman ini beberapa waktu sempat ada knowledge sharing di kantor, dan akhirnya berakhir dengan perdebatan tentang zona nyaman. Padahal rasanya ga ada nyambung-nyambungnya dengan zona nyaman bahasannya. Gara-gara ada pernyataan: "Be Yourself!", malah dikaitkan bahwa dengan be yourself maka tidak akan keluar dari zona nyaman.
 
Semakin sengitlah pedebatan itu dan akhirnya ada yang memberikan pendapat berdasarkan knowledge sharing sebelumnya dan yang saya ingat juga. Zona nyaman itu bukan untuk ditinggalkan tapi untuk diperlebar. Setuju!
 
Agak kompleks sih masalah zona nyaman ini. Tapi jika saya mengira-ngira konteksnya ZONA NYAMAN saat dicetuskan dulu, sepertinya berkaitan dengan KENYAMANAN YANG MEMBUAT MALAS ATAU TIDAK BERKEMBANG. Kalau begitu, benar juga istilah "Tinggalkan zona nyamanmu".

Nah, apakah semua kenyamanan yang dialami itu membuat seseorang malas atau tidak berkembang? Ga tuh. Coba kita analogikan dengan pohon yang ditanam di tempat tumbuhnya yang cocok. Tempat itu akan menjadi tempat nyamannya untuk hidup kan? Mana ada pohon yang tumbuh dengan baik jika tempat itu tidak cocok dengan dia. Di tempat yang nyaman itulah dia akan berkembang dan berbuah. 

Hmm, satu analogi lagi untuk yang menyukai di luar zona nyaman. Metabolit sekunder tumbuhan akan dihasilkan jika tumbuhan tersebut berada dalam tekanan. Ya, mungkin tumbuhan itu tidak di zona nyamannya, jadi dia tidak menghasilkan buahnya, tapi ternyata dia menghasilkan metabolit sekunder yang berguna juga.

Ada banyak interpretasi mengenai zona nyaman, tapi yang pasti...
 
Jika tidak menghasilkan buah, hasilkanlah metabolit sekunder.


Artikel Terkait



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

0 comments:

Post a Comment

Subscribe to: Post Comments (Atom)