Tuning

Beberapa waktu lalu saya mencari definisi tuning untuk dimasukkan ke dalama sebuah instruksi. Hanya saja saya tidak mendapatkan yang tepat. Hal itu berlalu dan saya belum sempat mencari lagi.

Tidak berhubungan dengan cerita di atas, saya membeli alat untuk menyetem gitar alias guitar tuner untuk dihadiahkan pada seorang gitaris yang berulang tahun beberapa hari lalu. Alasan membeli alat itu karena sang gitaris itu meminta saya menyetem gitar akustiknya beberapa minggu lalu.. hahahhaa..

Tidak berhubungan dengan cerita di atas juga, kemudian saya kebingungan untuk membelikan kado ulang tahun untuk seseorang yang sudah tidak saya temui sejak lama dan tidak akan saya temui lagi mungkin dalam waktu yang lamaaaaaa... Dan selama saya mengenal dia, saya tidak pernah memberikan hadiah dalam bentuk apapun.. hahaha.. Setelah menimbang-nimbang, akhirnya teringat bahwa dia seorang pemain bass, dan ah belikan saja guitar tuner (juga).
 
Karena merupakan hadiah pertama dan mungkin terakhir, jadi harus ada kata-kata yang berkesan, bukan sekedar birthday wishes tapi hmm, jadi pesan perpisahan gini.. hiks... 
dan akhirnya teringat akan sebuah kisah yang terjadi sudah lama.. Sebuah percakapan antara saya dan gitaris favorit saya. Jadi, ceritanya saya sedang belajar meniru caranya bermain gitar. Yang saya lakukan adalah mengambil gitar sambil memutar videonya, mencari nada yang sama dengan yang dimainkan, kemudian meniru penempatan jarinya. Hanya saja, saat dia membunyikan senar yang tidak ditekan, kok nadanya beda ya.. Hooo, ternyata setelah menghitung fretnya, beda 1.
Itu maennya di E ya harusnya? soalnya nadanya sih di F.
Oiya? Wah berarti gua ga pake standard tuning.
Aha, jadi ingat apa yang saya lakukan kalau tuning, yaitu hanya mengecek kesesuaian 6 senar itu. Kalau lagi rajin, ya buka lagu "Still" yang maennya di kunci C, terus menyesuaikan dengan lagu itu sampai diperoleh petikan-petikan senar yang tidak berlainan dengan nada lagu itu.

dan inilah kemudian yang saya tuliskan,

....
And I have philosophy of giving you this guitar tuner..
Sometimes we believed our guitar was in the right tune.. The harmony of one string to another was perfect. Then we tried to play along with a song, in same key of course, but hey.. It didn't match. We realized that our guitar was not in standard tune then we tuned in using standard tune (A is 440 Hz).

and it goes the same with our lives,
Sometimes we believed we were on the right track, we lived in harmony with each other. But then there's "Hey, it doesn't match" thing. When it comes to you, you know you have to check your tune, and if it is necessary, tune back to the standard tune :)

....
Tentunya hadiahnya pun dilengkapi dengan standard tune-nya :D

Jadi, akhirnya saya sendiri belajar kalau memang kita harus selalu menjaga tune kita dan jika sudah tidak sesuai, segera lakukan tuning ke standard tune.


Artikel Terkait



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

0 comments:

Post a Comment

Subscribe to: Post Comments (Atom)