Blessed to bless

Seberapa besarkah hal yang harus kita lakukan untuk membuat orang lain merasa dibantu? Ternyata tidak perlu melakukan hal yang besar. Baru-baru ini saya mengalaminya. Saya memberikan dukungan kecil pada dua orang rekan saya yang sedang menghadapi kelulusan akademik. Bagi saya, yang saya lakukan itu adalah hal yang kecil, biasa saja. Tetapi untuk dua rekan saya itu, bantuan yang mereka dapatkan adalah bantuan yang sangat besar.
 
#1 Cara menyusun data
Rekan yang pertama kebingungan dengan banyaknya data yang harus ia susun dengan ketentuan tertentu. Bahkan karena kebingungannya, dia membuat sayembara hahahaha... Kebetulan, dia mengolah datanya di spreadsheet. Kebetulan juga, saya memang penggila spreadsheet. Jadi, penasaran tingkat tinggi masa sih ga ada cara menyusun data itu. Akhirnya saya menemukan cara menyusun datanya :D. Ya sudah, sejak saat itu dia merasa terbantu. Saya lupa.. Akhirnya dia lulus dan dia mengucapkan terima kasih atas bantuan saya.. Padahal biasa aja loh.. hanya karena ikut penasaran dan karena penasaran saya terpuaskan ya saya juga ga merasa terbeban dengan hal itu.. hehehe..
 
#2 Mengirimkan alamat website
Rekan yang kedua sedang menghadapi ujian terbesar dalam kehidupan akademik di Farmasi. *you know what*. Seperti biasa, saya tanya, "Dapat soal apa?". Jawabannya adalah soal yang saya tahu itu soal ga gampang, rese.. Dulu pernah baca-baca tentang soal itu dan tampak rempong. Serempong apa? Serempong harus bikin larutan sejati dari zat aktif yang kelarutannya rendah dalam air tapi dosisnya tinggi bener (bahkan disebut larutan superjenuh)
Berhubung zaman sekarang adalah zaman googling, ya sudah saya googling saja soalnya.. dan terima kasih pada kemajuan sistem informasi. Di halaman 1 google, hasil pencarian nomor 1, adalah sebuah website .gov yang memberikan informasi yang sangat jelas. Apa yang saya sebutkan rempong di atas, di sana ada solusinya. Ya betul, si larutan superjenuh mungkin untuk dibuat.
I'm feeling lucky
Ya sudah saya kirimkan saja alamatnya. Ternyata, informasi yang saya berikan itu sangat-sangat-sangat membantunya. Saat dia memberi tahu kalau dia lulus dan salah satunya adalah karena informasi yang saya berikan.. Rasanya, ah cuma gitu doang kok. Ga usah dibesar-besarin.. Tapi da, dia ngerasanya kebantu banget.
 
Jadi, ga perlu melakukan yang besar-besar.. mulai saja dari hal yang kecil. Menurut kita mungkin kecil, tapi menurut orang lain bisa saja itu besar sekali.
 
Terima kasih pada Tuhan yang masih memberikan saya kesempatan untuk menjadi saluran berkat.
 
Blessed to bless


Artikel Terkait



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

0 comments:

Post a Comment

Subscribe to: Post Comments (Atom)